5 Kendaraan Tertimpa Pohon Tumbang di Pasar Cibinong Bogor, Pengemudi Sempat Terjebak

Pohon tumbang yang diduga akibat kesalahan operator alat berat ini menimpa satu mobil dan empat sepeda motor yang sedang melintas di depan Pasar Cibinong, Kabupaten Bogor.

oleh Achmad Sudarno diperbarui 20 Okt 2022, 16:02 WIB
Diterbitkan 20 Okt 2022, 15:51 WIB
Pohon tumbang menimpa lima kendaraan di Pasar Cibinong, Kabupaten Bogor.
Pohon tumbang menimpa lima kendaraan di Pasar Cibinong, Kabupaten Bogor. (Foto: Istimewa)

Liputan6.com, Bogor - Lima kendaraan terdiri dari satu mobil dan empat sepeda motor ringsek tertimpa pohon tumbang di depan Pasar Cibinong, Kabupaten Bogor, Kamis siang (20/10/2022).

Informasi dihimpun, pohon trembesi dan palm roboh diduga karena kesalahan operator alat berat. Saat itu, operator sedang menebang pohon di area proyek pedestrian di Jalan Raya Jakarta-Bogor, namun dia salah mengarahkan titik jatuhnya pohon.

Kapolsek Cibinong AKP Adhimas Sriyono Putra mengatakan peristiwa pohon tumbang terjadi sekitar pukul 10.00 WIB. Pihaknya masih menyelidiki penyebab dua pohon tumbang sekaligus di lokasi proyek pedestrian ini.

"Dugaan sementara karena di sekeliling dua pohon itu ada galian dengan kedalaman sekitar 30 cm," kata Adhimas.

Adhimas menyebut pohon setinggi 10 meter itu roboh hingga menimpa satu mobil Toyota Avanza dan empat sepeda motor yang sedang melintas.

Seorang pengemudi mobil sempat terjebak di dalam kendaraan. Korban akhirnya berhasil dievakuasi setelah petugas gabungan tiba di lokasi kejadian.

"Pengendara yang berada di dalam mobil sudah dievakuasi. Dan batang serta dahan pohon termasuk tiang listrik yang ikut roboh juga sudah ditangani," kata dia.

Arus lalu lintas sempat macet dari kedua arah akibat sebagian ruas jalan tertutup pohon tumbang. Kondisi diperparah dengan banyaknya warga dan pengendara yang ingin melihat kejadian dari dekat.

"Setelah semua berhasil dievakuasi, kondisi arus lalu lintas kembali normal," ucapnya.


4 Mobil dan 11 Motor Tertimpa Pohon Tumbang

Hujan deras disertai angin kencang menyebabkan pohon tumbang di beberapa titik di Kota Bogor, Jawa Barat, Selasa sore (11/10/2022).
Hujan deras disertai angin kencang menyebabkan pohon tumbang di beberapa titik di Kota Bogor, Jawa Barat, Selasa sore (11/10/2022). (Dok. Liputan6.com/Achmad Sudarno)

Pekan lalu, hujan deras disertai angin kencang menyebabkan pohon tumbang di beberapa titik di Kota Bogor, Jawa Barat, Selasa sore (11/10/2022). 4 mobil dan 11 motor tertimpa pohon tumbang.

Di kawasan GOR Padjajaran, beberapa pohon tumbang hingga menimpa 3 mobil dan 5 motor yang sedang parkir di bawahnya.

Sejumlah warga sedang berupaya mengevakuasi pohon yang tumbang di kawasan tersebut.

Pohon tumbang juga dilaporkan terjadi di depan Kampus Universitas Pakuan Bogor. Pohon beringin tumbang dan menimpa 1 mobil dan 6 motor beberapa sepeda motor yang sedang terparkir.

Dari rekaman video yang tersebar, pohon ukuran besar menutupi area parkir dan nyaris menimpa gedung kampus tersebut.

Sejumlah pohon tumbang juga dilaporkan terjadi di beberapa titik, di antaranya kawasan Cilendek, kawasan Kayu Manis dan beberapa wilayah lain di Kota Bogor.

"Petugas masih di lapangan mengevakuasi pohon tumbang dan sedang merekap data," kata Ketua Pelaksana BPBD Kota Bogor Theo Patricio Freitas.

Infografis BMKG Peringatkan Potensi Cuaca Ekstrem
Infografis BMKG Peringatkan Potensi Cuaca Ekstrem (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya