10 Jenis Tanaman yang Bisa Bikin Halaman Rumah Jadi Sejuk dan Berwarna

Kamu bisa menambahkan berbagai jenis tanaman yang akan membuat halaman rumah menjadi lebih estetik serta sejuk.

oleh Elma Salsabila pada 25 Jun 2024, 12:31 WIB
Diperbarui 25 Jun 2024, 12:31 WIB
Ilustrasi menyiram tanaman, bunga
Ilustrasi menyiram tanaman, bunga. (Foto oleh cottonbro studio: https://www.pexels.com/id-id/foto/berkebun-pengairan-rumah-kaca-botani-10049332/)

Liputan6.com, Jakarta Apakah kamu sudah bosan dengan halaman rumah yang bentuknya monoton atau gitu-gitu aja? Kamu pun ingin membuat halaman rumah jauh lebih hidup dan segar? 

Untuk itu, selain menambahkan beberapa barang yang bisa membuat halaman rumah menjadi lebih hidup, kamu bisa menambahkan berbagai jenis tanaman yang akan membuat halaman rumah menjadi lebih estetik serta sejuk.

Tanaman yang bisa kamu pilih juga beragam macamnya, mulai dari yang gampang ditanam sampai yang unik bentuknya, pasti bakal bikin teman-teman kamu terpana dan iri setengah mati. Apalagi buat kamu yang hobi selfie dan suka nge-vlog, tanaman-tanaman ini bakal jadi latar belakang alias background kece yang bikin feed Instagram atau YouTube kalian lebih hits dan ditonton banyak orang.

Biar halaman rumah lebih berwarna, pastikan kamu punya cukup lahan buat menanamnya. So, daripada kelamaan, siap-siap aja buat catat jenis tanaman berikut ini ya!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

1. Hosta

Tanaman Hosta.
Bentuk tamana hosta. (Isabela and Skender Cocoli/Pixels)

Salah satu daya tarik utama Hosta adalah beragamnya warna dan pola pada daunnya. Ada varietas Hosta dengan daun hijau, hijau kekuningan, hijau kebiruan, ungu, atau variegata (berwarna-warni). Tanaman ini memiliki daun besar dan lebar dengan sentuhan hijau sehingga  yang lebat di halaman rumah.

Hosta juga cenderung mudah dirawat. Tanaman ini hanya membutuhkan tanah yang lembab dan subur serta sedikit pemupukan secara berkala. Agar lebih terawat, pastikan untuk melakukan perlindungan dari serangan serangga dan hama seperti ulat daun.

2. Coleus

Tanaman Coleus.
Bentuk tanaman coleus. (Foto: Planet Natural)

Tanaman ini terkenal dengan daun berwarna-warni yang cerah dan tahan teduh, memberikan warna yang menarik di daerah yang tidak terlalu terpapar sinar matahari langsung.

3. Bougainvillea

Bougainvillea.
Tanaman Bougainvillea. (Foto: Facts.Net)

Tanaman merambat ini memiliki bunga yang beraneka warna, seperti merah, pink, ungu, dan putih, menciptakan pemandangan yang indah dan berwarna di halaman rumah.

4. Lavender

Lavender
Ilustrasi Lavender Credit: pexels.com/Baara

Selain aromanya yang menyegarkan, bunga lavender memberikan sentuhan warna ungu yang indah di halaman rumah serta menarik serangga yang bermanfaat.

5. Salvia

Salvia.
Tanaman Salvia. (Foto: Housing)

Tanaman dengan bunga yang indah dan beragam warna, seperti biru, merah, ungu, dan putih, memberikan aksen warna yang cerah di halaman rumah.

6. Hibiscus

Hibiscus.
Tanaman Hibiscus. (Foto: Planet Natural)

Tanaman ini dikenal dengan bunga yang besar dan berwarna-warni, seperti merah, oranye, kuning, atau pink, menciptakan suasana tropis yang menyegarkan di halaman rumah.

7. Penstemon

Penstemon.
Tanaman Penstemon. (Foto: The Spruce)

Tanaman berbunga yang menarik perhatian dengan bunga berbentuk lonceng berwarna merah, ungu, pink, atau putih, memberikan sentuhan warna yang menarik di halaman rumah.

8. Aster

Aster.
Tanaman Aster. (Foto: Sow Right Seeds)

Tanaman ini memiliki bunga berbentuk bintang dengan warna yang beragam, seperti biru, ungu, merah muda, atau putih, memberikan aksen warna yang menarik di halaman rumah.

9. Caladium

Ilustrasi caladium
Ilustrasi caladium (Dok.Unsplash/Jungle Space)

Tanaman dengan daun berwarna-warni yang cerah, seperti merah, hijau muda, atau putih, memberikan sentuhan warna yang menarik di halaman rumah, terutama di area teduh.

10. Fuchsia

Fuchsia.
Tanaman Fuchsia. (Foto: Gardener's)

Tanaman ini memiliki bunga berbentuk terompet dengan warna yang cerah, seperti merah, ungu, atau pink, menambahkan aksen warna yang menarik di halaman rumah, terutama di daerah teduh.

Nah, itu dia beberapa jenis tanaman kekinian yang bisa kamu tambahkan di halaman rumah. Dengan sedikit sentuhan hijau-hijau, rumahmu bakal lebih estetik dan bisa bikin mood naik level!

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya