Kembangkan Wisata Halal, Pemprov NTB Segera Keluarkan Pergub

Pergub itu diharapkan dapat menjawab pertanyaan warga tentang sistem dan maksud wisata halal.

oleh Hans Bahanan diperbarui 17 Nov 2015, 06:41 WIB
Diterbitkan 17 Nov 2015, 06:41 WIB
Wisata Halal Lombok Lengkapi Kekayaan Pesona Indonesia
Keberadaan wisata halal justru melengkapi wisata konvensional yang telah ada dan menjadi alternatif pilihan bagi wisatawan untuk berlibur.

Liputan6.com, Mataram - Setelah Pulau Lombok meraih kemenangan di dua kategori pada ajang kompetisi wisata halal tingkat dunia, World Halal Travel Summit 2015 (WHTS15), Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) berencana mengeluarkan peraturan gubernur berisi tentang pengetahuan dan ketentuan wisata halal.

Salah satu ketentuannya adalah fasilitas hotel yang memenuhi kriteria usaha hotel syariah atau halal seperti makanan yang halal, arah kiblat, sajadah, dan tempat ibadah.

Kepala Seksi Analisa Pasar Dinas Pariwisata NTB, Abdul Haris mengatakan, pergub yang rencananya dikeluarkan pada 2016 ini merupakan tindak lanjut dari Peraturan Menteri Pariwisata Nomor 2 Tahun 2014 tentang Pedoman Penyelenggaraan Usaha Hotel Syariah atau Halal.

"Pergub ini diharuskan ada selain sebagai tindak lanjut peraturan menteri, juga karena Lombok telah memenangi dua kategori utama pada event wisata halal. Jadi ini sangat penting," kata Haris kepada Liputan6.com, Lombok, Selasa (17/11/2015).

Dia menambahkan, pada pergub tersebut selain dijelaskan ketentuan tentang usaha hotel berbasis halal, juga menjelaskan tentang ketentuan industri pariwisata yang diharuskan memenuhi unsur wisata halal seperti fasilitas, produk, serta pelayanan.

Selain itu, sambung Haris, dengan adanya pergub tersebut diharapkan warga yang sebelumnya tidak mengerti tentang bagaimana sistem dan maksud wisata halal bisa terjawab. Karena di dalamnya terdapat penjelasan serta ketentuan-ketentuannya.

"Di pergub ini tercantum soal pengelolaan pariwisata halal sekaligus bisa menjawab pertanyaan warga yang selama ini banyak yang tidak tahu maksud (wisata halal) itu," pungkas Haris.

Pulau Lombok terpilih sebagai pemenang di dua kategori utama pada World Halal Travel Summit 2015 (WHTS15), yakni World's Best Halal Tourism Destination dan World's Best Halal Honeymoon Destination.

WHTS15 tersebut digelar di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, beberapa waktu lalu dan diikuti lebih dari 200 destinasi wisata yang ada di seluruh dunia. (Sun/Ali)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya