Polisi Sebut Ada Kelalaian dalam Insiden Kebakaran Masjid Jakarta Islamic Center

Kubah Masjid Jakarta Islamic Center di Koja, Jakarta Utara terbakar hebat saat sedang direnovasi, Rabu kemarin.

oleh Liputan6.com diperbarui 24 Okt 2022, 18:13 WIB
Diterbitkan 20 Okt 2022, 18:25 WIB
Kondisi Kubah Masjid Raya Jakarta Islamic Center yang Ambruk karena Kebakaran
Foto udara runtuhan kubah masjid setelah terbakar di Jakarta Islamic Centre (JIC), Jalan Kramat Tugu, Koja, Jakarta Utara, Kamis (20/10/2022). Kubah Masjid Raya Jakarta Islamic Centre yang memiliki 12 buah lampu kipas khas Betawi dengan berat 1 ton itu ambruk setelah kebakaran hebat pada 19 Oktober 2022. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - Kepolisian telah memeriksa empat orang saksi terkait insiden kebakaran kubah Masjid Jakarta Islamic Center (JIC), Koja, Jakarta Utara. Para saksi yang diperiksa merupakan petugas renovasi masjid.

Dari hasil pemeriksaan sementara, polisi menduga ada kelalaian petugas renovasi yang menyebabkan kebakaran hebat pada kubah Masjid Jakarta Islamic Center.

"Ya ada kelalaian ini," kata Kapolres Metro Jakarta Utara, Kombes Pol Wibowo, Kamis (20/10/2022).

Berdasarkan keterangan saksi, mereka mengakui ada percikan api yang keluar saat pengerjaan renovasi.

"Para pekerja ini menerangkan memang pada saat sedang melakukan renovasi itu ada percikan api yang kemudian menyambar salah satu bahan yang mudah terbakar," papar Wibowo.

Kendati demikian, hingga saat ini kepolisian belum bisa mengambil kesimpulan soal penyebab kebakaran tersebut. Polisi hingga kini masih terus mendalami keterangan para pekerja tersebut.

"Ini kan masih kita dalami lagi ya kan dari para pekerja ini," imbuh Kapolres.

Sebelumnya, Masjid Jakarta Islamic Center di Kecamatan Koja, Jakarta Utara kebakaran hebat. Sebanyak 6 unit mobil dikerahkan ke lokasi.

Petugas Piket Pos Damkar Jakarta Utara saat dikonfirmasi mengatakan bahwa bagian yang kebakaran merupakan kubah masjid.

"Iya, kubahnya yang kebakaran. Unit sudah berangkat semua," kata Petugas Piket Pos Damkar Jakarta Utara tersebut, Rabu (19/10).

Dia mengatakan pihaknya menerima laporan awal kebakaran itu pukul 15.22 WIB. Sementara ada 6 unit mobil damkar yang dikerahkan ke lokasi.

"Ada 6 unit. Terima laporan jam 15.22 WIB," ujarnya.

Petugas masih melakukan proses pemadaman di lokasi. Belum diketahui penyebab kebakaran.

"Masih proses pemadaman. Belum tahu penyebabnya," tutupnya.

 

Reporter: Rahmat Baihaqi

Merdeka.com

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Perbaikan Masjid JIC Akan Dilakukan Cepat

Kondisi Kubah Masjid Raya Jakarta Islamic Center yang Ambruk karena Kebakaran
Reruntuhan kubah masjid setelah terbakar di Jakarta Islamic Centre (JIC), Jalan Kramat Tugu, Koja, Jakarta Utara, Kamis (20/10/2022). Kubah Masjid Raya Jakarta Islamic Centre yang memiliki 12 buah lampu kipas khas Betawi dengan berat 1 ton itu ambruk setelah kebakaran hebat pada 19 Oktober 2022. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono memastikan Masjid Jakarta Islamic Center (JIC) diperbaiki dengan cepat. Hal tersebut dikatakan Heru saat ditemui di Pendopo Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Kamis (20/10/2022).

"Sedang dibahas. Sudah dibahas dengan asisten pembangunan. Sore saya kabarin," kata Heru.

Heru juga mengungkapkan, perbaikin masih terus dilakukan dan terdapat kemungkinan tambahan anggaran agar proses pengerjaan bisa lebih cepat.

"Tadi saya baru rapat. Kan masih ada kelanjutan perbaikan. Mungkin kita lihat apakah perlu ada pembahasan (tentang) tambahan anggaran dan lain-lain," jelas Heru.

Sebelumnya, Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Wibowo menceritakan kronologi terbakarnya kubah Masjid Jakarta Islamic Center di Koja, Jakarta Utara. Menurut dia, kebakaran terjadi sekitar pukul 15.30 WIB.

"Kejadian sekitar jam 15.30 WIB," ujar dia saat dikonfirmasi, Rabu (19/10/2022).

Menurut dia, di Masjid Jakarta Islamic Center tengah ada renovasi kubah. Sementara, bagian yang terbakar hanya kubah yang tengah diperbaiki.

"Jadi kubahnya ambruk. Kubahnya saja terbakar ambruk ke lantai dua dan lantai tiga. Jadi hanya kubah saja. Kebakaran tidak melebar ke mana-mana, hanya kubah saja," kata dia.

Meski diketahui tengah dalam perbaikan, dia belum berani memastikan apakah kebakaran tersebut bersumber dari kegiatan perbaikan tersebut atau bukan. Dia menyatakan masih menunggu laporan dari Labfor Polri.

"Jadi sedang ada pekerjaan renovasi kubah dimungkinkan bahwa kebakaran itu karena pekerjaan itu atau bukan kita masih menunggu hasil pemerisaan dari Labfor polri, saya sudah minta bantuan Labfor polri," kata dia.    

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya