Budayawan Ridwan Saidi Dimakamkan di TPU Karet Bivak

Budayawan Betawi sekaligus politikus, Ridwan Saidi, mengembuskan nafas terakhir pada pukul 08.35 WIB, Minggu (25/12/2022) di RSPI Bintaro, Tangerang Selatan.

oleh Liputan6.com diperbarui 25 Des 2022, 17:03 WIB
Diterbitkan 25 Des 2022, 13:44 WIB
Peringati Hari Pancasila, Politisi dan Seniman Gelar Tadarus Puisi Ramadhan
Budayawan, Ridwan Saidi membacakan Puisi Musikal di Acara Tadarus Puisi Ramadhan di Teater Kecil, Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Kamis (1/6). Acara tersebut dihadiri atau diisi oleh politisi, seniman dan budayawan. (Liputan6.com/Helmi Afandi)

 

Liputan6.com, Jakarta Budayawan Betawi sekaligus politikus, Ridwan Saidi, mengembuskan nafas terakhir pada pukul 08.35 WIB, Minggu (25/12/2022) di RSPI Bintaro, Tangerang Selatan. Ridwan dimakamkan di TPU Karet Bivak hari ini.

Hal tersebut diungkapkan anggota DPR fraksi Gerindra Ahmad Muzani usai berkunjung ke rumah duka.

"Ba'da Azhar akan dimakamkan rencananya di Karet Bivak," katanya kepada awak media, Minggu (25/12/2022).

Muzani mengatakan, sosok Ridwan merupakan saksi hidup bukti perjalanan bangsa Indonesia. Dia pun mengaku telah mengenal Ridwan sejak 1990.

"Seorang yang menjadi saksi dari setiap peristiwa sejarah, almarhum H Ridwan Saidi bin Abdul Rahman. Beliau adalah ensiklopedia hidup yang bisa menceritakan setiap episode sejarah bangsa Indonesia, dan hari ini beliau telah wafat di usia 80 tahun," ucap dia.

"Beliau adalah oramg yang sangat menguasai sejarah, beliau orang yang sangat menguasai zetiap episode perjalanan bangsa," sambung Muzani.

Menurut dia, Budayawan Betawi itu adalah orang yang banyak menghabiskan waktunya dalam bidang kebudayaan dan keseniannya. Terlebih Ridwan, adalah orang yang kaya akan intelektualnya yang dapat menceritakan bang dan agama dari berbagai sisi.

"Sehingga saya merasa kehilangan beliau," tutur dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Berasal dari Cuitan Fadli Zon

Awal berita meninggalnya Ridwan Saidi pertama kali diungkapkan oleh politikus Partai Gerindra Fadli Zon lewat akun Twitternya.

"Selamat jalan Bang Ridwan Saidi … Innalillahi wainnailaihi raajiun. Kabar dari putra-putri beliau Bang Ridwan Saidi telah wafat pagi ini jam 08.35 WIB di RSPI Bintaro. Insya Allah husnul khotimah. Bang RS seorang teman diskusi yang luar biasa, wawasan dan pengalamannya luas. Al Fatihah," tulis Fadli.

Menurut dia, Ridwan Saidi adalah politikus kawakan, pemikir, penulis, sastrawan, dan budayawan. Fadli mengenalnya lebih dari 30 tahun lalu.

"Saya kenal lebih dari 30 tahun lalu. Ribuan koleksi buku kuno dan seratusan piringan hitamnya sudah terintegrasi di ⁦@FadliZonLibrary sejak 2009. Merasa kehilangan tokoh hebat ini," ucap Fadli.

 

Reporter: Rahmat Baihaqi

Sumber: Merdeka

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya