Usai Dilantik, Gubernur Maluku Utara Minta Jokowi Bangun Jalan Tol

Gubernur Malut berharap, pembangunan tol dapat memangkas waktu perjalanan dari Ternate ke bandara.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 10 Mei 2019, 19:07 WIB
Diterbitkan 10 Mei 2019, 19:07 WIB
Jokowi Lantik Gubernur dan Wagub Terpilih Maluku Utara di Istana
Presiden Joko Widodo atau Jokowi (kanan) menyalami Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba saat pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Jumat (10/5/2019). MK memutuskan Abdul Gani Kasuba dan Al Yasin sebagai pemenang Pilgub Malut 2018. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widowo atau Jokowi resmi melantik Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Utara masa jabatan 2019-2024 Abdul Gani Kasuba dan Al Yasin. Usai dilantik, Abdul Gani meminta agar Jokowi membangun jalan tol di daerahnya.

"Dari ibu kota provinsi (Ternate) sampai ke Bandara Maluku Utara, insyaallah akan kita lanjutkan pembangunannya. Saya minta langsung ke presiden agar ada jalan bebas hambatan antara ibu kota dan bandara," ujar Abdul Gani di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (10/5/2019).

Menurut dia, jarak dari Ternate ke bandara Maluku Utara kurang lebih 100 kilometer. Dengan dibangunnya jalan tol, maka akan mempersingkat waktu tempuh ke Bandara.

"Kurang lebih 100 kilometer, dengan jalan bebas hambatan bisa kita tempuh dalam 45 menit," katanya.

Selain itu, Abdul Gani juga berjanji akan membangun infrastruktur yang belum selesai, seperti jalan Lingkar Halmahera. Hal itu sesuai instruksi Presiden Jokowi yang meminta kepala daerah menyambung infrastruktur.

"Kita belum selesai masalah seperti jalan, Lingkar Halmahera, sekitar kabupaten/kota, beberapa pulau juga belum selesai. Mudah-mudahan periode presiden kali ini juga saya dan wakil bisa melanjutkan proyek tersebut," tuturnya.

"Di samping program pendidikan, perguruan tinggi, SDM yang harus kita prioritaskan. Kami juga punya sumber di sana, pariwisata yang luar biasa tinggal kita kembangkan," sambung Abdul Gani.

 

 

* Ikuti perkembangan Real Count Pilpres 2019 yang dihitung KPU di tautan ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:


Pelantikan Gubernur Malut

Jokowi Lantik Gubernur dan Wagub Terpilih Maluku Utara di Istana
Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih Maluku Utara Abdul Gani Kasuba (kiri) dan Al Yasin disumpah dengan kitab suci Alquran saat pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Jumat (10/5/2019). Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan keduanya sebagai pemenang Pilgub Malut 2018. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi melantik Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih provinsi Maluku Utara (Malut), Abdul Gani Kasuba dan Al Yasin Ali di Istana Negara, Jakarta, Jumat (10/5/2019).

Pelantikan Abdul Gani Kasuba dan Al Yasin Ali berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 38/P Tahun 2019 tentang Pengesahan Pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Utara periode 2019-2024.

Abdul Gani-Al Yasin merupakan pasangan Gubernur dan Wagub hasil Pilkada 2018. Keduanya ditetapkan sebagai pemenang setelah Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan perselisihan hasil suara Pilgub Malut 2018.

Abdul Gani-Al Yasin unggul dari pasangan Ahmad Hidayat Mus-Rivai Umar. Dalam Pilgub Malut 2018, Abdul Gani-Al Yasin yang diusung PDIP dan PKPI itu mendapat 176.669 suara.

Sementara rivalnya, Ahmad Hidayat Mus-Rivai Umar yang diusung Golkar dan PPP meraih 175.749 suara.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya