NasDem Tidak Haruskan Anies Jadi Kader Meski Dominan Diusulkan Kader Jadi Capres

Wibi juga menyinggung soal figur Anies yang tidak asing di dalam partai NasDem. Menurut dia, Anies turut terlibat sebagai salah satu deklarator organisasi masyarakat (ormas) Nasional Demokrat.

oleh Liputan6.com diperbarui 16 Jun 2022, 20:09 WIB
Diterbitkan 16 Jun 2022, 20:09 WIB
Sekretaris Wilayah DPW Partai NasDem DKI Jakarta Wibi Andrino mengaku pihaknya tak paksa Anies gabung Nasdem walau dominasi suara sebagai capres.
Sekretaris Wilayah DPW Partai NasDem DKI Jakarta Wibi Andrino mengaku pihaknya tak paksa Anies gabung Nasdem walau dominasi suara sebagai capres. (Merdeka.com/Bachtiarudin Alam)

Liputan6.com, Jakarta Partai NasDem menyatakan tidak akan memaksa seseorang untuk menjadi kader. Termasuk Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang paling banyak diusulkan dari sejumlah Dewan Pimpinan Wilayah (DPW), salah satunya DPW NasDem Jakarta.

"Itu tergantung dari pada pribadi bapak Anies Baswedan ya, kita tidak pernah memaksa orang untuk dinasdemkan kalau dari kami DPW DKI Jakarta," kata Sekretaris Wilayah DPW Partai NasDem DKI Jakarta Wibi Andrino kepada wartawan, di Jakarta Convention Center (JCC), Kamis (16/6/2022).

Walaupun tidak memaksa, lanjut Wibi, Partai NasDem tetap terbuka dan menyambut baik jika orang nomor satu di DKI itu ingin menjadi kader partai besutan Surya Paloh tersebut.

Wibi yang juga menjabat sebagai Ketua Fraksi NasDem DPRD DKI itu juga tak memungkiri kuatnya dukungan Anies di lingkungan partai. Itu tercipta dengan usulan mayoritas pengurus DPD DKI NasDem yang ingin mengusung Anies menjadi kandidat calon presiden (capres).

"DKI Jakarta memang diberikan mandat oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) untuk memberikan beberapa nama. Tapi bila mana hanya satu nama yang dimintakan pasti kita akan sebut Anies Baswedan," ujar Wibi.

Terlebih, Wibi juga menyinggung soal figur Anies yang tidak asing di dalam partai NasDem. Dimana dia turut terlibat sebagai salah satu deklarator organisasi masyarakat (ormas) Nasional Demokrat.

"Jadi tentu bukan orang asing bagi partai NasDem untuk sosok seorang Anies Baswedan," ucap Wibi.

Sebelumnya, Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem DKI Jakarta mengusulkan nama Gubernur DKI, Anies Baswedan sebagai kandidat calon presiden (capres), nama anies disertakan dengan dua usulan lainnya.

"Kami mengusulkan salah satunya Anies Baswedan," kata Ketua DPW Partai NasDem DKI Jakarta Nurcahyo Anggorojati saat Rapat Kerja Nasional (Rakernas) NasDem di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Kamis, (16/6).

Selain Anies, Nurcahyo juga mengusulkan dua nama lainnya yakni Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem Lestari Moerdijat (Rerie) dan Bendahara Umum Partai NasDem Ahmad Sahroni.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ditentukan Pimpinan Pusat

Momen keakraban Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (kiri) dengan Gubenur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo
Momen keakraban Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (kiri) dengan Gubenur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo (kanan), Saat Acara APPSI 2022. (Nanda Perdana Putra/Liputan6).

Menurut Nurcahyo, usulan tiga tokoh itu merupakan kombinasi dari aspirasi kader NasDem yang telah berdasarkan aspirasi publik serta mengacu pada penilaian survei.

"Kombinasi dari tokoh juga dan hasil survei," ucap Nurcahyo.

Adapun usulan ini disampaikan berdasarkan forum Rakernas Partai NasDem 2022, dari 34 DPW Provinsi. Untuk kemudian nama-nama tersebut akan dihimpun dan diserahkan kepada DPP sebagai usulan kandidat capres yang bakal diusung Partai NasDem pada pilpres 2024.

Dalam acara ini juga turut dihadiri Ketua Umum Surya Paloh beserta jajaran DPP dan elite partai. Sedangkan untuk sidang sendiri dipimpin Steering Committee Rakernas Nasdem diantaranya Ketua DPP Partai Nasdem Willy Aditya, Wakil Ketua Umum Ahmad Ali, Anggota Majelis Tinggi DPP Partai NasDem Lestari Moerdijat, Sekjen Johnny G Plate dan struktural lainnya.

 

Reporter: Bachtiarudin Alam

Sumber: Merdeka.com

Manuver dan Pendekatan Politik Jelang Pilpres 2024
Manuver dan Pendekatan Politik Jelang Pilpres 2024(Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya