Viral Pemandangan bak Negeri Dongeng di Pantai Pulau Bacan, Warganet: Turis Jangan Sampai Bikin Kacau

Air di pantau Pulau Bacan terlihat sangat jernih bahkan kita bisa melihat permukaan dasar pantai tersebut. Tugas semua untuk memastikan kebersihannya terjaga dan lestari setelah jadi viral.

oleh Henry diperbarui 29 Mei 2024, 07:30 WIB
Diterbitkan 29 Mei 2024, 07:30 WIB
Viral Bocah Perempian Mendayung di Pantai, Airnya Super Jernih dan Disebut Seperti di Negeri Dongeng
Viral Bocah Perempian Mendayung di Pantai, Airnya Super Jernih dan Disebut Seperti di Negeri Dongeng.  foto: TikTok @selenophile3260

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia punya banyak sekali pulau-pulau tersembunyi atau sering disebut hidden gem yang berpotensi menjadi tempat wisata favorit karena keindahan alamnya. Salah satunya yang sedang viral adalah Pulau Bacan di Maluku Utara.

Tak hanya wisatawan, penduduk lokal pun dengan bebas bisa mengeksplorasi kawasan wisata tersebut. Berdasarkan unggahan di akun Instagram @ceritaselamanya yang melansir dari akun TikTok @selenophile3260, terlihat dua bocah perempuan tengah mengayuh perahu kecilnya di tengah pantai dengan pemandangan yang sangat indah.

"Negri dongeng," tulis keterangan unggahan pada 24 Mei 2024. Airnya sangat jernih bahkan kita bisa melihat permukaan dasar pantai tersebut. Begitu pula dengan pulau-pulau kecilnya sungguh memanjakan mata siapapun yang memandang.

Rona wajah bahagia keduanya sangat menggambarkan betapa beruntungnya mereka tinggal di wilayah dengan keindahaan alam yang masih terjaga. Pada video tersebut, banyak sekali perahu-perahu terletak di pinggir laut yang akan digunakan nelayan.

Dua anak perempuan tersebut sangat gembira menyusuri laut yang sangat panjang itu. Sepertinya keduanya sudah terbiasa mengayuh perahu kecilnya.

Suasana di Pulau Bacan di Kabupaten Halmahera Selatan itu pun terlihat sangat tenang dengan minimnya aktivitas warga pada sekitar laut dan pulau tersebut sangat cocok untuk para wisatawan yang membutuhkan rehat dengan pemandangan yang elok. 

Di Tiktok, video tentang Pulau Bacan yang viral itu sudah dilihat lebih dari 7,2 juta kali dan disukai lebih dari 1,1 juta kali dan mendapatkan lebih dari 9.800 komentar.  Menurut pemilik akun, kadar garam di pantai Pulau Bacan termasuk tinggi sehingga orang yang berenang kemungkinan tidak akan tenggelam.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Keindahan Alam Pulau Bacan

Viral Bocah Perempian Mendayung di Pantai, Airnya Super Jernih dan Disebut Seperti di Negeri Dongeng.  foto: TikTok @selenophile3260
Viral Bocah Perempian Mendayung di Pantai, Airnya Super Jernih dan Disebut Seperti di Negeri Dongeng.  foto: TikTok @selenophile3260

"MasyaAllah airnnya jernih bangett," komentar seorang warganet.

"Sangat jernih jangan sampai turis lokal datang bikin kacau pulau tersebut 🙂,” sebut warganet lain.

"Berasa di negeri dongeng, indah bet,” sahut yang lain.

"Ternyata ini yg diceritain ayahku dulu waktu jadi satgas pengamanan d halmahera , indah banget alamnya masyaallah 😍,” ujar warganet lainnya.

"Main aja dek gpp pulang sampe sore juga 😢 habiskan masa kecil mu dgn bahagia jangan seperti kmi yg hrus bergulat dgn waktu setiap hari,” kata warganet lain mengomentari dua anak perempuan yang asyik mendayung di pantai Pulau Bacan.

Tak hanya Pulau Bacan, Kepulauan Widi di Halmahera Selatan, Maluku Utara, sempat jadi sorotan pada 2022. Kepulauan yang terkenal akan keindahannya tersebut pernah dikabarkan akan dilelang oleh rumah pelelangan Sotheby di New York, Amerika Serikat (AS), pada 8--14 Desember 2022.

Bagi yang berminat, mereka diminta memberikan deposit sebesar 100 ribu dolar AS atau sekitar Rp1,5 miliar untuk membuktikan keseriusan mereka. Masuknya Pulau Widi ke daftar pelelangan menuai sorotan.

Meski begitu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, memastikan bahwa pulau tersebut tidak dijual. "Jadi hasil pertemuan langsung saya dengan Bupati Halmahera Selatan, bisa dipastikan bahwa pulau itu tak dijual," kata Sandiaga Uno dalam The Weekly Brief with Sandi Uno yang digelar secara hybrid, Senin, 5 Desember 2022.


Polemik Pulau Widi

Mengenal Kepulauan Widi di Halmahera Selatan, Cagar Alam yang Bakal Dilelang dan Dijadikan Resor
Kepulauan Widi dilelang di Sotheby's. (dok. casothebys.com)

"Bisa dipastikan bahwa pulau itu tidak dilelang untuk dimiliki, karena memang tidak bisa dijual, karena pulau itu adalah milik Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan," tambahnya.

Sandiaga mengatakan bahwa pulau tersebut tidak dijual, melainkan akan dikembangkan menjadi sebuah pulau tujuan wisata. Dia juga tengah mendalami kerja sama yang dilakukan untuk memastikan bahwa pelelangan itu tidak melanggar aturan.

"Yang terjadi adalah ada perjanjian dengan pihak ketiga, pihak swasta, di mana domisili dari pengusaha tersebut itu ada di Bali, dan sekarang sedang mengupayakan akselerasi dari pengembangan pariwisata di gugusan Pulau Widi," terangnya.

"Bentuk kerja samanya sedang kita dalami dan kita pastikan bentuk kerja samanya tidak melanggar aturan," tambah pria yang akrab disapa Sandi itu. Dia juga memastikan bahwa pengembangan Pulau Widi sesuai dengan aturan, terutama untuk kemaslahatan orang banyak.

Sandi mengajak masyarakat untuk tetap tenang dan tidak berlebihan dalam menanggapi suatu isu jika tidak mengetahui bentuk kerja samanya seperti apa. Salah satu contoh kerja sama pengembangan sebuah pulau yang sebelumnya sudah pernah dilakukan adalah pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Morotai.

"Kalau kerja sama sudah biasa dilakukan. Misalnya kawasan ekonomi khusus di Morotai, karena ujungnya adalah untuk kesejahteraan masyarakat Indonesia," ucap Sandi. Ia pun mengakui keindahan Kepulauan Widi yang diklaim bisa menjadi Maldives-nya Indonesia.


Pantai yang Tenang di Kepulauan Widi

Widi International Fishing Tournament (WIFT)
Dermaga Biru Kepulauan Widi. (Liputan6.com/ Hairil Hiar)

Kepulauan Widi merupakan gugusan kepulauan yang sangat indah. Pemerintah setempat sudah sempat mengadakan beberapa festival untuk mempromosikan keindahan gugusan pulau tersebut.

Kepulauan Widi dikenal memiliki keindahan dan keunikan tersendiri. Hamparan pasir yang putih dan luas, air laut jernih kebiruan, serta terumbu karang yang terhampar dengan berbagai jenis keindahan biota lautnya. Tak heran jika eksotika kepulauan ini selalu disamakan dengan keindahan Kepulauan Mandeh dan Raja Ampat.

Selain menjadi destinasi wisata berkelas dunia, Kepulauan Widi juga menjadi sumber utama mata pencaharian warga lokal. Perairan laut yang masih jernih dan kaya akan ikan membuat banyak orang menggantungkan hidup sebagai nelayan.

Banyak aktivitas wisata yang bisa dilakukan di pulau tak berpenduduk ini, mulai dari memancing, snorkeling, maupun diving. Bagi Anda yang suka akan suasana pantai yang hening dan pemandangan laut yang indah, Kepulauan Widi menjadi destinasi wisata yang tepat untuk Anda kunjungi, apalagi kepulauan ini dilengkapi dengan danau air tawar yang menjadi tujuan wisata bagi mereka yang gemar berpetualang.

 

Infografis Destinasi Wisata Bahari yang Populer di Indonesia
Infografis Destinasi Wisata Bahari yang Populer di Indonesia.  (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya