Saat Lampu JPO GBK Tampilkan Bendera Selandia Baru Hormati Korban Penembakan

Gubernur DKI Anies Baswedan sebelumnya mengungkapkan, Pemprov DKI Jakarta turut berbelasungkawa atas korban peristiwa penembakan di Selandia Baru.

oleh Muhammad Ali diperbarui 15 Mar 2019, 23:51 WIB
Diterbitkan 15 Mar 2019, 23:51 WIB
Ilustrasi bendera Selandia Baru (AFP)
Ilustrasi bendera Selandia Baru (AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Peristiwa penembakan jemaah salat Jumat di dua masjid di Selandia Baru mengundang reaksi dunia. Masyarakat global mengecam dan mengutuk tindakan tersebut.

Sebagai wujud dukungan solidaritas dan duka cita, Pemprov DKI Jakarta akan menampilkan warna bendera negara tersebut dalam lampu artistik di salah satu jembatan penyeberangan orang Ibu Kota. Hal itu akan diterapkan dalam beberapa hari ke depan.

"Dalam beberapa hari ke depan, tema lampu artistik JPO GBK menampilkan tema warna bendera NZ sebagai bentuk solidaritas dan duka cita #prayfornewzealand," tulis Naufal Firman Yursak dalam akun @firmanyursak yang dikutip Liputan6.com, Jumat (15/3/2019).

Firman Yusak sendiri merupakan orang dekat Gubernur DKI Anies Baswedan. Saat Pilkada DKI 2017, Ia menjadi salah satu juru bicara Anies Baswedan.

Gubernur DKI Anies Baswedan sebelumnya mengungkapkan, Pemprov DKI Jakarta turut berbelasungkawa atas apa yang terjadi di kota Christchurch. Ia mengimbau agar masyarakat mengirimkan doa kepada korban dan keluarga yang ditinggalkan dan juga kepada komunitas muslim di Selandia Baru.

Ucapan bela sungkawa juga disampaikan Wakil Ketua Umum Pengurus Pusat Dewan Masjid Indonesia (DMI) Syafruddin. Dia mengucapkan duka cita yang mendalam atas penembakan di dua masjid di Selandia Baru, di Christchurch dan Lindwood yang lokasinya berdekatan.

"Innalillahi wa innailaihirajiuun, Dewan Masjid Indonesia menyampaikan belasungkawa yang sedalam-dalamnya atas kejadian di New Zealand, di Masjid An-Nur dan Masjid Linwwod," ujar Syafruddin dalam video singkat yang diterima Liputan6.com, Jumat (15/3/2019).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Isi Surat DMI

Wakil Ketua Umum DMI Komjen Syafruddin
Jemaah foto bersama Wakil Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI), Komjen Syafruddin usai salat Jumat di Masjid Raya Al Ittihad, Jakarta, Jumat (13/4). Syafruddin melaksanakan salat Jumat di Masjid Raya Al Ittihad. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Pada kesempatan itu dia juga meminta umat muslim dan pengurus masjid di seluruh Indonesia untuk turut berduka atas musibah yang menimpa.

"Pada kesempatan yang baik ini, Dewan Masjid Indonesia mengimbau kepada umat muslim dan seluruh pengurus masjid untuk ikut turut berduka cita," jelas dia.

Berikut keterangan lengkap Wakil Ketua Umum Pengurus Pusat Dewan Masjid Indonesia (DMI) Syafruddin:

Innalillahi wa innailaihirajiuun, Dewan Masjid Indonesia menyampaikan belasungkawa yang sedalam-dalamnya atas kejadian di New Zealand, di Masjid An-Nur dan Masjid Linwwod, dimana ada sekitar kurang lebih 60 umat muslim yang baru selesai melaksanakan ibadah shalat jumat mengalami musibah penyerangan.

Dan pada kesempatan yang baik ini, Dewan Masjid Indonesia mengimbau kepada umat muslim dan seluruh pengurus masjid untuk ikut turut berduka cita.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya