Rilis Memoar Pasca-Meninggal, Lisa Marie Presley Mengaku Pernah Aborsi hingga Jebak Pacar agar Hamil

Lisa Marie Presley mengaku merasa bersalah telah mengaborsi janin yang dikandungnya hingga memutuskan ingin kembali hamil dengan 'menjebak' pacarnya.

oleh Dinny Mutiah diperbarui 11 Okt 2024, 03:00 WIB
Diterbitkan 11 Okt 2024, 03:00 WIB
Lisa Marie Presley dengan ranjang bayi miliknya. Di belakangnya, adalah fotonya dengan Elvis Presley. AP Photo/Lance Murphey, File)
Lisa Marie Presley dengan ranjang bayi miliknya. Di belakangnya, adalah fotonya dengan Elvis Presley. AP Photo/Lance Murphey, File)

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah memoar berjudul From Here to the Great Unknown dirilis sepeninggal Lisa Marie Presley yang tutup usia pada 2023. Buku yang disusun bersama dengan putri pertamanya, Riley Keough, itu mengungkap hal pribadi yang belum dibagikannya ke publik semasa hidup.

Salah satunya pengakuannya soal aborsi. Putri tunggal raja rock and roll Elvis Presley itu menyebut tindakan aborsinya sebagai 'hal terbodoh yang pernah dilakukan'. Kejadian itu terjadi saat ia masih berpacaran dengan Danny Keough, suami pertamanya.

Mengutip People, Kamis (10/10/2024), ia mengaku tidak menyadari ketika hamil pertama kali. Setelah empat bulan berkencan, ia masuk IGD dengan rasa sakit yang tak tertahankan hingga memaksanya masuk ke ruang operasi.

"Para dokter berpikir itu karena usus buntuku, tapi ketika aku diperiksa menyeluruh, mereka mengatakan aku mengalami hamil etopik. (ketika mereka di sana mereka juga mengeluarkan usus buntuku)," tulisnya di buku itu.

Merasa bersalah atas keputusannya mengaborsi janin itu, dia lalu 'merencanakan' untuk kembali hamil dengan memastikan dia sedang berovulasi saat berhubungan intim dengan Keough di kapal pesiar tempat band-nya tampil. "Saya tidak peduli apakah dia ingin menjadi bagian darinya atau tidak. Saya merasa harus menebus kesalahan, karena saya masih tidak percaya saya telah melakukan aborsi," tulis Presley lagi.

"Saya pikir, saya akan mempunyai anak ini. Ada seorang anak yang harus kulahirkan."

 

Kehilangan Anak Secara Tragis

Lisa Marie Presley (Foto: Instagram/@lisampresley)
Lisa Marie Presley (Foto: Instagram/@lisampresley)

Dua minggu kemudian, Presley mengetahui bahwa dia mengandung Riley, yang lahir pada Mei 1989. Dalam memoarnya, ia mengakui telah 'menjebak' Danny dengan kehamilan tersebut. Ia menulis, "Saya tidak bermaksud demikian, tetapi saya melakukannya."

Lisa Marie dan Danny menikah dari 1988 hingga 1994. Pasangan ini juga memiliki putra Benjamin Storm Keough, yang lahir pada 1992. Dia meninggal secara tragis pada Juli 2020. Menurut Riley yang sekarang berusia 35 tahun, kematian adiknya membuat ibunya 'patah hati'.

Lisa Marie juga ibu dari putri kembar Harper dan Finley Lockwood, sekarang berusia 16 tahun, yang dilahirkan dari suami keempatnya, Michael Lockwood. Mendiang musisi itu juga pernah menikah dengan Michael Jackson pada 1994 hingga 1996 dan Nicolas Cage pada 2002--2004. Dari kedua pernikahan itu, mereka tidak memiliki anak bersama.

Memoar anumerta Lisa Marie mengungkapkan banyak kisah di balik layar, termasuk bahwa dia menyimpan jenazah putranya di rumahnya selama dua bulan setelah kematiannya. Dalam buku tersebut, dia juga mengenang perasaan 'terjebak' dengan ibunya, Priscilla Presley, setelah mengetahui bahwa sang ayah telah meninggal karena serangan jantung.

'From Here to the Great Unknown' yang dirilis Selasa, 8 Oktober 2024, ditulis bersama oleh Riley yang menyalin rekaman berjam-jam yang ditinggalkan Lisa Marie.

Penyebab Kematian Lisa Marie Presley

Lisa Marie, putri legendari Elvis Presley
Disebut-sebut telah jatuh miskin, putri tunggal Elvis Presley dikabarkan masih menyimpan utang kepada pengacara (Instagram/lisa_mariepresley)

Obstruksi atau penyumbatan usus diumumkan sebagai faktor penyebab kematian Lisa Marie oleh kantor pemeriksa medis Los Angeles County. Perempuan kelahiran 1 Februari 1968, yang juga seorang penyanyi dan penulis lagu, itu meninggal di usia 54 tahun pada 12 Januari 2023 setelah sempat dilarikan ke rumah sakit di California.

Penampilan publik terakhir Lisa Marie adalah dua hari sebelum kematiannya, tepatnya di Golden Globe 2023. Kematiannya telah dikonfirmasi karena penyebab alami.

Pada saat kematian Lisa Marie, para pejabat setempat mengatakan bahwa responden pertama telah dikirim ke rumahnya di Calabasas, tempat mereka menemukannya dalam kondisi terkena serangan jantung. Laporan kantor pemeriksa medis mengungkapkan bahwa serangan jantung yang dialaminya disebabkan oleh obstruksi usus kecil.

Obstruksi usus kecil kadang-kadang sebagai akibat dari kanker usus besar, obat, atau perlengketan usus pasca-operasi. Dalam kasus Lisa Marie, penyebabnya adalah perlengketan usus pasca-operasi bariatrik yang dia jalani beberapa tahun lalu.

"Komplikasi jangka panjang yang diketahui dari jenis operasi ini," sebut laporan pemeriksa medis seperti dilansir BBC, Jumat, 14 Juli 2023.

Graceland Diwariskan pada Anak Lisa Marie

Graceland, Rumah Elvis Presley di Memphis. AFP PHOTO / MANDEL NGAN
Graceland, Rumah Elvis Presley di Memphis. AFP PHOTO / MANDEL NGAN

Graceland, rumah peninggalan Elvis Presley itu diwariskan kepada putri Lisa Marie Presley. Dengan begitu, rumah ikonis yang berlokasi di Memphis, Tennessee, akan tetap menjadi milik keluarga Presley. 

Mengutip dari People, Selasa, 17 Januari 2023, perwakilan dari Graceland mengkonfirmasi bahwa ketiga putri Lisa Marie, yaitu Riley, Harper, dan Finley yang akan mewarisinya. Sebelumnya, rumah Raja Rock and Roll itu diwariskan kepada putri satu-satunya, Lisa Marie Presley, setelah sang musisi meninggal pada 1977.

Menurut situs web resmi Graceland, tanah itu diserahkan kepada Lisa Marie dalam perwalian ketika dia baru berusia sembilan tahun. Perwalian tersebut secara resmi tak berlaku lagi saat ulang tahunnya ke-25 pada 1993 dan memberinya kepemilikan penuh atas rumah tersebut. Dia kemudian membentuk The Elvis Presley Trust untuk mengelola properti bersama ibunya, Priscilla Presley, dan National Bank of Commerce. 

Elvis Presley yang berusia 22 tahun diketahui membeli Graceland yang saat itu hanya berupa lahan kosong pada 19 Maret 1959 lantaran suka lingkungan pedesaan. Ia membeli tanah itu seharga 102.500 dolar AS atau nilainya saat ini lebih dari 900 ribu dolar AS (setara Rp13,6 triliun).

Infografis Ibu Hamil Sudah Bisa Dapatkan Vaksin Covid-19. (Liputan6.com/Niman)
Infografis Ibu Hamil Sudah Bisa Dapatkan Vaksin Covid-19. (Liputan6.com/Niman)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya