Penjelasan Ahok Soal Manfaat Lain e-Ticketing

Menurut Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, e-Ticketing dapat membantu Pemprov DKI mengetahui kebiasaan penumpang.

oleh Andi Muttya Keteng diperbarui 12 Agu 2014, 14:27 WIB
Diterbitkan 12 Agu 2014, 14:27 WIB
e-Ticketing
(Liputan6.com\Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Sistem tiket elektronik atau e-Ticketing telah diterapkan mulai Senin 11 Agustus 2014 kemarin untuk Koridor 1 Transjakarta. Namun ternyata, selain berfungsi untuk memudahkan penumpang menggunakan layanan Transjakarta, e-Ticketing juga memiliki manfaat lain.

Menurut Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, e-Ticketing dapat membantu Pemprov DKI dalam hal ini PT Transjakarta untuk manajemen layanan transportasi tersebut. Dengan melakukan tapping kartu elektronik di mesin yang tersedia, secara otomatis jam masuk dan keluarnya penumpang terekam dalam database bank.

"Jadi dengan begitu kami bisa tahu dia naik jam segini. Kami bisa tahu pola penumpang yang naik untuk tujuan ke mana paling dominan, supaya bisa kami bikin trayek baru," jelas Ahok itu di Balaikota Jakarta, Selasa (12/8/2014).

Selain itu, penggunaan e-Ticketing dapat digunakan untuk mengatur harga tiket bus agar lebih murah di waktu-waktu sepi penumpang. Begitu juga sebaliknya. Karena rencananya akan diterapkan tarif Transjakarta yang disesuaikan dengan jauh dekatnya tujuan penumpang.

"Terus kita bisa ngatur kalau di jam tersibuk dengan dominan penumpang paling banyak ke arah ini. Kita atur supaya bus itu bisa tembak trayek langsung ke tujuan yang penumpangnya paling banyak dan dominan," jelas Ahok. (Yus)

Baca Juga:

Tak Lagi Gratis, Masuk Kawasan Monas Bakal Pakai E-Ticketing

Tarif Transjakarta Berdasarkan Jauh-Dekat Mulai Tahun Depan

Kadishub DKI: E-Ticketing Transjakarta Bisa Juga untuk Belanja

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya