Cek Manggarai, Anies Perintahkan Semua Lurah dan Jajaran Turun Atasi Banjir

Anies meminta semua evakuasi dan pengungsian disiapkan untuk warga Jakarta yang terdampak banjir.

oleh Delvira Hutabarat diperbarui 01 Jan 2020, 10:11 WIB
Diterbitkan 01 Jan 2020, 10:11 WIB
Pemprov DKI Jakarta Segera Ambil Alih Pengelolaan Air dari Swasta
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberi keterangan terkait pengambilalihan pengelolaan air, Gedung Balai Kota Jakarta, Senin (11/2). Pemprov DKI akan mengambil alih pengelolaan air dari PT Aetra Air Jakarta dan PT PALYJA. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengecek pintu air Manggarai pagi ini. Usai mengecek pintu air, Anies memerintahkan semua lurah turun tangan membantu warga terdampak banjir.

"Saya instruksikan kepada seluruh jajaran Pemprov DKI untuk turun tangan langsung, datangi kantor kelurahan terdekat bekerja di bawah koordinasi lurah. Membantu menyelamatkan warga, siapkan evakuasi warga terdampak," kata Anies di Manggarai, Rabu (1/1/2020).

Ia meminta semua evakuasi dan pengungsian disiapkan. "Pastikan pengungsian siap, seluruh kantor pemerintahan, sekolah harus siap menjadi tempat pengungsian," ujar dia.

"Siapkan dapur umum, pos kesehatan dan pastikan semua tenaga kesehatan siap. Obat-obatan makanan siap saji, air minum, alas tidur, toilet umum dan semua kebutuhan dasar segera dalam posisi siap. Pastikan keamanan warga di tempat tinggal dan jalanan aman," tambah Anies.

Anies memerintahkan para wali kota untuk memastikan bahaya listrik dan keamanan lalu lintas.

"Wali kota lakukan koordinasi di wilayah masing-masing. Pastikan warga terbebas dari bahaya listrik, pohon tumbang. Pastikan kelancara lalu lintas, mobilitas warga di jalanan tidak terganggu. Amankan semua transportasi publik, bila ada rute kendaraan umum terkendala banjir segera siapkan rute altenatif," tegas Anies.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:


Minta Wali Kota hingga Lurah Terus Beri Update

Banjir di Bandara Halim Perdanakusuma. Foto: istimewa dari berbagai sumber
Banjir di Bandara Halim Perdanakusuma. Foto: istimewa dari berbagai sumber

Anies juga meminta para wali kota, camat, dan lurah memastikan warga mendapatkan update informasti yang valid secara terus menerus.

Anies menyebut dampak banjir dapat dikendalikan apabila pemerintah hadir.

"Hujan curah tidak bisa kita kendalikan, tapi dampaknya bisa kita kendalikan. Pemprov DKI harus hadir, ambil sikap bertanggung jawab. Dan kita tunjukkan pada seluruh warga, bahawa semua jajaran turun tangan," Anies menandaskan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya