Puteri Indonesia Pariwisata Tata Juliastrid Raih Gelar Miss Cosmo 2024, Kalahkan Wakil Thailand dan Amerika Serikat

Puteri Pariwisata Indonesia 2024 Permata Juliastrid Sari atau lebih dikenal dengan Tata Juliastrid berhasil terpilih menjadi Miss Cosmo 2024. Tata meraih gelar The Impactful Crown Miss Cosmo 2024 yang digelar di Vietnam, Sabtu, 5 Oktober 2024.

oleh Henry diperbarui 06 Okt 2024, 11:44 WIB
Diterbitkan 06 Okt 2024, 11:30 WIB
Puteri Indonesia Pariwisata Tata Juliastrid Raih Gelar Miss Cosmo 2024, Kalahkan Wakil Thailand dan Amerika Serikat
Puteri Indonesia Pariwisata Tata Juliastrid Raih Gelar Miss Cosmo 2024, Kalahkan Wakil Thailand dan Amerika Serikat.  foto: (dok.Instagram @officialputeriindonesia/https://www.instagram.com/p/DAwGrHESneE/Henry)

Liputan6.com, Jakarta - Puteri Indonesia Pariwisata 2024 Ni Ketut Permata Juliastrid Sari atau lebih dikenal dengan Tata Juliastrid berhasil terpilih menjadi Miss Cosmo 2024. Tata meraih gelar The Impactful Crown Miss Cosmo 2024 yang digelar di Kota Ho Chi Minh, Vietnam, Sabtu, 5 Oktober 2024.

Wanita asal Banjar Penopengan, Sanur, Bali ini sukses menyisihkan 57 kontestan lainnya, termasuk Miss Cosmo Thailand Mook Karnruethai Tassabut, yang menjadi runner-up pertama. Sedangkan runner up kedua sampai kelima diraih oleh Samantha Jo Elliott (Amerika Serikat), Gladys Romina Lozano Saldaña (Peru) dan Bùi Thị Xuân Hạnh (Vietnam).

Informasi itu diketahui dari unggahan di akun Instagram resmi Puteri Indonesia @officialputeriindonesia. Wanita yang akrab disapa Tata atau Permata ini terlihat menebar senyum bahagia setelah namanya disebut sebagai pemenang pertama Miss Cosmo 2024. Ia pun menyampaikan pidato pertamanya sebagai Miss Cosmo 2024.

"Sejuta terima kasih pun tak dapat mengungkapkan bagaimana perasaan saya. Saya tidak akan membuat kalian bosan dengan ucapan terima kasih panjang yang akan saya katakan kepada ketua tim saya malam ini," kata Permata dalam unggahan pada Minggu (6/10/2024).

"That tonight, We are all winers! Mungkin hanya ada 1 mahkota, tetapi ada 58 pemenang, gadis-gadis yang tidak dapat berdiri di sini malam ini, kalian semua adalah pemenangnya. Terima Kasih," sambungnya. Tata diketahui telah melakukan persiapan menuju Miss Cosmo 2024 pasca dinobatkan sebagai runner-up kedua Puteri Indonesia sekaligus Puteri Indonesia Pariwisata 2024.

Berbekal advokasinya terkait Sustainable Tourism, Tata tampil di babak final dengan penampilan menawan. Tata melewati di top 21. Tata kemudian tampil memukau dalam swimsuit round competition dan berhasil sebagai konsisten pertama menuju Top 10. Tata dengan mengenakan gaun hitam elegan di babak evening dress. Setelah itu Tata dipanggil sebagai salah satu dari Top 5.

Perjuangannya semakin bersinar ketika ia berhasil menembus Top 2, dan suasana semakin mendebarkan saat Indonesia harus menghadapi kontestan Thailand dalam sesi debat final. Dengan percaya diri dan kreativitas, Permata menjelaskan proyek kerajinan berkelanjutan. Ia menjelaskan bahwa ia akan mengundang pengrajin lokal untuk mengikuti workshop dalam membuat kerajinan tradisional dari sampah plastik dan limbah yang kita hasilkan setiap hari, karena kita hanya memiliki satu planet yang perlu kita jaga. Setiap produk yang dihasilkan akan dilengkapi dengan QR code untuk pelacakan.

 

 


Tata Bicara Soal Daur Ulang Sampah di Miss Cosmo

Miss Cosmo 2024
Puteri Indonesia Pariwisata Ketut Permata "Tata" Juliastrid di Miss Cosmo 2024. (dok. Instagram @officialputeriindonesia/https://www.instagram.com/p/DAsM85Jy1R-/)

"Dengan mendaur ulang plastik, kita tidak hanya mengurangi limbah, tetapi juga mengedukasi tentang pengelolaan sampah dan perlindungan planet kita," jelasnya.

Dengan penjelasannya yang mengesankan, Permata akhirnya diumumkan sebagai Miss Cosmo 2024. Suasana di Saigon Riverside Park menjadi sangat meriah saat nama Indonesia disebut sebagai pemenang, diiringi sorak-sorai penonton menggema menyambut prestasi gemilang ini.

Permata menjadi wakil pertama Indonesia dalam ajang Miss Cosmo yang digelar untuk pertama kalinya, dengan dukungan penuh dari Mustika Ratu dan Yayasan Puteri Indonesia. Prestasi luar biasa ini tidak hanya membawa kebanggaan bagi bangsa, tetapi juga memperkuat posisi Indonesia dalam ajang kecantikan dunia.

"Selamat kepada Permata atas kemenangan luar biasa di Miss Cosmo 2024. Prestasi ini membawa kebanggaan besar bagi Indonesia dan membuktikan kemampuan luar biasa perempuan Indonesia di kancah internasional. Kami semua sangat bangga atas keberhasilan ini" ujar Putri Kus Wisnu Wardani, selaku Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) dan Ketua Dewan Penasehat Yayasan Puteri Indonesia dalam keterangan tertulis yang diterima tim Lifestyle Liputan6.com dari Yayasan Puteri Indonesia, Minggu.

"Kesuksesan Permata Juliastrid di ajang Miss Cosmo 2024 menjadi bukti nyata komitmen Mustika Ratu dalam mendukung talenta Indonesia untuk bersinar di dunia internasional. Kami bangga menjadi bagian dari perjalanan Permata menuju kemenangan ini," kata Bingar Egidius Situmorang, Presiden Direktur PT Mustika Ratu Tbk.


Gaun Permata Juliastrid di Miss Cosmo 2024

Puteri Indonesia Pariwisata Ketut Permata Juliastrid Siap Tampil di Miss Cosmo 2024, Bakal Bermain Biola dan Menari
Puteri Indonesia Pariwisata Ketut Permata Juliastrid Siap Tampil di Miss Cosmo 2024, Bakal Bermain Biola dan Menari.  foto: Insta Story @officialputeriindonesia

Organisasi Miss Cosmo telah meluncurkan kompetisi ini pada 11 Juni 2024 di GEM Center, Kota Ho Chi Minh, Vietnam. Sebelummya diberitakan banyak pasang mata tidak bisa beralih dari sosok Ketut Permata Juliastrid di ajang Miss Cosmo 2024. Di babak pre-eliminary, penampilan Tata, dianggap "sangat mencerminkan kecantikan perempuan Indonesia."

Rekaman aksinya di atas panggung pun jadi viral di X, sebelumnya Twitter, sejak Jumat, 4 Oktober 2024. Tidak sedikit yang mengungkap kekaguman dan dukungan padanya. "Bener bener Indonesia banget ini😍😍," kata seorang pengguna, sementara yang lain menulis, "WINNER, NO DOUBT👸👸."

Visual Tata Juliastrid yang menawan tergambar sempurna dengan pemilihan gaun yang tepat, menurut warganet. Di akun Instagram Puteri Indonesia, pihaknya menyebut bahwa gaun rancangan desainer Wiki Wu itu dinamai, "Cosmogenesis: The Birth of Creation."

'Cosmogenesis' melambangkan asal mula penciptaan, seperti yang dibayangkan dalam pikiran saya dan diungkapkan melalui gaun ini. Saya percaya bahwa proses pembentukan ciptaan baru, bahkan secara metafisik, melibatkan banyak elemen," kata sang desainer.

"Demikian pula dalam membuat gaun ini, saya memadukan berbagai teknik dan bahan untuk menciptakan kompleksitas yang tidak berlebihan, tapi tetap membungkus tubuh Permata yang melengkapinya dengan indah. Kawat halus yang dijahit ke dalam gaun melambangkan logam, sementara kristal melambangkan mineral."


Prestasi Gemilang Tata dan Tata

Harashta Haifa Zahra
Harashta Haifa Zahra saat dinobatkan jadi Miss Supranational 2024 di Strzelecki Park Amphitheater, Polandia, Sabtu 6 Juli 2024. (Dok. Diskominfo Bandung)

Detail potongan laser di gaun Tata Juliastrid menggambarkan konsep radiasi, sementara warna merah mencolok melambangkan api. "Setiap elemen terjalin bersama untuk menceritakan kisah penciptaan," ujarnya.

Bentuk gaun Tata terinspirasi visi yang sering muncul dalam mimpi sang desainer, yakni seorang penari Bali yang bersinar, terbungkus "Prada Bali," menari di batas langit dan laut. "Visi ini sepenuhnya terwujud setelah menyaksikan penampilan memukau Ketut Permata selama malam preliminary Puteri Indonesia."

"Keanggunan dan esensinya sangat cocok dengan konsep ini, dan karenanya, saya merancang 'Cosmogenesis' khusus untuknya—Ketut Permata, perwujudan penciptaan," tandasnya. Penampilan Tata juga didukung Bubah Alfian sebagai kepala kreatif, serta stylist Reva Marchellin.

Tahun 2024 ini sepertinya menjadi tahunnya dua wanita cantik yang punya nama panggilan Tata dan sama-sama berkompetisi di ajang Puteri Indonesia 2024.

Tata yang pertama, Harashta Haifa Zahra mencatatkan sejarah baru dengan menjadi pemenang Miss Supranational 2024 di Strzelecki Park Amphitheater, Polandia, Sabtu, 6 Juli 2024 lalu. Prestasi membanggakan itu berhasil diteruskan Tata yang kedua, Ni Ketut Permata Juliastrid Sari, yang berhasil meraih gelar juara Miss Cosmo 2024.

 

Infografis 4 Tren Kecantikan 2024
Infografis 4 Tren Kecantikan 2024.  (Liputan.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya