Masa Jabatan Panglima TNI Tak Lebih dari Setahun, Yudo Margono: Yang Penting Kerja Maksimal

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono buka bicara terkait dengan jabatannya yang berlangsung kurang dari satu tahun.

oleh Liputan6.com diperbarui 20 Des 2022, 20:35 WIB
Diterbitkan 20 Des 2022, 20:35 WIB
Jenderal Andika Perkasa Resmi Serahkan Jabatan Panglima TNI ke Laksamana Yudo Margono
Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono menyampaikan sambutan pada acara serah terima jabatan Panglima di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, Selasa (20/12/2022). Yudo Margono dilantik sebagai Panglima TNI oleh Presiden Joko Widodo pada 19 Desember 2022 berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 91/TNI/2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Panglima Tentara Nasional Indonesia. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Panglima TNI Laksamana Yudo Margono buka bicara terkait dengan jabatannya yang berlangsung kurang dari satu tahun, sebelum dirinya pensiun pada 1 Desember 2023 nanti. Yudo menegaskan akan memaksimalkan masa baktinya tersebut selama mengembang tugas sebagai Panglima TNI.

"Saya dari dulu tidak pernah berpikir itu yang penting tugas berikutnya saya kerjakan dengan maksimal, dengan optimal. Tidak berpikir nanti hanya setahun mau berapa bulan dan sebagainya, tidak perlu dipikir," kata Yudo kepada wartawan, di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (20/12/2022).

Sebab yang ada dibenak sosok Mantan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) itu hanya menjalankan tugas dengan baik dan tidak ingin memikirkan perihal jabatan yang hanya dijabatnya sekitar satu tahun sejak dilantik 19 Desember 2022, kemarin.

"Karena kalau itu selalu dibenak kita itu terus kita melaksanakan tugas 'alah cuma setahun' nggak selesai-selesai, jadi mohon ini, polemik ini tolong jangan dianu lah. Ini akan menjadi apa ya, pembatas saya gitu. Jadi nggak usah di blow up seperti itu, jadi cukup," ucapnya.

Yudo menilai, kalau masa baktinya yang hanya tinggal kurang lebih satu tahun pastinya telah menjadi pertimbangan Presiden Joko Widodo memilihnya sebagai Panglima TNI menggantikan Jenderal Andika Perkasa.

"Semua sudah tahu bahwa apa namanya saya pensiun 1 Desember, semua sudah tahu. Saya kira Presiden pun sudah tahu kalau itu 1 Desember jadi nggak perlu 'gimana pak nanti cuma setahun?. Ya artinya ayo kita bersama-sama," ucapnya.

"Jika sepakat mari kita kerja sama untuk membesarkan TNI untuk menjaga kedaulatan menjaga persatuan dan kesatuan. Nah ini menjadi komitmen kita bersama lho, bukan TNI saja. Dengan komponen masyarakat harus bersama-sama menjaga itu ya," tambah dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Dialami Jendral Andika Perkasa

Jenderal Andika Perkasa Resmi Serahkan Jabatan Panglima TNI ke Laksamana Yudo Margono
Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono (kanan) salam komando dengan mantan Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa (kiri) pada acara serah terima jabatan Panglima di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, Selasa (20/12/2022). Yudo Margono dilantik sebagai Panglima TNI oleh Presiden Joko Widodo pada 19 Desember 2022 berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 91/TNI/2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Panglima Tentara Nasional Indonesia. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Senada dengan itu, Jenderal Andika Perkasa pun memahami kondisi yang hampir serupa dengan Yudo. Dimana, dia menjabat sebagai Panglima TNI hanya kurang lebih satu tahun dari sebelumnya sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD).

"Saya mengerti banget nih, saat ini Panglima TNI rasanya gimana. Karena apa? Karena setiap jabatan baru, walaupun kita sudah 34 tahun beliau di TNI, tapi tetap saja tugas atau jabatan baru itu perlu mengenali dulu," ujarnya.

"Nah di situ saya pernah merasa apa yang dirasakan oleh Pak Yudo sekarang dan akan saya beri masukan bila terjadi dinamika," tambah dia.

Semisal terkait dengan realisasi yang dilakukan semasa Andika menjabat sebagai Panglima TNI terkait penambahan infrastruktur alutsista akan disampaikan sebagai sharing pengalaman.

"Kebetulan juga penambahan infrastruktur tadi yang tahun ini saya lakukan yang perlu saya laporkan kepada pak yudo selaku Panglima. Sehingga begitu dinamika A terjadi mungkin beliau dengan dilaporkan dari saya, mungkin akan punya ide dan mengatasi dinamika tersebut," tuturnya.


Yudo Margono Resmi Jabat Panglima TNI

Banner Infografis Menanti Gebrakan Awal Panglima TNI Laksamana Yudo Margono. (Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Banner Infografis Menanti Gebrakan Awal Panglima TNI Laksamana Yudo Margono. (Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Sekedar informasi jika Laksamana Yudo Margono saat ini telah resmi menjabat sebagai Panglima TNI sesuai Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 91/TNI tahun 2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Panglima TNI pada Senin 19 Desember 2022.

Sementara untuk Jenderal Andika Perkasa sendiri usai lepas dari jabatan Panglima TNI, ia akan memasuki masa pensiun sebagai Perwira Tinggi (Pati) TNI hingga masuk waktu resmi pensiunnya pada 1 Januari 2023.

 

Reporter: Bachtiarudin Alam

Sumber: Merdeka.com

Infografis Menanti Gebrakan Awal Panglima TNI Laksamana Yudo Margono. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Menanti Gebrakan Awal Panglima TNI Laksamana Yudo Margono. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya