3 Pemandangan Unik di Pernikahan Kahiyang-Bobby

Di balik momen pernikahan Kahiyan-Bobby, ada pemandangan yang tidak biasa ditemukan dalam acara pernikahan pejabat negara. Apa saja?

oleh Luqman RimadiLizsa Egeham diperbarui 08 Nov 2017, 16:05 WIB
Diterbitkan 08 Nov 2017, 16:05 WIB
Pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution
Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana foto bersama pengantin Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution di Graha Saba Buana, Solo, Rabu (8/11). (Liputan6.com/Pool)

Liputan6.com, Jakarta - Pasangan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution kini tengah berbahagia. Dua sejoli itu telah resmi menjadi suami-istri setelah menjalani ijab kabul di gedung Graha Saba Buana, Solo, pukul 09.00 WIB.

Ribuan undangan hadir untuk menyampaikan doa kepada keduanya. Para tamu berdoa agar Kahiyang-Bobby dapat menjalani hidup dengan langgeng hingga akhir hayat.

Wakil Presiden Jusuf Kalla menilai acara pernikahan Kahiyang Ayu-Bobby Nasution sederhana. Meski demikian, undangan yang hadir pun membeludak hingga membuat suasan agak sedikit panas.

Dalam resepsi, tamu undangan itu berasal dari beragam lapisan masyarakat. Mereka ada berasal dari pejabat negara, menteri, mantan presiden, mantan wakil presiden, hingga warga biasa. Semua bercampur dalam satu kebahagiaan atas perayaan pernikahan ini.

"Acaranya sederhana, tapi yang hadirnya yang banyak," kata Wapres ketika ditemui usai menjadi saksi dalam pernikahan Kahiyang-Bobby di Graha Saba Buana, Solo, Rabu (8/11/2017)

Di balik momen pernikahan Kahiyang-Bobby tersebut, ada sejumlah pemandangan unik yang tidak biasa ditemukan dalam sebuah acara pernikahan pejabat negara. Apa saja? Berikut ulasannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Kotak Undangan Dilakban

Kotak sumbangan di Pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Maulana (Liputan6.com/Luqman Rimadi)
Kotak sumbangan di Pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Maulana (Liputan6.com/Luqman Rimadi)

Ada yang unik dalam resepsi pernikahan Putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu, dengan Bobby Afif Nasution. Seperti dalam acara resepsi kebanyakan, tamu yang masuk ruangan terlebih dulu mengisi absensi.

Buku daftar kehadiran itu berada di atas sebuah kotak. Ada lubang kecil di tengahnya. Bila berkaca pada resepsi pernikahan pada umumnya, kotak itu merupakan tempat tamu memasukkan uang hadiah bagi kedua mempelai atau keluarganya.

Tapi lain yang berlaku di pernikahan Kahiyang Ayu-Bobby Nasution. Berdasarkan pantauan Liputan6.com, lubang di kotak itu justru ditutup lakban berwarna hitam.

Hal itu seolah menunjukkan tuan rumah acara menolak pemberian uang. Bagaimanapun, ayah Kahiyang merupakan pejabat negara yang tidak diperkenankan menerima gratifikasi.

 


2. Ditanya Pasangan

[Bintang] Ribuan Relawan Jokowi
Ribuan tamu yang terdiri dari relawan Jokowi terlihat sudah memadati kediaman Presiden Joko Widodo di Sumber, Surakarta. Sejak siang para tamu undangan Jokowi mulai berdatangan ke kediaman yang dikenal merakyat tersebut. (Adrian Putra/Bintang.com)

Acara resepsi pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution resmi dimulai pukul 12.00 WIB. Antrean pun langsung padat saat panitia acara membuka pintu masuk bagi tamu yang akan masuk.

Pantauan Liputan6.com, sebelum masuk ke acara resepsi, para tamu lebih dahulu harus melalui dua kali pemeriksaan. Pemeriksaan pertama, para tamu mesti menunjukkan lembar biru yang terdapat di dalam undangan.

Pada lembaran itu, tertulis "Souvernir Pernikahan Kahiyang-Bobby". Selain itu, tamu yang datang sendirian juga akan ditanyakan apakah membawa pasangan ke acara resepsi atau tidak.

"Satu undangan dua orang ya. Apakah membawa pasangan, Mas," ucap salah seorang panitia kepada warga yang hadir.

Setelah melewati pemeriksaan pertama, tamu undangan dipersilakan mengisi buku tamu. Namun, yang menarik, kotak amplop yang biasanya berdampingan dengan buku tamu terlihat dipasangi lakban alias ditutup.

Warga yang masuk hanya diperkenankan untuk mengisi buku tamu tanpa mengisi kotak tersebut.

"Ini sengaja dipasang, memang agar tidak ada yang memberi hadiah atau amplop," kata panitia tersebut.

 


3. Gaya Lucu Cucu Jokowi

cucu jokowi
Cucu Presiden Jokowi, Jan Ethes Sri Narendra di acara pernikahan Kahiyang-Bobby. (Liputan6.com/Raden Trimutia Hatta)

Usai melalui prosesi akad nikah dengan lancar, Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution melanjutkan acara panggih di Gedung Graha Saba Buana, Solo, Rabu (8/11/2017). Setelah itu, dilanjutkan acara resepsi pernikahan yang juga berlangsung di lokasi yang sama.

Dalam acara ini, cucu Presiden Jokowi, Jan Ethes Sri Narendra, kembali menjadi perhatian. Putra Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda itu terlihat riang mengikuti prosesi pernikahan beradat Jawa ini.

Jan Ethes terlihat menggunakan beskap berwarna hitam dan kain batik cokelat. Tak ketinggalan selop mungilnya yang lucu.

Dalam suatu kesempatan, bocah yang belum genap 2 tahun itu sempat terekam kamera sedang digendong ibunya dan Jan Ethes terlihat asyik mengenyot jempol kirinya.

Di kesempatan lain, Jan Ethes juga tampak berjalan digandeng kedua orangtuanya di samping kiri dan kanannya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya