Heru Budi Kenang Pemikiran Ridwan Saidi: Kita Lanjutkan Melestarikan Budaya Betawi

Heru mengatakan banyak nasihat-nasihat dari Ridwan Saidi yang bisa diikuti. Khususnya, kata dia bagi para generasi muda.

oleh Winda Nelfira diperbarui 25 Des 2022, 19:07 WIB
Diterbitkan 25 Des 2022, 19:07 WIB
20160714- Gaya Ridwan Saidi Kecam Reklamasi Pantai Utara Jakarta
Budayawan Betawi Ridwan Saidi tertawa saat diskusi Reklamasi Pantai Utara Jakarta di Cikini, Jakarta, (14/7).Ridwan Saidi diskusi didampingi pengamat politik Renaissance Foundation Amir Hamzah dan Kamal. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Liputan6.com, Jakarta - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono melayat ke rumah duka budayawan Betawi Ridwan Saidi. Heru mengenang pemikiran Ridwan Saidi dan menyampaikan bahwa pemikiran itu harus dilanjutkan demi melestarikan budaya Betawi.

"Kami mengikuti pemikiran beliau, kenangan-kenangan terbaik. Mudah-mudahan pemikiran beliau bisa kita lanjutkan untuk melestarikan budaya Betawi," ujar Heru di rumah duka Bintaro, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Minggu (25/12/2022).

Heru mengatakan banyak nasihat-nasihat dari Ridwan Saidi yang bisa diikuti. Khususnya, kata dia bagi para generasi muda.

Oleh sebab itu, Heru menyatakan sangat merasa kehilangan. Dia pun mengucapkan bela sungkawa atas berpulangnya salah satu tokoh kebanggaan masyarakat Betawi itu.

"Pemprov DKI ya bersama Pak Deputi di sini juga ada Kepala Dinas Kebudayaan terutama turut berduka cita atas wafatnya Pak Ridwan Saidi, beliau adalah tokoh Betawi, kedua tokoh sejarah, dan beliau banyak tahu mengenai sejarah Betawi, mengenai sejarah DKI," kata Heru.

Diketahui, Budayawan Betawi Ridwan Saidi meninggal dunia. Informasi diterima, almarhum tutup usia pada pagi ini pukul 08.35 WIB di RSPI Bintaro Tangerang Selatan.

“Inna lillahi wa inna ilayhi roji’un, Telah berpulang dengan tenang Suami, Ayah dan Dato kami tercinta Bapak Ridwan Saidi pada hari Ahad, 25 Desember 2023 pukul 08:35 WIB,” tulis pesan singkat yang disampaikan oleh pihak keluarga, Minggu (25/12/2022).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Meninggal di Usia 80 Tahun

Almarhum tutup usia pada usia 80 tahun. Pria kelahiran Jakarta ini semasa hidupnya dikenal sebagai budayawan Betawi, sejarawan, dan intelektual Islam.

Menurut catatan, alamarhum juga merupakan mantan anggota DPR melalui Partai Persatuan Pembangunan (PPP) pada tahun 1977-1987. Dia tercatat sebagai lulusan Fakultas Ilmu-ilmu Sosial (FIS) Universitas Indonesia.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya