Dishub DKI: Rekayasa Lalu Lintas Hindari 6 Proyek Tidak Baku

Setidaknya ada enam pembangunan proyek infrastruktur yang perlu mendapat perhatian Dishub DKI Jakarta.

oleh Liputan6.com diperbarui 24 Okt 2017, 09:00 WIB
Diterbitkan 24 Okt 2017, 09:00 WIB
Underpass Mampang
Kendaraan melintas di dekat proyek Underpass Mampang, Jakarta, Kamis (14/9). Pembangunan underpass ini diharapkan bisa mengurangi kemacetan terutama pada simpang Kuningan dan simpang Mampang Prapatan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta telah menyiapkan rekayasa lalu lintas untuk menghindari sejumlah lokasi proyek pembangunan infrastruktur. Tujuan ini agar tidak terjadi kemacetan lalu lintas.

Kepala Dishub DKI Jakarta Andri Yansyah mengatakan, rekayasa lalu lintas yang disiapkan tidak besifat baku. Namun, mengikuti progres pembangunan yang sedang berlangsung.

"Semua sudah kami rilis rekayasa seperti apa. Tapi memang rekayasa itu tidak baku, tetapi mengacu pada prorgres pembangunan yang sudah dicapai," ujar Andri di Balai Kota DKI Jakarta, seperti dilansir beritajakarta.id, Senin, 23 Oktober 2017.

Andri menjelaskan, pihaknya telah menginventarisir, setidaknya ada enam pembangunan proyek infrastruktur yang perlu mendapat perhatian.

Enam proyek pembangunan jalan itu antara lain Underpass Mampang-Kuningan, Flyover Pancoran, Underpass Kartini, Flyover Bintaro, Underpass Matraman-Salemba, dan Flyover Cipinang Lontar.

"Yang untuk enam ruas ini sudah diuji coba jauh-jauh hari. Contoh di Matraman, ada contra flow sekitar 300 meter, tapi tetap melihat kondisi di lapangan," Andri menandaskan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Proyek Pembangunan

Pemerintah pusat bersama Pemprov DKI tengah membangun sejumlah perlintasan untuk angkutan massal seperti MRT, LRT, hingga kereta cepat di sekitar wilayah Jakarta. Termasuk pembangunan ruas jalan tol.

Karena itu, sejumlah proyek pembangunan terlihat di mana-mana. Guna mengurangi kemcetan lalu lintas, Dishub DKI Jakarta dan Polda Metro Jaya melalukan pengalihan arus lalu lintas di sejumlah titik.

Akibat proyek pembangunan tersebut, kepadatan hingga berujung kemacetan kerap dirasakan warga Jakarta dan sekitarnya, terutama pada jam-jam sibuk seperti pagi dan sore hari.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya