Semburan Gas Milik Pertamina di Blora Belum Berhenti

Api terlihat di 5 titik semburan di sekitar eksplorasi gas milik Pertamina Ep Cepu Alas Doro Kemuning, Desa Nglobo, Kecamatan Jiken, Blora.

oleh Liputan6 diperbarui 13 Jan 2015, 08:22 WIB
Diterbitkan 13 Jan 2015, 08:22 WIB
(lip6 Pagi) Semburan Gas
(Liputan 6 TV)

Liputan6.com, Blora - Semburan gas bercampur lumpur di Kecamatan Jiken, Blora, Jawa Tengah hingga kini belum juga berhenti.

Seperti ditayangakan Liputan 6 Pagi SCTV, Selasa (13/1/2015), api terlihat di 5 titik semburan di sekitar eksplorasi gas milik Pertamina EP Cepu Alas Doro Kemuning, Desa Nglobo, Kecamatan Jiken, Blora, Jawa Tengah.

Pembakaran di 5 titik semburan ini sengaja dilakukan untuk mencegah terjadinya kebakaran liar. Di antara 41 titik semburan, 5 titik memiliki kandungan zat berbahaya yang rentan terbakar.

Pembakaran dilakukan dengan menggunakan pipa setelah mengisolasi gas. Dengan menerapkan sistem cungkup baja, tujuannya untuk melokalisir penyebaran gas dan menyalurkannya lewat pipa karantina.

Sementara itu, titik semburan yang lain masih dibiarkan menyembur, karena dinilai tidak terlalu memiliki kandungan yang mudah terbakar. Pertamina tak bisa memastikan lama pembakaran ini berlangsung, karena potensi gas di bawah tanah dari lubang bekas seismik tersebut tak diketahui. (Mar/Ali)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya