Ini Salah Satu Pemanfaatan Energi Matahari

Pemanfaatan energi tenaga surya bisa menghasilkan energi terbarukan. Dengan begitu, energi itu bisa bermanfaat bagi kehidupan sehari – hari. Seperti yang dilakukan oleh para petani rempah – rempah di daerah Yogyakarta.

oleh Reza pada 24 Mar 2021, 15:00 WIB
Diperbarui 25 Mar 2021, 16:05 WIB
Belajar di Rumah
Belajar di Rumah

Liputan6.com, Jakarta Pemanfaatan energi tenaga surya bisa menghasilkan energi terbarukan. Dengan begitu, energi itu bisa bermanfaat bagi kehidupan sehari – hari. Seperti yang dilakukan oleh para petani rempah – rempah di daerah Yogyakarta. 

Tepatnya di Desa Minggir daerah perbukitan Menoreh, Yogyakarta ada banyak petani rempah-rempah. Sejak 2014, petani mengembangkan usaha mereka dengan dibantu oleh pasangan suami istri Andhika Mahardika dan Nurrachma Asri S.

Pasangan tersebut mengajari para petani rempah untuk mengeringkan rempah-rempah yang dihasilkan. Mulai dari Jahe, kunyit, dan temulawak, dengan proses pengeringan rempah – rempah bisa tahan lama.

Dengan proses pengeringan akan berkurang dan perkembangan mikroorganisme yang menyebabkan pembusukan menjadi terhambat.

Cara pengeringannya menggunakan rumah surya pengering rempah-rempah atau Solar Dry House. Proses ini menggunakan energi matahari yang ramah lingkungan. Caranya dengan mengoptimalkan radiasi sinar matahari untuk mengeringkan rempah-rempah yang sudah ditata.

Rumah surya ditutup rapat saat proses pengeringan sehingga suhu bisa mencapai 60 derajat celcius. Selain itu, rumah tersebut bermanfaat untuk melindungi rempah-rempah dari hujan sampai hewan.

Untuk penjelasan lainnya, yuk adik-adik yang duduk di Kelas V, gali pengetahuanmu lainnya dengan menonton program Belajar dari Rumah (BdR) setiap hari di TVRI, pukul 10.30-11.00 WIB.

 

(*)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya