Bogor Hujan Deras, Air Bendungan Katulampa Mulai Naik

Hujan turun hampir merata di seluruh wilayah Bogor termasuk kawasan Puncak, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor.

oleh Bima Firmansyah diperbarui 18 Feb 2015, 15:50 WIB
Diterbitkan 18 Feb 2015, 15:50 WIB
Bendungan Katulampa 1
Bendungan Katulampa (Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta Wilayah Bogor diguyur hujan dengan intensitas lebat sejak pukul 14.00 WIB. Hujan turun hampir merata di seluruh wilayah Bogor termasuk kawasan Puncak, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor.

Kondisi tersebut membuat ketinggian sungai Ciliwung yang terpantau di Posko Mercu Bendung Katulampa, Bogor Timur, sudah mulai beranjak naik.

"Tinggi muka air (TMA) ada peningkatan dari 30 centimeter menjadi 50 centimeter. Hingga pukul 15.30 WIB, hujan merata termasuk Puncak," ujar Kepala Posko Mercu Bendung Katulampa, Andi Sudirman saat dikonfirmasi, Rabu (18/2/2015).

Diperkirakan, lanjut dia, debit sungai Ciliwung akan terus mengalami peningkatan karena air dari Puncak belum sampai di Katulampa. "Kemungkinan debit air akan bertambah," kata Andi.

Sementara itu, saat ini tinggi muka air (TMA) di pos pemantau Taman Wisata Matahari di posisi 75 centimeter. Selain itu, ketinggian air di Pemantau Panus, Depok, yaitu 105 cm dan Pintu Air Manggarai 400 cm.

"Diimbau Warga disepanjang aliran sungai Ciliwung harus waspada dengan kenaikan air Ciliwung," imbau Andi.

Pantauan Liputan6.com, sampai pukul 15.30 WIB, hujan deras masih mengguyur wilayah Bogor. Derasnya hujan menyebabkan sejumlah ruas jalan di Kota Bogor tergenang, seperti di Jalan KS Tubun, Bogor Utara. Ketinggian genangan antara 40-50 centimeter. (Tya/Yus)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya