6 Hal yang Wajib Dilakukan Jemaah Haji pada 10 Zulhijah

Sambil melempar batu ke tiga pilar, jemaah haji berseru Allah Maha Besar yang melambangkan setan, pada hari pertama Idul Adha.

oleh Liputan6.com diperbarui 31 Jul 2020, 14:47 WIB
Diterbitkan 31 Jul 2020, 14:47 WIB
FOTO: Wukuf, Jemaah Haji Panjatkan Doa di Padang Arafah
Jemaah berdoa saat melaksanakan rangkaian ibadah haji di Padang Arafah, dekat Makkah, Arab Saudi, Kamis (30/7/2020). Hanya sekitar 1.000 jemaah yang diizinkan untuk melakukan ibadah haji tahun ini karena pandemi virus corona COVID-19. (AP Photo)

Liputan6.com, Jakarta - Apa yang harus dilakukan seorang jamaah haji pada 10 Zulhijah? Pada 10 Zulhijjah, seorang jemaah haji harus melakukan beberapa hal. Salah satunya usai bermalam di Muzdalifah, sejak subuh, para jemaah diatur untuk menuju Mina.

Sesampai di Mina, jemaah haji akan diarahkan untuk melempar batu kerikil di tiga pilar (jamarat) dengan masing-masing sebanyak tujuh batu, seperti dilansir Antara dari Saudi Press Agency, Jumat (31/7/2020). 

Sambil melempar batu ke tiga pilar, jemaah haji berseru Allah Maha Besar yang melambangkan setan, pada hari pertama Idul Adha.

Selanjutnya para jemaah akan mengorbankan seekor hewan, memakan sebagian daging kurban dan menyumbangkan sebagian untuk orang miskin. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:


Cukur Rambut hingga Tawaf

Sebagai tanda akhir masa ihram, jemaah haji akan mencukur rambutnya. 

Setelah itu, mereka akan menuju ke Masjidil Haram untuk melakukan tawaf ifadah yaitu mengelilingi Ka'bah sebanyak tujuh kali yang menjadi rukun haji.

Setelah tawaf, diperbolehkan bagi jemaah haji untuk bebas dari semua pembatasan ihram, sebelum kembali ke Mina, untuk tinggal dua hingga tiga hari ke depan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya