Penumpang Lion Air Diimbau Urus Refund Hari Ini

Para calon penumpang Lion Air dipersilakan untuk refund dan mengambil kompensasi di loket-loket yang sudah disediakan di Terminal 3.

oleh Pramita Tristiawati diperbarui 20 Feb 2015, 13:56 WIB
Diterbitkan 20 Feb 2015, 13:56 WIB
Antrian Panjang Depan Loket Refund Tiket Pesawat Lion Air
Proses pengembalian uang tiket pesawat atau refund bagi penumpang Lion Air yang mengalami penundaan (delay) mulai dilaksanakan.

Liputan6.com, Tangerang Kepala Otoritas Bandar Udara Wilayah I Kelas Utama Soekarno-Hatta, Basuki Mardianto, mengimbau kepada calon penumpang Lion Air yang memutuskan membatalkan tiket pesawat untuk menyelesaikan proses refund (pengembalian uang) hari ini.

Para calon penumpang pun dipersilahkan untuk refund dan mengambil kompensasi di loket-loket yang sudah disediakan di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang, Banten, Jumat (20/2/2015).

"Setelah 2 hari ini delay, kami memberi opsi kepada calon penumpang, siapa yang mau refund tiket, silakan diselesaikan hari ini," ungkap Basuki di Terminal 3.

Namun dia menegaskan, yang saat ini melayani proses refund dan ganti rugi tiket para calon penumpang tersebut adalah dari pihak PT Angkasa Pura II (AP II). Sebab, sudah dilakukan pengambilalihan sementara dari Lion Air.

"Ditalangi dulu oleh Angkasa Pura, nanti penggantiannya setelah ini selesai," kata Basuki.

Setelah memberikan opsi tersebut, mayoritas calon penumpang ada yang memenuhi loket tiket untuk melakukan refund sesuai harga tiket pesawat serta kompensasi sebesar Rp 300 ribu, sesuai dengan aturan berlaku. Pantauan Liputan6.com, loket di Terminal 3 dijaga ketat petugas keamanan. Baik dari satpam bandara ataupun kepolisian.

Seorang penumpang, Lidya Damyanti akhirnya memilih refund dan pulang ke rumahnya di Jakarta Pusat, daripada harus terbang ke Solo. "Pulang saja, sudah lelah saya menunggu," kata Lidya.

PT Angkasa Pura II mengambil alih layanan refund atau pengembalian uang tiket untuk penumpang Lion Air yang pesawatnya mengalami delay atau keterlambatan penerbangan. Hal ini diputuskan dalam pertemuan otoritas Bandara Soekarno-Hatta, Angkasa Pura, dan Kementerian Perhubungan.

"Pihak Angkasa Pura II sudah memutuskan bagi penumpang yang mau refund, kita layani sementara. Bagi yang mau menunggu, kita koordinasikan dengan pihak Lion Air," kata Kepala Otoritas Bandara Soekarno-Hatta, Basuki Mardianto, di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. (Tya/Sss)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya