7 Rahasia Ampuh Mengatasi Rambut Kusut yang Menggumpal dan Susah Disisir

Pernahkah nggak si kamu mengalami kesulitan menyisir rambut karena adanya gumpalan besar yang menghalanginya? Gumpalan rambut ini umumnya terbentuk akibat kusutnya rambut yang saling menempel.

oleh Zahra Utami pada 18 Jul 2024, 20:25 WIB
Diperbarui 18 Jul 2024, 20:56 WIB
17 Tips Mengatasi Rambut Kusut yang Mengganggu, Praktis Banget!
Jarang Menyisir Rambut (c) Shutterstock

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah kamu mengalami kesulitan menyisir rambut karena adanya gumpalan besar yang menghalanginya? Gumpalan rambut ini umumnya terbentuk akibat kusutnya rambut yang saling menempel. Kondisi rambut kusut tentu sangat mengganggu penampilan dan merusak keindahan rambut yang kamu miliki. Mengetahui cara mengatasi rambut kusut akan membantu kamu mendapatkan rambut yang mudah ditata dan diatur.

Penyebab utama rambut kusut ini adalah hilangnya kelembaban alami rambut akibat rusaknya lapisan kutikula sebagai pelindung batang rambut. Kerusakan kutikula tersebut dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti penggunaan produk perawatan rambut yang kurang tepat, terlalu sering menggunakan alat pengering atau penata rambut yang mengandalkan panas, serta faktor-faktor lainnya.

Jika kondisi rambut kamu sudah sampai pada tahap kusut menggumpal, diperlukan tindakan khusus untuk mengatasinya. Berikut 7 cara ampuh mengatasi rambut kusut dan membuat rambut menjadi lebih lembut dan mudah disisir.

1. Pilih Shampo Melembabkan 

Rambut kusut menggumpal seringkali disebabkan oleh kondisi rambut yang sangat kering. Maka dari itu, menjaga kelembaban alami rambut menjadi kunci utama untuk mengatasi rambut kusut. Salah satu langkah tepat yang bisa kamu lakukan adalah menggunakan produk shampoo yang mengandung vitamin E, mineral, serta serum pelembab. Formula tersebut dapat membantu melembapkan rambut secara optimal.

Nutrisi penting seperti vitamin E dan mineral akan meresap hingga ke akar rambut, memulihkan kerusakan, sekaligus menjaga kelembapan alami rambut. Sementara serum pelembab akan membantu melindungi lapisan luar rambut agar tetap lembut dan tidak mudah kusut. Dengan merawat rambut secara teratur menggunakan produk berkualitas, masalah rambut kusut menggumpal pun dapat diatasi dengan efektif.

2. Pakai Conditioner

Setelah menggunakan shampoo yang tepat, penggunaan conditioner juga tidak kalah penting untuk menjaga rambut agar tetap lembut dan bebas dari masalah kusut yang menggumpal. Produk pelembab ini bekerja dengan cara mempertahankan kelembapan alami rambut secara mendalam, sementara shampoo hanya berfungsi untuk membersihkan minyak alami di kulit kepala.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Pakai Conditioner
Cara Merawat Rambut yang di Bleaching/copyright istock/triocean

Pilihlah conditioner yang sesuai dengan kebutuhan rambut kamu. Khusus untuk rambut kering dan kusut, conditioner yang mengandung Argan Oil sangat direkomendasikan karena kemampuannya melembapkan rambut hingga ke akar. Selain itu, manfaatkan juga formula yang mengandung vitamin E untuk membantu menjaga kelembutannya. Dengan merawat rambut secara rutin menggunakan conditioner berkualitas, masalah rambut kusut menggumpal pun dapat diatasi dengan maksimal.


3. Menggunakan Masker Rambut

Penggunaan Masker Rambut untuk Mengatasi Rambut Rontok, Seberapa Efektif Hasilnya?
Masker rambut. (c) Shutterstock/New Africa

Menggunakan masker rambut bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi rambut yang kusut menggumpal. Penggunaan masker rambut secara teratur mampu mempercepat proses penyembuhan dan pemulihan kondisi rambut yang rusak. Bagi kamu yang ingin menggunakan bahan alami, masker rambut dari cuka sari apel dan alpukat bisa menjadi pilihan tepat.

Cuka sari apel kaya akan nutrisi yang bermanfaat untuk memperbaiki kerusakan kutikula rambut, sementara alpukat kaya akan lemak sehat yang akan melembapkan rambut dari akar hingga ujung. Kombinasi kedua bahan alami ini akan memberikan asupan gizi yang dibutuhkan rambut untuk pulih dari kondisi kusut menggumpal.

4. Membilas Rambut Air Dingin 

Salah satu cara sederhana namun efektif untuk mengatasi rambut kusut menggumpal adalah dengan membilas rambut menggunakan air dingin setelah keramas. Cara ini berguna untuk menutup kembali kutikula rambut yang terbuka, sehingga rambut tetap terawat dan tidak mudah kusut.

Selain itu, keramas 2-3 kali dalam seminggu merupakan interval yang ideal agar rambut tetap bersih tanpa menguras kelembapannya. Dengan memperhatikan waktu yang tepat untuk keramas dan membilas rambut menggunakan air dingin setelahnya, masalah rambut kusut menggumpal dapat diatasi secara efektif. 


5. Gunakan Handuk Microfiber

Handuk digantung
Handuk. Credit: Pexels/Arolina Grabowska

Banyak orang mungkin belum menyadari bahwa penggunaan handuk yang kurang tepat dapat menyebabkan rambut menjadi kusut. Handuk dengan tekstur kasar dapat membuka kutikula rambut, membuat rambut terasa kaku, kasar, dan mudah kusut. Oleh karena itu, penting untuk memilih handuk dengan bahan microfiber yang mampu menyerap air dengan cepat dan memiliki permukaan lebih halus dibandingkan handuk katun.

6. Pakai Produk Anti-Frizz

Poduk anti-frizz merupakan produk perawatan rambut yang dirancang khusus untuk mengatasi masalah rambut kusut atau mengembang yang sering disebut frizz. Produk ini mengandung silikon atau minyak yang membantu melapisi rambut dan menghaluskan kutikula. Hasilnya, rambut kamu menjadi lebih lembap, terhindar dari kekeringan, dan tidak mudah kusut. Selain itu, kamu juga bisa pakai produk anti frizz sebelum menggunakan hair styling tools. Hal ini membantu melindungi rambut dari panas dan kerusakan, sehingga rambut tetap halus dan berkilau.

7. Menyisir dengan Sisir Bergigi Lebar

Menyisir rambut dengan sisir bergigi lebar juga merupakan salah satu cara mengatasi rambut kusut yang menggumpal. Sisir jenis ini memiliki ruang yang lebih besar, sehingga rambut dapat melewati setiap gerigi sisir dengan mudah dan terhindar dari kerusakan. Tidak hanya itu saja, penting untuk mencuci sisir yang digunakan setidaknya satu kali setiap beberapa minggu. Hal ini untuk membersihkan kotoran dan sisa produk rambut yang dapat menempel pada sisir dan masuk ke rambut, sehingga menyebabkan kusut.

Itulah tujuh cara ampuh mengatasi rambut kusut. Perhatian dan perawatan yang tepat sangat penting untuk mendapatkan rambut yang sehat dan mudah diatur. Ingatlah untuk selalu menggunakan produk perawatan yang sesuai dengan jenis rambut kamu dan hindari penggunaan alat styling panas secara berlebihan. Pastikan menyisir rambut dengan hati-hati dan memilih aksesori yang tidak merusak rambut untuk mencegah kekusutan rambut.

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya