MDA Luncurkan Akademi Online Surabaya Menuju Kota Digital Mempercepat Digitalisasi UMKM

Inisiatif ini dirancang khusus untuk mempercepat transformasi digital di kalangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Surabaya.

oleh Tim Lifestyle diperbarui 24 Agu 2024, 20:27 WIB
Diterbitkan 11 Agu 2024, 05:31 WIB
MDA Luncurkan Akademi Online Surabaya Menuju Kota Digital Mempercepat Digitalisasi UMKM
MDA Luncurkan Akademi Online Surabaya Menuju Kota Digital Mempercepat Digitalisasi UMKM.  foto: istimewa

Liputan6.com, Jakarta - Master Digital Academy (MDA) resmi meluncurkan program terbarunya yang berjudul "Surabaya Menuju Kota Digital,”. Inisiatif ini dirancang khusus untuk mempercepat transformasi digital di kalangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Surabaya. Peluncuran program ini diharapkan dapat menjadi tonggak penting dalam mendorong kemajuan teknologi di sektor bisnis lokal.

Acara peluncuran, yang berlangsung pada 17 Agustus 2024, bertepatan dengan perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia, dihadiri oleh Wakil Walikota Surabaya, Armuji, serta Direktur Pengembangan SDM Ekonomi Kreatif Kemenparekraf, Dr. Fahmy Akmal. Lebih dari 100 pelaku UMKM juga turut hadir, menunjukkan komitmen mereka terhadap upaya digitalisasi ini.

"Surabaya Menuju Kota Digital" bertujuan untuk memodernisasi cara UMKM menjalankan bisnis mereka. Banyak UMKM masih mengandalkan metode konvensional, dan program ini akan membantu mereka beralih ke pendekatan yang lebih berbasis teknologi,” terang Chandra Putra Negara, Advisor Master Digital Academy.

"Digitalisasi adalah langkah strategis untuk meningkatkan daya saing UMKM di pasar global. Melalui program ini, kami ingin memberikan pelatihan dan sumber daya yang diperlukan agar UMKM di Surabaya dapat mengoptimalkan teknologi untuk pertumbuhan dan keberlanjutan bisnis mereka," tambahnya.

Program ini mencakup pelatihan tentang berbagai aspek digitalisasi, termasuk strategi pemasaran digital, penggunaan e-commerce, dan pentingnya integrasi teknologi dalam operasi bisnis sehari-hari. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Dukungan Sandiaga Uno

MDA Luncurkan Akademi Online Surabaya Menuju Kota Digital Mempercepat Digitalisasi UMKM.
MDA Luncurkan Akademi Online Surabaya Menuju Kota Digital Mempercepat Digitalisasi UMKM. foto: istimewa

Para peserta akan mendapatkan akses ke berbagai modul edukasi yang dirancang untuk meningkatkan keterampilan mereka dalam menghadapi tantangan digital.

"Melalui akademi online ini, kami ingin memastikan bahwa UMKM di Surabaya tidak hanya siap menghadapi perubahan teknologi tetapi juga dapat memanfaatkannya untuk membuka peluang baru dan meningkatkan efisiensi operasional mereka.," lanjut Chandra.

Program ini juga disambut baik oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Uno. Dalam sambutannya melalui daring, Sandiaga menjelaskan bahwa digitalisasi UMKM adalah langkah penting dalam mengatasi kemiskinan dan membuka peluang ekonomi.

"Digitalisasi memungkinkan UMKM untuk memperluas jangkauan pasar mereka, meningkatkan efisiensi operasional, dan menciptakan lapangan pekerjaan baru. Ini akan membawa dampak positif yang berkelanjutan dan mendukung kesejahteraan yang lebih merata di seluruh Indonesia," tutur Sandiaga. Ia berharap Akademi Online ini akan mempercepat pencapaian visi Indonesia 2045.

 

Infografis: Persaingan Ketat, Ekosistem Bank Digital Harus Kuat (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis: Persaingan Ketat, Ekosistem Bank Digital Harus Kuat (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya