4 Fakta Terkait Viral Kabar Tempat Prostitusi Berkedok PAUD di Jakbar

Sempat beredar di media sosial unggahan yang memperlihatkan sebuah sekolah pendidikan anak usia dini (PAUD) di Jakarta Barat dituding sebagai tempat prostitusi.

oleh Devira Prastiwi diperbarui 20 Feb 2022, 17:31 WIB
Diterbitkan 20 Feb 2022, 17:31 WIB
Ilustrasi prostitusi
Ilustrasi prostitusi

Liputan6.com, Jakarta - Sempat beredar di media sosial (medossos) unggahan yang memperlihatkan sebuah sekolah pendidikan anak usia dini (PAUD) dituding sebagai tempat prostitusi.

"WASPADALAH dalam memilih sekolah untuk anaknya! Silakan nilai sendiri dan cek langsung kebenarannya di Google," cuit akun @cutnesia.

Mengetahui kabar viral tersebut, Satreskrim Polres Metro Jakarta Barat pun langsung bergerak. Mereka melakukan investigasi dengan mengecek PAUD Melati yang berada di kawasan Grogol, Jakbar.

"Kemarin Panit Reskrim sudah cek TKP. Hasil pengecekan memang benar ada sekolah di sana dan tidak ada giat prostitusi," ujar Kapolsek Tanjung Duren Kompol Rosana Albertina Labobar ketika dikonfirmasi, Sabtu 19 Februari 2022.

Berikut 4 fakta terkait viral kabar PAUD di Jakarta Barat dituding sebagai tempat prostitusi terselubung, dihimpun Liputan6.com:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Kabar Viral di Media Sosial

Ilustrasi prostitusi
Ilustrasi prostitusi

Beredar sebuah postingan di media sosial yang memperlihatkan sebuah sekolah pendidikan anak usia dini (PAUD) yang dituding sebagai tempat prostitusi.

"WASPADALAH dalam memilih sekolah untuk anaknya! Silakan nilai sendiri dan cek langsung kebenarannya di Google," cuit akun @cutnesia.

Akun itu lalu mengunggah sebuah video yang menunjukkan hasil penelusuran PAUD Melati Kindergarden di Google. Ketika diklik ke pilihan "photos", tampak ditemukan beberapa foto kondisi PAUD tersebut.

Anehnya, ada satu foto terselip yang menyita perhatian. Di mana foto itu adalah menunjukkan seorang perempuan yang memakai tank top warna merah muda dan hotpants. Dari penelusuran di Google itu, foto tersebut diunggah oleh "pemilik".


2. Polisi Cek Kebenaran, Tak Temukan Prostitusi

Ilustrasi prostitusi
Ilustrasi prostitusi

Kapolsek Tanjung Duren Kompol Rosana Albertina Labobar menyebut, pihaknya telah menelusuri kebenaran kabar sebuah lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD) sebagai kedok tempat prostitusi.

PAUD tersebut berlokasi di Grogol Petamburan, Jakarta Barat. Kabar PAUD ini sebagai tempat prostitusi sudah beredar di media sosial.

"Kemarin Panit Reskrim sudah cek TKP. Hasil pengecekan memang benar ada sekolah di sana dan tidak ada giat prostitusi," ujar polisi yang akrab disapa Ocha itu ketika dikonfirmasi, Sabtu 19 Februari 2022.

Meski begitu, Ocha mengaku pihaknya masih melakukan penyelidikan terkait informasi tersebut. Pengawasan kepada sekolah PAUD itu masih bakal dilakukan.

"Masih kami pantau," ucap Ocha.


3. Pemilik PAUD Sebut Itu Kabar Hoaks

Ilustrasi prostitusi
Ilustrasi prostitusi

Kepala PAUD Melati Ismawarni (65) telah dimintai keterangan polisi terkait viralnya kabar miring di media sosial.

"Mengenai berita yang viral di medsos, menurut ibu HJ Ismawarni adalah berita bohong/hoax," kata Kapolres Metro Jakarta Barat, Kombes Pol Ady Wibowo dalam keterangan tertulis, Minggu (20/2/2022).


4. Foto yang Diunggah Foto Lama

Ilustrasi Prostitusi (ANOEK DE GROOT AFP)
Ilustrasi Prostitusi (ANOEK DE GROOT AFP)

Berdasarkan hasil pemeriksaan Kepolisian, diketahui bahwa foto yang diunggah di Twiter adalah foto lama.

Ady mengatakan, foto itu diedit oleh saudara U, kerabat daripada Ismawarni pada tahun 2013 silam.

"Di mana saat itu diunggah di akun Facebook milik saudara U dan tidak mempunyai maksud atau kepentingan lain," tandas dia.


Prostitusi Artis

Infografis Prostitusi Artis 2
Infografis Prostitusi Artis (Liputan6.com/desi)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya