Terminal Baranangsiang Bogor Kembali Berlakukan Tes GeNose

Bus AKAP dan AKDP di Terminal Baranangsiang, Kota Bogor kembali beroperasi seiring berakhirnya kebijakan larangan mudik Lebaran 2021.

oleh Achmad Sudarno diperbarui 18 Mei 2021, 04:31 WIB
Diterbitkan 18 Mei 2021, 04:31 WIB
Terminal Baranangsiang Kota Bogor
Terminal Baranangsiang Kota Bogor kembali memberakukan tes Genose bagi penumpang seiring beroperasinya kembali bus AKAP dan bus AKDP pascalibur Lebaran 2021. (Liputan6.com/Achmad Sudarno)

Liputan6.com, Bogor - Kebijakan larangan mudik berakhir hari ini, Senin (17/5/2021). Dengan berakhirnya kebijakan tersebut, maka operasional bus AKAP dan AKDP pun kembali dibuka mulai Selasa (18/5/2021), termasuk di wilayah Kota Bogor, Jawa Barat.

Operasional bus AKAP dan AKDP sempat dihentikan dari tanggal 6-17 Mei menyusul adanya larangan mudik Lebaran 2021. Hanya bus yang berada di wilayah aglomerasi yang diizinkan beroperasi.

Seiring beroperasinya kembali bus antar kota antar provinsi dan bus antar kota dalam provinsi, tak menutup kemungkinan moda transportasi bus ini digunakan pemudik pada arus balik lebaran.

Untuk mencegah dan meminimalisasi terjadinya penyebaran Covid-19, pihak Terminal Baranangsiang, Kota Bogor pun melakukan sejumlah antisipasi, salah satunya memberlakukan tes bagi penumpang.

Kepala terminal kelas IA Baranangsiang, Moses Lieba Ary mengatakan, pihaknya telah menyiapkan alat tes GeNose C-19 untuk screening Covid-19 bagi para penumpang bus AKAP dan AKDP yang tiba di Terminal Baranangsiang Bogor.

"Jadi semua penumpang akan diarahkan untuk tes GeNose di tempat yang telah kami sediakan," kata Moses.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:


Pastikan Penumpang Bebas Corona

Menurutnya, screening Covid-19 bagi para penumpang bus yang berasal dari luar daerah Jakarta-Depok-Tangerang-Bekasi ini untuk memastikan bahwa mereka yang ke Kota Bogor bebas dari virus Corona.

"Tes GeNose mulai besok diberlakukan lagi di Terminal Baranangsiang, setelah sebelumnya kita berlakukan serupa waktu arus mudik," terang Moses.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya