Mendagri: Rencana Deklarasi Jokowi Tiga Periode di Forum Apdesi Hanya Spontanitas

Tito menekankan, agenda Apdesi sama sekali bukan untuk deklarasi Jokowi tiga periode.

oleh Liputan6.com diperbarui 05 Apr 2022, 19:41 WIB
Diterbitkan 05 Apr 2022, 19:41 WIB
Presiden Jokowi saat menyampaikan pidato di forum Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) di Istora Senayan
Presiden Jokowi saat menyampaikan pidato di forum Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) di Istora Senayan, Jakarta. (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menjelaskan isu deklarasi dukungan Jokowi tiga periode di acara Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) terlalu dibesar-besarkan.  

Menurut Tito, agenda forum kepala desa yang digelar di Istora Senayan, Jakarta itu utamanya bukan deklarasi, namun lebih pada penyampaian aspirasi langsung para kepala daerah kepada Presiden Jokowi.

Terkait teriakan kepala daerah yang menginginkan agar Presiden Jokowi menjabat tiga periode, Tito mengatakan itu hanya spontanitas. 

"Yang ada adalah spontanitas pada waktu di mobil menuju jalan. Tapi media cover soal ada deklarasi," ujar Tito menjawab pertanyaan Komisi II DPR RI saat rapat kerja di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (5/4/2022).

Tito menekankan, agenda Apdesi sama sekali bukan untuk deklarasi Jokowi tiga periode. Pernyataan terkait deklarasi itu, menurut Tito, karena ada yang wawancara dengan ketua Apdesi. 

"Kalau ada yang mengatakan ada deklarasi, saya menyatakan tidak ada deklarasi," kata dia.

"Mungkin ada yang statement yang wawancara ke ketuanya bahwa dia mau deklarasi," jelas mantan Kapolri ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Teriakan Jokowi Tiga Periode

FOTO: Mendagri - DPR Bahas Evaluasi Program dan Anggaran 2021
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian (kiri) saat rapat kerja dengan Komisi II DPR di Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta, Selasa (5/4/2022). Rapat juga diikuti oleh Kepala Badan Nasional Pengelola Perbatasan RI serta Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu RI. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) menggelar acara silaturahmi nasional tahun 2022 di Istora Senayan, Jakarta, Selasa (29/3).

Acara itu dihadiri Presiden Jokowi dan sejumlah menteri di antaranya Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Dalam acara Apdesi, muncul pernyataan Jokowi 3 Periode.

Pernyataan itu disampaikan perwakilan desa asal Provinsi Aceh bernama Muslim yang meneriakkan Jokowi 3 Periode. Momen itu diteriakannya saat sesi tanya jawab dengan Luhut.

Awalnya, Muslim menjelaskan kondisi Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL). Harapannya, Presiden Jokowi bisa memindahkan kantor pengurus TNGL dari Medan ke Aceh. Dia juga meminta adanya pemberdayaan di kawasan hutan tersebut.

Permohonan itu diutarakannya lewat Luhut. Hingga di ujung aspirasinya Muslim berteriak Jokowi 3 periode.

"Tolong ini sebagai permintaan kami kepada Bapak. Saya yakin Bapak bisa mengabulkannya dan Pak Presiden bisa mengabulkannya. Jokowi 3 periode, setuju?," teriak Muslim di acara Apdesi di Istora Senayan, Jakarta, Selasa, 29 Maret 2022.

"Setuju!" teriak sebagian peserta.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi 

Sumber: Merdeka.com

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya