Meski Siap Nyapres, Ganjar Pranowo Dinilai Masih Harus Perjuangankan Tiket Partai

Arifki menilai, pernyataan Ganjar maju sebagai calon presiden 2024 bermodal dari sejumlah hasil survei yang selalu menempatkan dirinya dalam urutan tiga besar.

oleh Muhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 19 Okt 2022, 14:10 WIB
Diterbitkan 19 Okt 2022, 14:10 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menghadiri Rakor Kepala/Wakil Kepala Daerah PDI Perjuangan di Lenteng Agung, Jakarta Selatan. (Merdeka.com/Ahda Bayhaqi)
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menghadiri Rakor Kepala/Wakil Kepala Daerah PDI Perjuangan di Lenteng Agung, Jakarta Selatan. (Merdeka.com/Ahda Bayhaqi)

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo secara mengejutkan, dalam sebuah sesi wawancara bersama Btv menyatakan siap maju menjadi Calon Presiden (Capres) 2024 pada Pilpres 2024.

Menganalisis hal itu, Analis Politik dan Direktur Eksekutif Aljabar Strategic, Arifki Chaniago mengatakan harus dicermati lewat partai mana dia akan maju. Sebab, sampai saat ini belum ada lampu hijau dari PDI Perjuangan.

“Ganjar memang masih berjuang untuk mendapatkan tiket partai politik. PDI-Perjuangan sebagai partai yang seharusnya mendukung Ganjar sampai saat ini belum memberikan dukungan tersebut,” kata Arifki dalam keterangan tertulis, Rabu (19/10/2022).

Arifki menilai, pernyataan Ganjar maju sebagai calon presiden 2024 bermodal dari sejumlah hasil survei yang selalu menempatkan dirinya dalam urutan tiga besar. Sebagai sosok potensial, tentu dia tidak ingin menyiakan hal tersebut.

“Ganjar tentu membaca keinginan publik yang tinggi terhadapnya untuk maju sebagai calon presiden di tahun 2024. Ganjar tentu semakin percaya diri,” yakin Arifki.

Namun begitu, menurut Arifki, posisi Ganjar saat ini hanya bisa menunggu keputusan PDIP untuk mendeklarasikan dirinya. Bila tidak, bisa saja Ganjar akhirnya dilirik oleh partai-partai yang berada di Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), seperti PAN dan PPP yang beberapa wilayah telah terang-terangan menyatakan mendukungnya.

“Sebagai kader partai Ganjar ingin mendapatkan “Privilage-nya”, tetapi Ganjar sedang dalam situasi “simalakama”, harus ikut dengan perintah partai, padahal Padahal, Ganjar bisa mengambil kesempatan dari partai lain,” Arifki menutup.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ganjar Siap Nyapres Demi Kepetingan Bangsa

Gaya Ganjar Pranowo Nonton Megadeth di Jogjarockarta 2018
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo tiba untuk menonton Jogjarockarta 2018 di Stadion Kridosono Yogyakarta (27/10). Ganjar datang untuk menyaksikan Band thrash metal asal AS Megadeth dan sejumlah musisi tanah air. (Fimela.com/Bambang E.Ros)

Sebagai informasi, pernyataan kesiapan Ganjar untuk maju menjadi calon presiden pada pemilihan presiden (Pilpres) 2024 diutarakan dalam talkshow di BTV, Selasa (18/9/2022). Ganjar mengaku siap, saat itu demi kepentingan bangsa dan negara saat ini.

“Kalau untuk bangsa dan negara apa sih yang kita tidak siap," tegas Ganjar.

Meski begitu, sebagai petugas partai, Ganjar mengaku akan menghormati segala keputusan yang ada di tangan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

"Biarkan lah kita kasih kesempatan kepada partai yang menentukan untuk mereka berdialog, berkomunikasi untuk mengambil yang terbaik," ujar Ganjar.

Infografis Geliat Bursa Capres 2024, Prediksi Ketum Parpol Vs Tokoh Populer. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Geliat Bursa Capres 2024, Prediksi Ketum Parpol Vs Tokoh Populer. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya