3 Jenderal yang Berpeluang Jadi Wakapolri

Badrodin Haiti mengatakan, peluang Budi Gunawan menjadi wakapolri terbuka lebar.

oleh Luqman Rimadi diperbarui 07 Apr 2015, 11:42 WIB
Diterbitkan 07 Apr 2015, 11:42 WIB
Presiden Jokowi Buka Rapim TNI-Polri 2015
TNI Jenderal TNI Moeldoko (kiri) dan Wakapolri Komjen Pol. Badrodin Haiti menghadiri Rapim TNI-Polri di Gedung PTIK, Jakarta, Selasa (3/3/2015). Rapim TNI-Polri mengambil tema Sinergitas TNI-Polri Penggerak Revolusi Mental. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Mengemukanya wacana menjadikan Komisaris Jenderal Polisi Budi Gunawan sebagai wakil kepala Polri mendapat tanggapan dari Wakil Kepala Polri saat ini, Komisaris Jenderal Polisi Badrodin Haiti.

Badrodin mengatakan, peluang Budi Gunawan menjadi wakapolri terbuka lebar. Namun, lanjut Badrodin, bukan hanya Budi yang berpeluang. Sejumlah jenderal bintang 3 lainnya juga memiliki kesempatan sama menjadi orang nomor 2 di institusi Polri.

"‎Itu kan belum tentu Pak BG (Budi Gunawan). Ada bintang 3 lainnya, ada Pak Budi Waseso (Kabareskrim), Pak Dwi (Inspektur Pengawasan Umum Dwi Priyatno), ada semua. Siapa yang dipilih nanti, kita ajukan," ujar Badrodin di Istana Kepresidenan, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (7/4/2015).

Badrodin menjelaskan, ketiga nama yang disebutkan itu mempunyai kompetensi, kinerja, dan prestasi yang baik. Ketiganya juga telah memenuhi persyaratan untuk mengisi posisi wakapolri.

"Semua yang bintang 3 ada di sana. Semua bintang 3 itu memenuhi syarat. Karena memang karier di polisi seperti itu. Kan saya sama," kata dia.

Pemilihan wakapolri, jelas Badrodin, harus melalui proses di internal Polri antara lain melalui Dewan Jabatan dan Kepangkatan Tinggi (Wanjakti). Di Wanjakti itulah, nantinya dipilih beberapa nama yang akan diajukan kepada Presiden untuk diangkat sebagai wakapolri.

"Kalau sudah diajukan Wanjakti, ya berarti sudah yang terbaiklah," tandas Badrodin. Di Wanjakti, biasanya akan diketahui visi misi para calon wakapolri, yang selanjutnya akan dijadikan bahan pertimbangan oleh Presiden untuk memilih wakapolri yang dianggap terbaik. ‎(Sun)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya