4 Ucapan Peringatan Selamat Hari Raya Waisak dari Anies hingga Jokowi

Hari Raya Waisak diperingati pada hari ini, Senin (16/5/2022) oleh seluruh umat Budha di Indonesia.

oleh Devira Prastiwi diperbarui 16 Mei 2022, 11:24 WIB
Diterbitkan 16 Mei 2022, 11:00 WIB
Presiden Jokowi Hari Raya Waisak 2022
Presiden Jokowi menunggah video pelepasan lampion di Candi Borobudur dalam visualisasi grafis berisi ucapan, pesan, dan harapan dalam memperingati Hari Raya Tri Suci Waisak 2022 (Instagram @jokowi)

Liputan6.com, Jakarta - Hari Raya Waisak diperingati pada hari ini, Senin (16/5/2022) oleh seluruh umat Budha di Indonesia. Sejumlah tokoh pun mengucapkan selamat hari Tri Suci Waisak kepada mereka yang merayakannya.

Salah satu yang mengucapkan adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Ucapan itu disampaikan Anies melalui sebuah video suara yang diunggah di akun Instagram miliknya @aniesbaswedan.

"Kepada seluruh umat Buddha, khususnya di Jakarta, selamat memperingati Hari Raya Waisak 2566 BE.

Semoga makin menumbuhkan perasaan kebersamaan, persatuan, kedamaian dan keteduhan pada semuanya," tulis Anies menyertai unggahan video di akun Instagram @aniesbaswedan dikutip Liputan6.com, Senin (16/5/2022).

Kemudian ucapan juga datang dari Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas. Dalam kesempatan ini, dia mengajak momentum Waisak untuk terus memperkuat moderasi beragama, serta merekatkan tali persaudaraan antar sesama.

"Mari terus perkuat moderasi beragama dan rekatkan tali persaudaraan antar sesama," kata Yaqut seperti dikutip Antara.

Menurut Yaqut, Tri Suci Waisak senantiasa mengingatkan umat Buddha pada tiga peristiwa penting yaitu lahirnya Pangeran Siddharta, Pangeran Siddharta mencapai penerangan Agung dan menjadi Buddha, serta Buddha Gautama Parinibbana.

Tak ketinggalan, Presiden Joko Widodo atau Jokowi juga mengucapkan selamat hari Tri Suci Waisak kepada seluruh umat Budha di Indonesia yang merayakannya.

Jokowi berpesan, dalam semarak hari Tri Suci Waisak, kesehatan masih menjadi impian masa depan bersama.

Berikut sederet ucapan Selamat Hari Waisak yang diperingati oleh seluruh umat Budha di Indonesia dihimpun Liputan6.com:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


1. Gubernur DKI Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan selamat Hari Natal 2021.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan selamat Hari Natal 2021. (Foto: tangkapan layar video Instagram aniesbaswedan)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengucapkan Selamat Hari Raya Waisak kepada segenap umat Budha di Indonesia yang merayakannya pada hari ini, Senin (16/5/2022).

Ucapan itu disampaikan Anies melalui sebuah video suara yang diunggah di akun Instagram miliknya @aniesbaswedan.

"Kepada seluruh umat Buddha, khususnya di Jakarta, selamat memperingati Hari Raya Waisak 2566 BE.

Semoga makin menumbuhkan perasaan kebersamaan, persatuan, kedamaian dan keteduhan pada semuanya," tulis Anies menyertai unggahan video di akun Instagram @aniesbaswedan dikutip Liputan6.com, Senin (16/5/2022).

Dalam unggahan video itu, Anies juga menyampaikan harapannya pada peringatan Hari Waisak 2022 ini yang mengambil tema Jalan Kebijaksanaan Menuju Kebahagiaan Sejati.

"Kepada seluruh umat Buddha, khususnya di Jakarta, izinkan dalam kesempatan ini mengucapkan Selamat Memperingati Hari Raya Waisak 2566 BE yang diselenggarakan tahun ini tahun 2022," ucap Anies.

"Kita berharap bahwa perayaan Waisak yang mengambil tema Jalan Kebijaksanaan Menuju Kebahagiaan Sejati, nantinya benar-benar bisa menumbuhkan perasaan kebersamaan, persatuan, kedamaian, keteduhan kepada semuanya. Sekali lagi izinkan mengucapkan Selamat Memperingati Hari Raya Waisak, salam hangat untuk semua," jelas dia.

 


2. Menparekraf

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno juga menyampaikan Selamat Hari Raya Waisak.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno juga menyampaikan Selamat Hari Raya Waisak. (Instagram @sandiuno)  

Kemudian, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno juga menyampaikan Selamat Hari Raya Waisak melalui akun Instagram miliknya @sandiuno.

Ucapan peringatan Waisak itu disampaikan Sandiaga melalui unggahan foto yang di dalamnya juga terdapat tulisan.

"Selamat Hari Raya Waisak 2566 BE kepada semua umat Buddha yang merayakan. Semoga Hari Tri Suci Waisak kali ini membawa kedamaian, ketentraman dan kesejahteraan.

Mari kita ciptakan harmoni, terutama untuk mewujudkan kepulihan, kebangkitan ekonomi, dan membuka lapangan kerja sehingga semua dapat berbahagia🙏🏼," ucap Sandiaga melalui akun Instagram miliknya @sandiuno dikutip Liputan6.com, Senin (16/5/2022).

 


3. Menteri Agama

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas
Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas. (Foto: Dokumentasi Kementerian Agama)

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengucapkan selamat hari Tri Suci Waisak kepada seluruh umat Budha di Indonesia yang merayakannya pada Senin (16/5/2022).

Dalam kesempatan ini, dia mengajak momentum Waisak untuk terus memperkuat moderasi beragama, serta merekatkan tali persaudaraan antar sesama.

"Mari terus perkuat moderasi beragama dan rekatkan tali persaudaraan antar sesama," kata Yaqut seperti dikutip Antara.

Dia pun menuturkan, sebagaimana diajarkan juga dalam kitab suci Dhammapada syair 194 bahwa kelahiran para Buddha merupakan sebab kebahagiaan, pembabaran pacaran benar merupakan sebab kebahagiaan, persatuan merupakan sebab kebahagiaan, dan usaha perjuangan mereka yang telah bersatu merupakan sebab kebahagiaan.

Tri Suci Waisak, kata Yaqut, senantiasa mengingatkan umat Buddha pada tiga peristiwa penting yaitu lahirnya Pangeran Siddharta, Pangeran Siddharta mencapai penerangan Agung dan menjadi Buddha, serta Buddha Gautama Parinibbana.

"Pangeran Siddharta telah mengajarkan umat Buddha tentang Majhima Patipada, ajaran tentang pentingnya praktek kehidupan beragama yang berprinsip jalan tengah atau moderat. Prinsip ini sangat dibutuhkan dalam menjaga kerukunan dan kedamaian," kata dia.

Menurutnya, seluruh umat Buddha Indonesia mempunyai tanggung jawab yang sama untuk ikut membangun masyarakat yang rukun, damai dan sejahtera, dan itu bisa dilakukan dengan memahami kebenaran Dharma yang hakiki.

 


4. Presiden RI

Presiden Joko Widodo (Jokowi)
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Dok Biro Pers Sekretariat Presiden RI)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengucapkan selamat hari Tri Suci Waisak kepada seluruh umat Budha di Indonesia yang merayakannya pada Senin (16/5/2022).

Dia berpesan, dalam semarak hari Tri Suci Waisak, kesehatan masih menjadi impian masa depan bersama.

"Kesehatan dan kemajuan adalah impian terbesar yang hendak kita gapai saat ini dalam hidup yang penuh kedamaian dan kebersamaan," kata Jokowi, seperti dikutip dari akun Instagram resminya, Senin (16/5/2022).

Pria yang pernah menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta ini pun berharap dan berdoa, agar cahaya kebahagiaan terus menerangi seluruh umat di dunia.

"Semoga cahaya kebahagiaan senantiasa menerangi jalan kita semua," kata Jokowi.

Infografis Libur Nasional dan Cuti Bersama 2021
Infografis Libur Nasional dan Cuti Bersama 2021 (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya