Cara Nadine Chandrawinata Biasakan Anak Jalani Gaya Hidup Ramah Lingkungan Sejak Dini

Nadine Chandrawinata sudah mulai membiasakan anak-anaknya untuk mengadopsi gaya hidup ramah lingkungan. Ia memulainya lewat dongeng dan pembiasaan praktek di rumah yang mudah ditiru bagi si kecil.

oleh Rusmia Nely diperbarui 03 Jun 2024, 12:01 WIB
Diterbitkan 03 Jun 2024, 12:01 WIB
Ini Cara Nadine Chandrawinata Biasakan Anak untuk Punya Green Lifestyle Sejak Dini
Nadine Chandrawinata saat ditemui di acara Plaza Indonesia Next Gen Festival, Senin, 27 Mei 2024. (dok. Liputan6.com/Rusmia Nely)

Liputan6.com, Jakarta - Aktris dan model Nadine Chandrawinata bisa dibilang jadi ikon selebriti yang menerapkan green lifestyle atau gaya hidup ramah lingkungan. Perempuan 40 tahun yang suka travelling dan menjelajah alam tersebut kini sudah dikaruniai dua orang anak perempuan yang lucu-lucu dari pernikahannya dengan Dimas Anggara, Nadi Djiwa Anggara yang berusia dua tahun dan Nadi Djala Anggara yang baru lahir pada 2023 lalu.

Meski masih sangat kecil, Nadine mengaku dirinya telah mulai membiasakan Djiwa untuk memulai hidup yang ramah lingkungan dan lestari. Hal tersebut dilakukannya untuk membentuk kebiasaan dan kesadaran sang anak dari kecil.

"Kalau untuk anak kan masih dua tahun, aku gak bisa ngepush langsung tahu semuanya. Jadi, yang pertama aku harus kasih tahu ke mereka adalah memperkenalkan lingkungan itu ada apa saja sih dengan mendongeng. Jadi, sebelum tidur aku cerita ke mereka soal lingkungan, ada tumbuhan, ada tanah, ada manusia, ada sang pencipta yang harus mereka hargai," tutur Nadine saat ditemui dalam acara Plaza Indonesia Next Gen Festival 2024 di Jakarta Selatan, Senin, 27 Mei 2024.

Istri Dimas Anggara ini mengatakan bahwa mendongeng adalah salah satu kenangan dalam masa kecilnya yang terus membekas hingga kini. Ia percaya dengan mendongeng kepada anak bisa membantu mereka paham soal lingkungan, meski lewat cerita-cerita ringan.

Selain mendongeng, Nadine juga membiasakan anak-anaknya untuk menjaga kebersihan mulai dari rumah. Ia memperlihatkan kepada kedua putrinya bahwa ada serangkaian cara yang biasa dilakukan untuk menjaga lingkungan tetap bersih.

"Pada saat gosok gigi, aku mencoba mengajarkan tidak membiasakan air mengalir waktu menggosok gigi. Dan pada saat lagi gosok gigi, aku kasih masukkan kenapa air harus dimatikan," ujarnya.

Nadine tidak ragu untuk memberitahu putrinya bahwa penggunaan air bersih yang hemat adalah salah satu cara untuk menjaga lingkungan, lewat bahasa anak-anak tentunya. Ia mengajarkan bahwa air bersih jadi hal yang sering disepelekan karena saat ini air memang masih gratis dan mudah didapatkan, namun tiada yang tahu apakah ke depannya hal itu akan bertahan, katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Anak Akan Meniru Orangtuanya

Ini Cara Nadine Chandrawinata Biasakan Anak untuk Punya Green Lifestyle Sejak Dini
Nadine Chandrawinata bicara soal membentuk gaya hidup yang lebih hijau untuk anak-anaknya lewat pembiasaan dan cerita dongeng. (dok. Liputan6.com/Rusmia Nely)

Nadine sendiri mengatakan bahwa anak kecil bisa lebih mudah diarahkan dan dibentuk kebiasaannya. Mereka pasti akan meniru apa yang orang uanya katakan dan kerjakan, maka menjadi contoh bagi anak adalah tanggung jawab sebagai seorang orang tua, sebut Nadine.

"Di bawah alam sadar jadi kebiasaan nanti sudah besar dan dia masuk sekolah akan ketemu lingkungan dan dapat masukan yang berbeda lagi jadi kita buat pondasi yang kuat pada dirinya," sebutnya.

Perempuan yang pernah ikut dalam ajang Miss Universe 2006 tersebut juga mengingatkan orang tua untuk tak perlu memaksa anak yang masih kecil, sebab mereka akan terus berproses ke depannya. 

"Kita sebagai ibu juga harus bisa sadar penuh kalau anak-anak harus bisa dibimbing, tapi jangan dipaksa karena gak ada yang senang dipaksa," imbuhnya.

Kini, Nadine mengatakan anaknya sudah mulai meniru bagaimana kebiasaan orangtuanya di rumah. Si kecil Djiwa sudah mulai bisa melihat bagaimana cara-cara Nadine menggondeng adiknya lalu mempraktekkannya pada boneka atau mainannya. Bagi Nadine hal ini yang bisa dimanfaatkan untuk membentuk habit menjaga lingkungan sejak dini.


Awal Kesadaran Nadine Soal Lingkungan

Nadine Chandrawinata
Bersama anak pertamanya, Nadi Djiwa Anggara, Nadine tampak sedang di pantai mengenakan baju renangnya. Nadine memerlihatkan baby bumpnya dengan baju renang pink.  (@nadinelist)

Selain itu, Nadine juga mengungkapkan bahwa kesadarannya terhadap kebersihan lingkungan, terutama pantai berasal dari sebuah momen ketika ia tengah menikmati liburan di kampung halamannya di Jember, Jawa Timur. Kakak perempuan dari Mischa dan Marcel Chandrawinata ini senang berfoto dengan latar belakang estetis lautan, namun pengalamannya tersebut sering terhalang karena banyaknya sampah yang berserakan di tepi pantai.

"Jadi aku waktu SMP, di Jember itu pantainya bagus-bagus. Tapi, tiap mau foto harus minggirin sampah-sampahnya dulu," kenangnya

Melihat hal tersebut, kadang ia suka mengumpulkan beberapa sampah plastik untuk dijadikan prakarya dan dipajang di kediaman neneknya di Jawa Timur. Seiring bertumbuh dewasa dan pengalamannya pergi ke berbagai tempat, ia merasa bahwa permasalahan sampah di lautan, terutama di pantai jadi semakin mengkhawatirkan.

Hal tersebut yang jadi titik awal Nadine memutuskan untuk mengadopsi gaya hidup yang ramah lingkungan dan menjadi seorang pencinta alam. Tak ingin sendirian, ia pun membangun komunitas Seasoldier yang fungsi utamanya adalah menyelamatkan alam dari kerusakan lewat beberapa cara seperti membersihkan pantai, menanam mangrove, hingga melakukan edukasi terhadap masyarakat soal bahayanya sampah di lautan.


Seasoldier dan Perempuan Sebagai Penggerak Komunitas Ramah Lingkungan

Mengenal Carbon Footprint, Jadi 'Dosa' Kita untuk Generasi Masa Depan
Co-Founder Carbonethics Innandya Kusumawardhani, Fatima Amira Co-Founder SUSTAINATION, dan Nadine Chandrawinata Founder dan Excecutive Director Seasoldier pada acara talkshow Green Lifestyle di Plaza Indonesia Next Gen Festival 2024, Senin (27/05/2024). (dok. Liputan6.com/Rusmia Nely)

Saat ini, Seasoldier sudah berdiri sembilan tahun dan punya komunitas di 15 kota seluruh Indonesia yang bergerak secara bersama-sama untuk mewujudkan lingkungan yang asri. Meski begitu, ia tak memungkiri bahwa pada masa awal banyak penolakan, melihat dirinya yang mencoba mengusik kebiasaan orang menimbun sampah sembarang.

"Waktu 9 tahun yang lalu untuk penggerak lingkungan apalagi perempuan, ya tantangannya luar biasa, penolakannya tinggi, apalagi kita mau merampok sampah itu awal-awal mereka tidak mau," kata Nadine.

Walau begitu, ia punya mindset bahwa memperjuangkan sesuatu yang ditolak oleh banyak orang adalah hal yang pantas, apalagi jika yang diperjuangkan merupakan hal-hal baik. Nadine mantap mengatakan, "Siapa yang kuat dan bisa berani, dia mendapatkan apa yang diinginkannya."

Kini, Nadine yang tengah disibukkan dengan kegiatannya sebagai ibu mengaku masih terus menyisihkan waktunya dengan komunitas walau lewat pertemuan online. Ia juga berencana mengenalkan kedua putrinya pada dunia pencinta alam yang digelutinya ketika keduanya sudah tumbuh lebih besar nanti.

 

Infografis Menerapkan Gaya Hidup Ramah Lingkungan
Infografis Menerapkan Gaya Hidup Ramah Lingkungan. (Liputan6.com/Triiyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya