Layanan Informasi Terkait Lokasi Vaksinasi Covid-19 Kini Tersedia untuk Jawa dan Bali

Di tengah lonjakan kasus Covid-19 yang sangat tinggi, vaksinasi dinilainya sebagai salah satu cara melindungi diri agar dapat mengurangi risiko sakit apabila terpapar virus Covid-19.

oleh Liputan6.com diperbarui 13 Jul 2021, 16:27 WIB
Diterbitkan 13 Jul 2021, 16:26 WIB
Karyawan KLY Jalani Vaksinasi Gotong Royong
Tenaga medis menyuntikkan Vaksin COVID-19 Sinopharm pada karyawan Kapanlagi Youniverse (KLY) di Hall SCTV Tower, Jakarta, Jumat (4/6/2021). Grup Emtek berharap kegiatan vaksinasi ini dapat mendukung pemerintah dalam menciptakan kekebalan komunal (herd immunity). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah fitur tambahan di website COVID19.go.id kini telah disediakan pemerintah untuk memberikan informasi fasilitas kesehatan (faskes) yang melayani vaksinasi COVID-19.

Fitur tersebut dapat diakses langsung di https://covid19.go.id/faskesvaksin dan dikatakan telah menjangkau seluruh wilayah di Jawa dan Bali.

"Diharapkan fitur ini semakin memudahkan masyarakat mendapatkan informasi lokasi yang menyediakan layanan vaksinasi, kami siapkan fitur tambahan pada website COVID19.go,id yang menjangkau wilayah Jawa Bali," ujar Koordinator Komunikasi Publik Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Arya Sinulingga dalam keterangan resminya yang diterima Liputan6.com, Selasa (13/76/2021). 

Di tengah lonjakan kasus COVID-19 yang sangat tinggi, vaksinasi dinilainya sebagai salah satu cara melindungi diri agar dapat mengurangi risiko sakit apabila terpapar virus corona.

"Diharapkan fitur ini semakin memudahkan masyarakat mendapatkan informasi lokasi yang menyediakan layanan vaksinasi, kami siapkan fitur tambahan pada website COVID19.go,id yang menjangkau wilayah Jawa Bali," ujar Arya.

Ada pun caranya, cukup klik tautan, kemudian temukan lokasi vaksinasi terdekat. Pilih provinsi dan kabupaten/kota dan klik 'cari sekarang'. Misal ingin mencari lokasi faskes di Purwokerto. Cukup klik Provinsi Jawa Tengah, kemudian pilih Kabupaten Banyumas. Akan Langsung ditemukan 84 faskes di Banyumas termasuk di Purwokerto.

Setelah itu, website akan menampilkan peta lokasi faskes dan detail informasi lainnya seperti alamat lengkap dan nomor telepon. Masyarakat bahkan bisa langsung dapat meminta diarahkan dengan mengklik “Arahkan”.

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap 3m #vaksinmelindungikitasemua

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:


Target Vaksinasi 2 Juta per Hari

Arya menambahkan, pemerintah terus mengakselerasi vaksinasi untuk mengejar target vaksinasi program pemerintah sebanyak 2 juta per hari pada Agustus 2021.

Menurutnya, hingga Senin, 12 Juli 2021, realisasi pelaksanaan vaksinasi COVID-19 program pemerintah telah mencapai total lebih dari 51 juta dosis.

Dengan rincian sebesar 36,1 juta untuk vaksinasi dosis pertama dan sekitar 14,9 juta untuk vaksinasi dosis kedua.

"Ayo, masyarakat yang belum divaksin untuk mendapatkan vaksin sekarang juga," ajak Arya.

"Vaksinasi adalah ikhtiar kita untuk melindungi diri dan bangsa ini dari pandemi dengan cara membangun herd immunity," tutur Arya lagi. 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya