Mulai 1 September, Bulog Akan Salurkan Beras Bansos

Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso menjelaskan program tersebut salah satu perintah Presiden Joko Widodo untuk memanfaatkan BPNPT kepada masyarakat.

oleh Liputan6.com diperbarui 19 Agu 2019, 08:09 WIB
Diterbitkan 19 Agu 2019, 08:09 WIB
Buwas Bahas Anggaran dan Kinerja Bulog Bersama DPR
Dirut Perum Bulog Budi Waseso memberi penjelasan kepada Komisi IV DPR saat rapat kerja di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta (20/6/2019). Rapat membahas RKA Kementerian dan Lembaga Tahun 2020, evaluasi pelaksanaan anggaran triwulan I dan kinerja Bulog selama tahun 2018. (Liputan6.com/JohanTallo)

Liputan6.com, Jakarta - Perum Bulog per 1 Septermber 2019 akan menjadi penyalur beras dalam program Bantuan Pangan Non Tunai (BNPT). Ketentuan tersebut telah resmi setelah ada penandatanganan kesepakatan dengan Kementerian Sosial (Kemsos). Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso menjelaskan program tersebut salah satu perintah Presiden Joko Widodo untuk memanfaatkan BPNPT kepada masyarakat.

"Mulai 1 Septemper otomatis kita menyuplai. Bapak presiden kan menginginkan penerima BPNT ini bisa merasakan manfaatnya," kat Budi Waseso di Istana Kepresidena, Jakarta Pusat, Kemarin (19/8/2019).

Pria yang akrab disapa Buwas tersebut menjelaskan pihaknya akan menjual beras premium dan medium untuk BPNT. Penjualan beras medium dilakukan mengingat banyak masyarakat yang lebih memilih kuantitas dibandingkan dengan kualitas. Dengan adanya beras medium kata dia warga bisa mendapat jatah beras lebih. Menurut dia perbedaan beras yang didapat masyarakat bisa dua kali lipat.

Buwas menjelaskan pihaknya menjual beras medium sesuai ketentuan pemerintah sebesar sebesar Rp 8.100 per kilogram (kg). Bila dijual sampai di pasar, harga jual beras medium Bulog menjadi Rp 8.600 per kg. Dengan Rp 86 ribu masyarakat kata dia bisa mendapatkan 10 kilogram.

"Jangan lah mereka dipaksa beli premium. Biar masyarkat memilih, ternyata kan beras medium dan premium itu bedanya cuma masalah pecahannya saja kan ya, tapi kalau sudah dimasak kan sama," kata Buwas. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan berikut ini:


Kartu Sembako

Buwas menjelaskan dengan ditetapkan Bulog jadi penyalur beras BNPT diharapkan agar menyelesaikan masalah sirkulasi Bulog. Sebelumnya pihaknya kata dia terancam tidak bisa menyalurkan beras yang dimiliki bila BNPT sudah berlangsung.

Dengan otomatis kata dia beras sejahtera (Rastra) sudah selesai dan berubah jadi BPNT 100 persen. Kedepannya kata dia akan ada kartu sembako untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Bukan hanya membutuhkan beras kata dia tetapi kebutuhan lain seperti gula, telur.

"Maka nanti ke depan, berarti nanti sembako yg diterima masyarakat penerima manfaat," ungkap Buwas.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya