Sosok Kamila Asy Syifa yang Viral karena Nikah di Bawah Umur dengan Gus Zizan

Profil Kamila Asy Syifa yang viral karena menikah di bawah umur dengan Gus Zizan di usia 17 tahun, ia dikenal sebagai seorang influencer dengan pengikut sebanyak 426 ribu

oleh Dyah Ayu Pamela diperbarui 07 Okt 2024, 12:25 WIB
Diterbitkan 07 Okt 2024, 12:02 WIB
6 Potret Pernikahan Gus Zizan dan Kamila Asy Syifa, Disorot karena Masih Terlalu Muda
Potret Pernikahan Gus Zizan dan Kamila Asy Syifa. (Sumber: Instagram/bunda_aliyya)

Liputan6.com, Jakarta - Kamila Asy Syifa sedang jadi sorotan publik setelah kabar menikah dengan Gus Zizan pada Jumat, 4 Oktober 2024. Pernikahan ini menuai atensi lantaran keduanya terbilang masih sangat muda.

Mengutip kanal Showbiz Liputan6.com, Minggu, 6 Oktober 2024, Gus Zizan diketahui lahir pada 2005 dan kini berusia 19 tahun, sementara Kamila Asy Syifa kelahiran 2007 yang kini berusia 17 tahun. Banyak pula yang menyebut Kamila masih di bawah umur untuk siap menikah.

Publik pun penasaran dengan sosok Kamila. Ia dikenal sebagai seorang influencer dengan pengikut sebanyak 426 ribu.

Instagram pribadinya yang beralamat @kamila_asy_syifa menuliskan bahwa wanita bernama lengkap Farah Kamila Asy Syifa itu merupakan brand ambassador sebuah brand bernama Coverme Berkah. Kamila juga menyematkan tautan kerja sama endorse seperti halnya influencer lainnya. 

Jika mengulik unggahannya di Instagram, tampak wanita yang akrab disapa Syifa itu ikut berdakwah dengan memberikan tips untuk menghafal Al-Quran. Hal itu terekspos dalam highlight Instagram Story yang disimpannya dalam judul "QnANgafal".

"Jadi target awal Syifa itu 25 juz, karena Syifa ngitung dari target setoran per hari dapetnya itu 23 juz di ujung," tulisnya Syifa yang belajar di sebuah pesantren yang juga menuliskan tips lain untuk mudah menghafal Al-Quran dengan memahami artinya, membaca ayat berulang kali dan membaginya. 

Di Instagram, Syifa juga menyertakan highlight engagement akun media sosialnya. Tampak ia memanfaatkan media sosialnya untuk dakwah sekaligus menerima jasa endorse. Kini akun Syifa ramai oleh warganet setelah heboh menikah muda dengan Gus Zizan.

 


Baru Mengenal Sebentar

6 Potret Pernikahan Gus Zizan dan Kamila Asy Syifa, Disorot karena Masih Terlalu Muda
Potret Pernikahan Gus Zizan dan Kamila Asy Syifa. (Sumber: Instagram/bunda_aliyya)

Dari komentar salah satu kerabat Gus Zizan di unggahan kabar pernikahan Syifa, diketahui pada Maret 2024 Gus Zizan belum mengenal Syifa. Namun pada Oktober 2024 sudah sah menikah, hal ini mengisyaratkan bahwa perkenalan mereka amat singkat.

Gus Zizan dan Syifa tampak mantap hidup berumah tangga. Usia mereka yang masih sangat muda sepertinya tak menjadi kendala. Hal itu terungkap dari potret di hari bahagia mereka dengan senyuman di wajah keduanya. 

Tak hanya pengantin baru itu, ibunda Kamila juga mengunggah momen pernikahan anaknya ini di Instagram dan ungkap rasa bahagia sang anak resmi menikah. Tampak dari hadirin tamu ikut berfoto, sosok Kayla Nadira yang adalah kakak Syifa yang juga merupakan selebgram.

Namun kakaknya telah bekerja sama dengan banyak brand seperti KYL Cosmetic, Studio Hijabi, hingga My Brides Series dan masih banyak lagi. Domisilinya dari tempat yang ditandainya adalah di Bandung.

Sang kakak juga telah menikah dengan pria bernama Ahmad Zamzam. Keduanya telah memiliki dua orang putra. 


Dianggap Warganet Masih di Bawah Umur

6 Potret Pernikahan Gus Zizan dan Kamila Asy Syifa, Disorot karena Masih Terlalu Muda
Potret Pernikahan Gus Zizan dan Kamila Asy Syifa. (Sumber: Instagram/zannnsrn)

"Bersamamu setiap detak jantung menjadi surat cinta yang ditulis untuk keabadian…," tulis Syifa di unggahan foto pernikahannya. 

Momen pernikahan Syifa dan Gus Zizan itu mendapat beragam tanggapan warganet. Sebagian merasa bahwa Syifa masih di bawah umur. 

"Alhamdulillah banyak komentar yg bener disini jangan ditiru ya adik-adik kalo belum 19," tulis warganet. "child marriage isn't normal, melanggar hukum, & merampas hak anak yaaaa teman2. ga untuk di contoh. please be wiseeee," balas yang lain.

"Ini nikah dini ga sih namanya?? bukan muda lagi..," tulis yang lain. "jangan di tiru ya adik adik, jangan karena "agama" smpe menormalisasikan nikah muda pls jangan," balas warganet. 

"dedek dedek, jangan pada iri ya sama yg begini. kejar pendidikan dulu yg benar, belajar mempersiapkan diri untuk berumahtangga dan menjadi orang tuaa itu gak mudahh dan butuh komitmen seumur hidup. Jadi jangan fomo sama contoh2 yg begini," sindir warganet.


Kolom Komentar Ditutup

6 Potret Pernikahan Gus Zizan dan Kamila Asy Syifa, Disorot karena Masih Terlalu Muda
Potret Pernikahan Gus Zizan dan Kamila Asy Syifa. (Sumber: Instagram/bunda_aliyya)

Masih banyak komentar tak setuju dengan pernikahan yang masih dianggap di bawah umur. "Sorry to say tp kamu kan sosok influencer tp kamu nyebarin pernikahaan km pdhl usia km masih 17 tahun sarab," tulis yang lain.

"Gw gaada niat ngehujat atau gmn"nya, tpi bru tau bgt klu ini tu trlalu dini😭 kek kok?!!! tpi yudahla ga ngrti juga, itu pilihan msing" smoga langgeng yaaa," yang lain merasa kecewa. 

"Kaya ga ada kegiatan lagi anak dibawah umur ya 😂😂😂😂," sambung warganet.

"Gus apaan ini???ketauan ngedugem dan sekarang nikahin anak yang masi minor berlandaskan agama," kata yang lain. 

"Masii kecil woii, ga boleh menurut undang undang.... mending fokus sekolah dulu pls, pernikahan dini ini namanya dan kamu masi belum legal, emosi kamu juga masi labil... walaupun punya keluarga yang mapan, membina rumah tangga ga semudah itu, orang dewasa aja masih banyak bercerai karena mementingkan ego masing-masing," pungkas yang lain.

 

Infografis soal data pernikahan
Angka Pernikahan di Indonesia Selama 10 Tahun. (Triyasni/Liputan6.com)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya