Cuaca Besok Jumat 30 Desember 2022, Seharian Hujan Guyur Jabodetabek

Perigatan dini cuaca BMKG juga mengungkap potensi hujan angin dibarengi petir yang bakal terjadi di sebagian titik Jabodetabek.

oleh Maria Flora diperbarui 29 Des 2022, 11:10 WIB
Diterbitkan 29 Des 2022, 09:59 WIB
Aktivitas Warga di Tengah Ancaman Cuaca Ekstrem
Warga berjalan di JPO Bundaran HI, Jakarta, Rabu (28/12/2022). Walau sempat disebutkan ada potensi badai dahsyat yang melanda kawasan Jakarta–Bogor–Depok–Tangerang–Bekasi (Jabodetabek) pada hari ini, warga Jakarta terpantau masih banyak beraktivitas di luar ruangan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan terjadi di seluruh wilayah DKI Jakarta, pada Jumat, 30 Desember 2022.

Hujan intensitas ringan hingga sedang terjadi pada pagi hingga malam hari di setiap titik Ibu Kota. Bahkan sebagian berpotensi dibarengi petir.  

"Waspada potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir di sebagian wilayah Jakbar, Jaksel dan Jakut pada pagi dan siang hari; Jakut dan Jakbar pada dini hari," jelas BMKG diperingatan dini cuaca, Jumat. 

Potensi yang sama juga terjadi di daerah penyangga Jakarta. Bogor, Depok, Bekas, dan Tangerang dilaporkan BMKG bakal diguyur hujan disusul petir dan angin kencang, pada siang hingga malam hari. 

Sementara, hujan juga turun di pagi hari dengan intensitas ringan, terkecuali Tangerang. 

 

"Waspada potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada pagi hari di wilayah Kota Depok, Kab dan Kota Bekasi, Kab Karawang, Kab Subang, Kab Bogor, siang hingga malam hari di wilayah Kab Sukabumi, Kab dan Kota Bogor, Kota Depok, Kab dan Kota Bekasi," jelas BMKG. 

Berikut informasi prakiraan cuaca untuk wilayah Jabodetabek selengkapnya yang dikutip Liputan6.com dari laman resmi BMKG www.bmkg.go.id:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

 Kota  Pagi  Siang  Malam
 Jakarta Barat  Hujan Sedang  Hujan Sedang  Hujan Ringan
 Jakarta Pusat  Hujan Sedang  Hujan Ringan  Hujan Ringan
 Jakarta Selatan  Hujan Sedang  Hujan Ringan  Hujan Ringan
 Jakarta Timur  Hujan Sedang  Hujan Ringan  Hujan Ringan
 Jakarta Utara  Hujan Sedang  Hujan Ringan  Hujan Ringan
 Kepulauan Seribu  Hujan Sedang  Hujan Ringan  Hujan Ringan
 Bekasi  Hujan Sedang  Hujan Sedang  Hujan Ringan
 Depok  Hujan Ringan  Hujan Sedang  Hujan Ringan
Bogor Hujan Ringan Hujan Sedang Hujan Ringan
Tangerang  Hujan Ringan  Hujan Lebat  Berawan

Cuaca Ekstrem, BMKG Prediksi Hujan Sangat Lebat Terjadi 30 Desember 2022

Cuaca Ekstrem Melanda Jakarta
Pengendara motor menggunakan jas hujan saat hujan deras mengguyur kawasan Jalan Thamrin, Jakarta, Selasa (31/5/2022). Potensi cuaca ekstrem di sejumlah wilayah di Indonesia pada hari ini dipengaruhi oleh kemunculan bibit siklon tropis 92S di Samudera Hindia selatan Jawa Barat. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sementara itu, Kepala Pusat Meteorologi Publik Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Fachri Radjab mengatakan bahwa hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, bahkan sangat lebat berpotensi terjadi hingga awal Januari 2023. Pernyataan ini menyusul adanya kabar terjadinya badai dahsyat pada hari ini, Rabu (28/12/2022).

"Peningkatan curah hujan dengan intensitas lebat hingga sangat lebat berpotensi terjadi pada tanggal 30 Desember 2022," tutur Fachri kepada wartawan terkait prediksi cuaca ekstrem.

Ada pun terkait badai, lanjutnya, masyarakat perlu memiliki pandangan yang sama terkait terminologi dari istilah tersebut.

"Badai menurut terminologi meteorologi adalah bagian hujan lebat dan angin kencang yang biasanya terkait dengan siklon tropis atau angin kencang yang menyertai cuaca buruk berkecepatan sekitar 64-72 knot," jelasnya.  

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto menambahkan, bahwa kecil kemungkinan peluang terjadinya fenomena alam badai. Hal itu merujuk dari berbagai parameter yang ada.

"Berdasarkan Prakiraan cuaca BMKG, pada 28 Desember 2022 pada umumnya adalah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat namun bukan badai," ujarnya.

Guswanto pun mengimbau masyarakat tetap tenang dan rutin memperbaharui informasi melalui kanal resmi BMKG. Namun begitu, tetap perlu waspada dengan segala potensi bencana hidrometeorologi di penghujung tahun.


Soal Cuaca Ekstrem, Jokowi Minta Masyarakat Ikuti Informasi BMKG

Presiden Joko Widodo atau Jokowi angkat bicara mengenai kepastian kenaikan harga BBM Subsidi.
Presiden Joko Widodo atau Jokowi angkat bicara mengenai kepastian kenaikan harga BBM Subsidi. Ia menegaskan, soal ini masih dilakukan penghitungan. (Sumber: YouTube Sekretariat Presiden)

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi juga meminta semua masyarakat untuk mengikuti semua informasi yang disampaikan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) terkait potensi cuaca ekstrem.

Adapun BMKG merilis potensi cuaca ekstrem yang dapat terjadi dalam sepekan sejak 21 Desember hingga 1 Januari 2023.

"Ikuti semua informasi dan ikuti semua yamg disampaikan oleh BMKG," kata Jokowi singkat kepada wartawan di Istana Negara Jakarta, Rabu (28/12/2022).

Sebelumnya, Kepala Pusat Meteorologi Publik Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Fachri Radjab mengatakan bahwa hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, bahkan sangat lebat berpotensi terjadi hingga awal Januari 2023. Pernyataan ini menyusul adanya kabar terjadinya badai dahsyat pada hari ini, Rabu (28/12/2022).

"Peningkatan curah hujan dengan intensitas lebat hingga sangat lebat berpotensi terjadi pada tanggal 30 Desember 2022," tutur Fachri kepada wartawan terkait prediksi cuaca ekstrem.

Sementara terkait badai, lanjutnya, masyarakat perlu memiliki pandangan yang sama terkait terminologi dari istilah tersebut.

"Badai menurut terminologi meteorologi adalah bagian hujan lebat dan angin kencang yang biasanya terkait dengan siklon tropis atau angin kencang yang menyertai cuaca buruk berkecepatan sekitar 64-72 knot," jelasnya.

Infografis Waspada Cuaca Ekstrem di Indonesia Jelang Libur Natal dan Tahun Baru 2023. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Waspada Cuaca Ekstrem di Indonesia Jelang Libur Natal dan Tahun Baru 2023. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya