Pulang Kampung, Jokowi Nyekar ke Makam Kedua Orangtuanya di Solo

Saat berziarah Jokowi didampingi kedua adik Ida Yati dan Titik Relawati serta kedua anaknya Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep.

oleh Liputan6.com diperbarui 29 Agu 2020, 13:26 WIB
Diterbitkan 29 Agu 2020, 13:22 WIB
Momen Jokowi Makamkan Ibunda di Solo
Presiden Joko Widodo atau Jokowi saat memakamkan jenazah ibundanya Sudjiatmi Notomihardjo di pemakaman keluarga di Mundu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Kamis (26/3/2020). Sujiatmi Notomiharjo wafat di RST Slamet Riyadi, Solo. (dok.istimewa)

Liputan6.com, Jakarta Usai kegiatan di Yogyakarta, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyempatkan diri mampir ke Solo, Sabtu (29/8/2020). Mantan Wali Kota Solo itu berziarah ke makam kedua orangtuanya, Sujiatmi Notomihardjo dan Widjiatmo Notomiharjo di Dukuh Mundu, Desa Selokaton, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar.

Saat berziarah Jokowi didampingi kedua adik Ida Yati dan Titik Relawati serta kedua anaknya Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep.

Mereka juga berbagi sembako dan masker di sejumlah tempat. Di antaranya di sekitar makam dan Pasar Kalioso, Bonoloyo dan pasar di Colomadu.

Jokowi tanpa didampingi Ibu Negara Iriana melakukan ziarah di makam keluarga untuk yang pertama kali semenjak meninggalnya ibunda Sudjiatmi 25 Maret 2020 lalu. Jokowi tiba di mamakam pukul 09.00 WIB dengan menumpang mobil Toyota Alphard hitam B 1924 WZT sendirian.

Sedangkan Gibran, Kaesang dan kedua adik Jokowi, menyusul naik sebuah mobil ke makam.

Kades Selokaton Sutino, mengatakan, yang datang berziarah ke makam Mundhu hanya keluarga inti. Ziarah berlangsung selama sekitar satu jam.

"Pak Jokowi yang memimpin baca Surat Yasin, baca tahlil, dan doa. Sedangkan kedua adiknya dan kedua anaknya hanya mengikuti saja," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:


Pesan Pada Juru Kunci

Menurutnya, saat Jokowi nyekar, ia hanya diperbolehkan memantau dibalik pagar makam. Kedatangan Jokowi ini merupakan kali pertama semenjak pemakaman ibunya akhir Maret lalu.

"Ziarah ke makam ditutup dengan menabur bunga pada makam Sujiatmi dan Widjiatmo. Sebelum pulang beliau hanya pesan pada juru kunci untuk menjaga makam dengan baik," jelasnya.

Usai berziarah Jokowi dan rombongan langsung menuju Bandara Internasional Adi Soemarmo untuk kembali ke Jakarta.

Reporter : Arie Sunaryo

Sumber: Merdeka

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya