Jokowi Sampaikan Duka atas Meninggalnya Eril Anak Ridwan Kamil yang Hilang di Swiss

Presiden Jokowi menyampaikan duka cita atas meninggalnya anak sulung Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril yang hilang di Sungai Aare, Swiss.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 04 Jun 2022, 17:27 WIB
Diterbitkan 04 Jun 2022, 17:26 WIB
Sikapi Kelangkaan Solar, Nelayan Cirebon "Curhat" kepada Jokowi dan Ridwan Kamil
Ilustrasi - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat mendampingi Presiden RI Joko Widodo melakukan kunjungan kerja beraudiensi dengan nelayan, di Pasar Ikan Selo Pengantin Desa Bandengan, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, Rabu (13/4/2022). (Foto: Rusman/Biro Pers Sekretariat Presiden)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan duka cita yang mendalam atas meninggalnya putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril yang hilang terseret arus Sungai Aare di Kota Bern, Swiss.

"Innalilahi wa innailaihi rojiun. Semua dari Allah dan akan kembali kepada-Nya kita semuanya. Kita tidak tahu mengenai kematian. Ini adalah sebuah misteri," kata Jokowi usai menonton balapan Formula E di Ancol Jakarta, Sabtu (4/6/2022).

Dia mengaku telah menelepon langsung Ridwan Kamil saat mendengar kejadian tersebut. Jokowi juga sudah memerintahkan Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI dan Kedutaan Besar Indonesia di Swiss untuk ikut membantu pencarian Eril semaksimal mungkin.

"Tapi memang sampai sekarang belum bisa ditemukan," ucap mantan Gubernur DKI Jakarta ini.

Jokowi juga sudah menyampaikan ucapan duka cita kepada Ridwan Kamil. Dia berharap Ridwan Kamil diberikan keikhlasan dan kesabaran dalam menghadapi ujian ini.

"Saya menyampaikan dukacita yang mendalam kepada Gubernur Jawa Barat, Pak Ridwan Kamil serta seluruh keluarga diberikan keiklasan dan kesabaran dalam menghadapinya," tutur Jokowi.

Sebelumnya diberitakan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sempat melakukan salat gaib di depan Sungai Aare, Swiss, tempat hilangnya sang putra Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril. Keluarga yang mewakili sebelumnya juga telah mengumumkan bahwa Eril dinyatakan meninggal dunia.

Berdasarkan foto yang diterima Liputan6.com, Ridwan Kamil tampak memimpin atau menjadi imam dalam prosesi salat gaib tersebut. Dia menghadap ke sungai Aare bersama jemaah yang terbagi dalam tiga shaf.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ridwan Kamil Salat Gaib di Tepi Sungai Aare Swiss

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memimpin shalat gaib untuk putranya, Eril.
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memimpin shalat gaib untuk putranya, Eril. Dok: Kemlu

"Kang Emil dan keluarga telah melakukan salat ghaib di Bern sebelum bertolak ke Indonesia," tulis keterangan yang dikutip, Jumat (3/6/2022).

Foto lain juga menunjukkan Ridwan Kamil didampingi istri yakni Atalia Praratya dan putrinya, Camillia Laetitia Azzahra berada persis di tepi Sungai Aare melepaskan setangkai bunga mawar merah muda ke aliran sungai.

Tampak Ridwan Kamil jongkok bersama Zahra. Sementara Atalia berdiri dengan wajah tertunduk dan memegang pundak suaminya.

Sementara foto lainnya menunjukkan sebuah tag penanda identitas yang diikat ke sebuah pohon dengan tali warna ungu. Di dalamnya tertulis, "In Loving Memory of Emmeril Kahn Mumtadz. Born 25 June '99 NYC. Passed 26 May '22 Bern."

Putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril dinyatakan wafat karena tenggelam di Sungai Aare, Swiss, pada Jumat (3/6/2022). Sebanyak 5.000 jamaah di Masjid Raya Bandung pun menggelar salat gaib untuk mendoakan Eril.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya