Pangeran Harry Marah ke Raja Charles Saat Meghan Markle Tidak Diundang Menengok Mendiang Ratu Elizabeth II

Kematian Ratu Elizabeth II semula dianggap akan menyembuhkan keretakan Pangeran Harry dan Kerajaan Inggris.

oleh Asnida Riani diperbarui 21 Sep 2024, 04:00 WIB
Diterbitkan 21 Sep 2024, 04:00 WIB
Pangeran Harry, Meghan Markle, Raja Charles, dan Permaisuri Camila dalam pemakaman Ratu Elizabeth II. (AP Photo/Martin Meissner, Pool, File)
Pangeran Harry, Meghan Markle, Raja Charles, dan Permaisuri Camilla dalam pemakaman Ratu Elizabeth II. (AP Photo/Martin Meissner, Pool, File)

Liputan6.com, Jakarta - Sudah lebih dari dua tahun sejak Ratu Elizabeth II meninggal dunia di Balmoral, Skotlandia. Saat negara itu memasuki masa berkabung nasional dan dunia mengenang pemerintahan Ratu, sertifikat kematian resmi sang ratu dirilis, bersama penyebab kematiannya yang tercantum dalam dokumen sebagai "usia tua."

Banyak yang berharap kematian Ratu akan menyembuhkan keretakan antara Pangeran Harry dan anggota Kerajaan Inggris. Namun, momentum itu hanya memperbesar ketegangan dalam keluarga kerajaan. Harry sebelumnya membuka tentang diskusi panas yang ia lakukan dengan ayahnya Raja Charles III pada hari kematian neneknya.

Menulis dalam memoarnya yang menggemparkan, "Spare," Duke of Sussex berbagi detail tentang perjuangannya ke Skotlandia untuk berada di samping neneknya. Sayangnya, ia tidak berhasil sebelum napas terakhir Ratu, seperti dikutip Mirror, Jumat, 20 September 2024.

Harry dan istrinya Meghan Markle berada di Inggris saat Ratu meninggal, karena mereka sedang dalam tur singkat ke Eropa. Mereka sedang bersiap menghadiri WellChild Awards di London saat mereka mengetahui kesehatan Yang Mulia menurun.

Harry mungkin ingin Meghan berada di sisinya dalam kesedihannya, tapi dalam bukunya, ia mengklaim bahwa Raja Charles III menyuruhnya tidak membawa serta istrinya ke Balmoral. Marah dengan komentar itu, sebagai tanggapan, ia membalas ayahnya, "Jangan pernah berbicara tentang istriku seperti itu."

Surat keterangan kematian Ratu Elizabeth II menunjukkan waktu kematiannya, yakni pukul 15.10, yang berarti banyak bangsawan tidak hadir, termasuk Pangeran Harry yang berada dalam penerbangan dari Bandara Luton yang lepas landas pukul 17.35 sore.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Dapat Pesan dari Meghan Markle

Meghan Markle, Pangeran Harry, dan Ratu Elizabeth
Meghan Markle, Pangeran Harry, dan Ratu Elizabeth (Foto: John Stillwell / POOL / AFP)

Kematian Ratu Elizabeth II secara resmi diumumkan pukul 18.30, dengan pesawat Duke of Sussex mendarat di Aberdeen pukul 18.46. Harry mengaku mengetahui neneknya meninggal setelah mengecek internet saat di pesawat.

Ia menulis di bukunya bahwa di pesawat, ia memikirkan terakhir kali ia menghabiskan waktu dengan neneknya dan apa yang mereka bicarakan. Lalu, ia mendapat notifikasi di ponselnya.

"Saat pesawat mulai turun, saya melihat ponsel saya menyala," katanya. "Itu pesan dari Meg, 'Telepon saya saat kamu menerima (pesan) ini.' Saya melihat situs web BBC. Nenek saya telah meninggal. Ayah saya adalah Raja."

Ia melanjutkan dengan mengungkap bagaimana saat ia akhirnya sampai di Balmoral. Putri Anne mengantar Harry ke atas ke "kamar tidur Nenek" agar ia bisa memberi penghormatan. Ia juga menyesalkan kenyataan bahwa ia tidak pernah bertemu ibunya, Putri Diana, setelah meninggal dalam kecelakaan mobil pada 1997 saat ia baru berusia 12 tahun.


Nama Asli Pangeran Harry

Meghan Markle dan Pangeran Harry dalam prosesi persemayaman Ratu Elizabeth II di Westminster Hall, 14 September 2022. (Foto: Phil Noble/Pool Photo via AP)
Meghan Markle dan Pangeran Harry dalam prosesi persemayaman Ratu Elizabeth II di Westminster Hall, 14 September 2022. (Foto: Phil Noble/Pool Photo via AP)

Duke of Sussex baru saja merayakan ulang tahun ke-40 pada 15 September 2024. Meski sebagian besar kartu ucapan pasti ditujukan pada "Pangeran Harry," itu sebenarnya bukan nama aslinya.

Melansir Mirror, Kamis, 19 September 2024, ketika Harry kembali ke Inggris akhir bulan ini, ia akan membawa paspor dengan nama "Henry." Lahir pada 1984, adik Pangeran William ini dibaptis dengan nama Henry Charles Albert David.

Orangtua Harry, yang saat itu bergelar Pangeran Charles dan Putri Diana, mengatakan bahwa anak bungsu mereka akan dikenal dengan "pelesetan" nama depannya, Harry. Nama-nama kerajaan secara tradisional adalah nama yang sudah ada dalam keluarga selama beberapa generasi.

Henry adalah nama yang sangat populer pada masa Tudor, dengan salah satu contoh paling terkenal adalah Raja Henry VIII. Namun dalam kasus Harry, hanya Charles dan Diana yang sering kali memanggilnya "Henry." Nama itu jadi kode khusus bagi mantan pasangan itu ketika anak bungsu mereka "bermasalah."


Nama Panggilan dari Pangeran William

Pangeran Harry. (Ethan Cairns/The Canadian Press via AP)
Pangeran Harry. (Ethan Cairns/The Canadian Press via AP)

"Henry" juga digunakan pada acara-acara resmi, termasuk ketika mendiang Ratu merestui Duke menikahi istrinya, Meghan Markle. Nama tengah Harry juga memiliki arti penting, karena Charles merujuk pada ayahnya dan dua raja Inggris lainnya.

Kemudian, Albert adalah nama suami Ratu Victoria, sementara David adalah julukan yang diberikan keluarganya pada Raja Edward VIII. Albert tampaknya adalah pilihan pertama Charles untuk nama anak bungsunya.

Dalam memoarnya, "Spare," Pangeran Harry menulis bahwa neneknya, Ratu Elizabeth II, sangat mengagumi Ratu Victoria. Ayahnya disebut ingin memanggilnya Albert, yang juga merupakan nama pemberian mendiang ayah Ratu, Raja George VI, tapi Putri Diana menolaknya.

Charles dan Diana juga sebenarnya tidak setuju dengan pemberian nama untuk putra sulung mereka, Pangeran William. Charles disebut lebih menyukai nama Arthur. Namun, Diana dikabarkan menginginkan nama William yang lebih "kuat" untuk putranya.

Sama seperti Albert yang merupakan salah satu nama tengah Harry, Arthur merupakan salah satu nama tengah William. Seperti yang diungkapkan Harry dalam memoarnya, ia memiliki nama panggilan lain yang diberikan kakak laki-lakinya, yang memanggilnya Harold.

Infografis 8 Urutan Pewaris Takhta Kerajaan Inggris Setelah Raja Charles III. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis 8 Urutan Pewaris Takhta Kerajaan Inggris Setelah Raja Charles III. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya