Rizieq Shihab Dicekal, Ini Jawaban Menlu Retno di Depan Komisi I DPR

Retno belum menjawab pertanyaan dari seluruh anggota Komisi I. Namun setelah semua anggota selesai bertanya, Retno ingin tidak semua pertanyaan dijawab secara terbuka dengan awak media.

oleh Liputan6.com diperbarui 12 Nov 2019, 14:34 WIB
Diterbitkan 12 Nov 2019, 14:34 WIB
Rizieq Shihab
Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab tiba di Polda Metro Jaya, Jakarta, untuk diperiksa sebagai saksi kasus dugaan makar, Rabu (1/2). (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Liputan6.com, Jakarta Komisi I DPR menggelar rapat dengan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (12/11). Dalam rapat itu Retno sempat dimintai penjelasan soal isu pencekalan Rizieq Shihab untuk pulang ke Indonesia yang ditanyai oleh Anggota Komisi I Effendi Simbolon.

Retno belum menjawab pertanyaan dari seluruh anggota Komisi I. Namun setelah semua anggota selesai bertanya, Retno ingin tidak semua pertanyaan dijawab secara terbuka dengan awak media.

"Kami mohon izin mengusulkan ada sesi terbuka dan sesi tertutup," kata Retno.

Retno mengatakan, ia akan menjelaskan beberapa hal terkait kondisi Papua, dunia, serta Asia Tenggara. Maka dari itu jawaban dari semua itu perlu dilakukan secara tertutup.

"Ini kami akan berusaha untuk memberikan insight semaksimal yang bisa kita sampaikan. Apabila usulan tersebut disetujui, maka terima kasih sekali," ungkapnya.

Kemudian, Effendi mempertanyakan bagaimana mekanisme jawaban pertanyaan untuk isu Rizieq. Tetapi, Ketua Komisi I Teuku Riefky Harsya dari Fraksi Partai Demokrat menuturkan, jawaban itu akan diberikan secara tertutup.

"Tertutup Pak," jawab Riefky.

Saat ini rapat sedang diskors selama 30 menit. Kemudian akan dilanjutkan dengan jawaban Menlu tentang pertanyaan dari para anggota.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Terkait di Bawah Ini:


Ungap Pencekalan

Rizieq Shihab
Pemimpin FPI Habib Rizieq Shihab menunjukkan selembar kertas yang dklaim pencekalan dirinya keluar dari Arab Saudi. (Channel Youtube Front TV)

Melalui channel Youtube Front TV, Rizieq sebelumnya mengungkap alasan tak dapat pulang ke Indonesia, yaitu karena surat cekal dari pemerintah Indonesia untuknya yang ditujukan kepada pemerintah Arab Saudi.

Padahal menurut Rizieq, surat cekal tersebut tidak berkaitan dengan kasus pidana apa pun. Karenanya, dia merasa heran mengapa sampai saat ini dirinya seakan terkurung di Arab Saudi padahal tak melakukan tindak pidana apa pun.

"Saya dicekal di sini (Arab Saudi) bukan karena saya lakukan pelanggaran keimigrasian, bukan saya melakukan pelanggaran pidana atau perdata, bukan karena saya melakukan sesuatu kejahatan di Saudi ini, tidak. Karena alasan keamanan," ujar Habib Rizieq.

Reporter: Sania Mashabi/Merdeka.com

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya