Puteri Indonesia Pariwisata Ketut Permata Juliastrid Siap Tampil di Miss Cosmo 2024, Boyong Kostum Nasional Bertema Dewi Saraswati

Selain Kostum Nasional, penampilan Puteri Indonesia Pariwisata Ketut Permata Juliastrid di Miss Cosmo 2024 akan didukung busana dari sejumlah desainer Indonesia lainnya.

oleh Henry diperbarui 05 Sep 2024, 15:08 WIB
Diterbitkan 05 Sep 2024, 15:08 WIB
Puteri Indonesia Pariwisata Ketut Permata Juliastrid Siap Tampil di Miss Cosmo 2024, Bakal Bermain Biola dan Menari
Puteri Indonesia Pariwisata Ketut Permata Juliastrid Siap Tampil di Miss Cosmo 2024, Bakal Bermain Biola dan Menari.  foto: Instagram @inggikendran.official

Liputan6.com, Jakarta - Yayasan Puteri Indonesia (YPI) dan Mustika Ratu untuk pertama kalinya mengirimkan perwakilan Puteri Indonesia Pariwisata 2024 Ketut Permata Juliastrid mengikuti ajang Miss Cosmo 2024. Edisi perdana, yang digelar pada 5 Oktober 2024 di Kota Hồ Chí Minh, Vietnam, akan diikuti lebih dari 80 negara.

Miss Cosmo memperkenalkan slogan "Impactful Beauty" yang mengartikan kecantikan bukan hanya tentang penampilan fisik, tapi berdampak positif pada masyarakat dan lingkungan sekitar. Pengaruh ini direfleksikan melalui tindakan maupun ide.

Permata akan memulai masa karantina pada 12 September 2024 dengan rangkaian aktivitas yang diadakan di tujuh kota tujuan wisata: Hanoi, ⁠Ninh Binh, ⁠Bao Loc, ⁠Da Lat, ⁠Quy Nhon, ⁠Long An, dan ⁠Ho Chi Min. Grand Final akan diselenggarakan di Phu Tho Stadium, Ho Chi Min, Vietnam.

Permata akan mengenakan kostum nasional karya desainer Inggi Kendran bertajuk "The Endless Stream of Saraswati Goddess." Penampilannya juga akan didukung sejumlah desainer Indonesia, seperti ADITH dan 2 Designer, yang akan mendukung di sesi Pre Eliminary.

Sementara itu, Wiki Wu, dibantu stylist Revashion, dan Maison Met, dibantu stylist The Clique, akan bertanggung jawab pada penampilan Permata saat Grand Final. Busana sehari-hari Permata selama rangkaian acara akan ditata Revashion.

Ia juga mendapat sejumlah sesi latihan, seperti catwalk dan stage performance oleh Kelana Limster, public speaking oleh Talk Up Indonesia, dan creative director oleh Bubah Alfian. Menurut Ketua Dewan Penasihat YPI, Putri Kus Wisnu Wardani, keikutsertaan Permata di Miss Cosmo 2024 adalah bukti nyata bahwa generasi muda Indonesia punya potensi luar biasa untuk berprestasi di panggung internasional.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Permata Bakal Menari dan Bermain Biola

Puteri Indonesia Pariwisata Ketut Permata Juliastrid Siap Tampil di Miss Cosmo 2024, Bakal Bermain Biola dan Menari
Puteri Indonesia Pariwisata Ketut Permata Juliastrid Siap Tampil di Miss Cosmo 2024, Bakal Bermain Biola dan Menari.  foto: Insta Story @officialputeriindonesia

"Kami sangat bangga dengan dedikasi dan kerja keras Permata yang akan membawa nama Indonesia dan memperkenalkan kekayaan budaya kita pada dunia. Harapannya, semua masyarakat Indonesia dapat mendukung dan mendoakan Permata untuk meraih hasil terbaik di ajang ini,” kata Putri Kus dalam keterangan tertulis yang diterima Lifestyle Liputan6.com, Kamis (5/9/2024).

Ia menyambung, "Permata akan unjuk bakat berupa menyanyi, bermain biola, dan menari. Penampilan ini jadi bagian dari persiapannya untuk mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional." Tidak ketinggalan, Permata mengungkap rasa terima kasih dan syukurnya atas kesempatan yang diberikan untuk mewakili Indonesia di ajang Miss Cosmo 2024.

"Ini adalah sebuah tanggung jawab besar. Saya mohon doa dan dukungan dari seluruh masyarakat Indonesia agar saya dapat mengharumkan nama bangsa di ajang internasional," ujarnya.

Sementara itu, kostum nasional yang bakal dikenakan Permata terinspirasi sosok Dewi Saraswati sebagai "Jñāna Pravāha," yang diibaratkan sebagai sungai yang mengalir dengan lembut. Sungai itu tak henti-hentinya membawa kebijaksanaan dari generasi ke generasi, melintasi waktu dan ruang, serta perwujudan aliran pengetahuan yang abadi dan tak terputus.


Melambangkan Pengetahuan yang Berkelanjutan

Puteri Indonesia Pariwisata 2024
Puteri Indonesia Pariwisata 2024

Aliran ini tidak hanya menggambarkan kontinuitas, tapi kedalaman dan kemurnian pengetahuan yang disampaikan Dewi Saraswati. "Jñāna Pravāha Sarasvatī" juga melambangkan pengetahuan yang berkelanjutan dan relevan, yang beradaptasi dengan perubahan zaman, tapi tetap berakar kuat pada nilai-nilai universal dan abadi.

Dengan demikian, "Jñāna Pravāha Sarasvatī" jadi simbol dari pengetahuan tak lekang waktu yang terus mengalir dan memberi kehidupan. Sosoknya membawa cahaya kebijaksanaan dan kecemerlangan ke seluruh alam semesta.

Saat konferensi pers, Permata tampil memukau menggunakan riasan kosmetik beauty Queen Series by Mustika Ratu. Permata juga akan membawa suvenir berupa produk jenama kecantikan itu untuk seluruh finalis Miss Cosmo 2024.

Di kesempatan itu, Yayasan Puteri Indonesia dan Mustika Ratu mengucapkan terima kasih pada pihak-pihak yang telah mendukung Permata di ajang Miss Cosmo 2024. Ia diumumkan jadi Puteri Indonesia Pariwisata 2024 saat Grand Final Pemilihan Puteri Indonesia 2024 di Jakarta Convention Centre, 8 Maret 2024.


Prestasi Membanggakan

Puteri Indonesia Pariwisata 2024
Puteri Indonesia Pariwisata 2024

Ketut Permata Juliastrid Sari merupakan runner up 2 Puteri Indonesia 2024. Bisa meraih gelar Puteri Indonesia Pariwisata 2024 jelas prestasi membanggakan bagi perempuan yang karib disapa Tata ini. Lenny Hartono selaku license holder Puteri Indonesia Bali 2024 membeberkan bagaimana Tata berjuang meraih kesuksesannya.

"Tata ini sebelum dinobatkan sudah menjalani serangkaian kegiatan yang diawali dengan pelatihan pada 9 sampai 12 Februari 2024," kata Lenny di sela-sela acara, mengutip kanal Showbiz Liputan6.com, 10 Maret 2024.

Lenny menyebut, apa yang dilakukan Tata sejak pelatihan hingga pra karantina sangat memuaskan. Ia menilai Tata layak mendapat gelar Puteri Indonesia Pariwisata 2024. Titel itu dianggap mampu membantu mempromosikan pariwisata tidak hanya Bali, tapi juga Indonesia di kancah Internasional.

"Sesuai advokasi yang dimiliki, yaitu sustainable tourism, sehingga Tata akan memiliki tugas setahun ke depan untuk mempromosikan pariwisata Bali dan Indonesia," tutur Lenny.

 

Infografis 4 Tren Kecantikan 2024
Infografis 4 Tren Kecantikan 2024.  (Liputan.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya