Pantau Imlek 2023, Kapolda Metro Jaya Sambangi Kelenteng Tertua di Tangerang

Kedatangan Kapolda Metro Jaya untuk memastikan perayaan perayaan Imlek 2023 khususnya di Kota Tangerang, Wilayah Hukum Polres Metro Tangerang kota berjalan aman dan damai.

oleh Pramita Tristiawati diperbarui 22 Jan 2023, 16:29 WIB
Diterbitkan 22 Jan 2023, 16:27 WIB
Tahun Baru Imlek 2023, Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran untuk mengunjungi Vihara Boen Tek Bio di Kelurahan, Sukasari, Kecamatan Tangerang.
Tahun Baru Imlek 2023, Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran untuk mengunjungi Vihara Boen Tek Bio di Kelurahan, Sukasari, Kecamatan Tangerang, Minggu (22/1/2023). (Liputan6.com/ Pramita Tristiawati)

Liputan6.com, Jakarta - Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Fadil Imran untuk mengunjungi Vihara Boen Tek Bio yang berlokasi di Jalan Bhakti No. 14 RT. 004 RW 004 Kelurahan, Sukasari, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang.

Kelenteng ini merupakan yang tertua di Provinsi Banten dan salah satu yang tertua juga di Indonesia. Usianya sudah 338 tahun, atau dibangun sejak tahun 1684, di mana saat itu Pecinan Benteng berkembang pesat di Tanah Jawara.

Kapolda mendatangi tempat sembahyang umat keturunan Tionghoa itu dengan didampingi Kapolres Kombes Pol Zain Dwi Nugroho, sementara para umat tengah beribadah menyambut tahun baru Imlek 2023.

Dengan didampingi pengurus klenteng, Kapolda diperlihatkan dan dijelaskan berbagai ruang untuk berdoa umat Tionghoa. Dia pun sempat menyapa warga yang datang untuk berdoa.

Kedatangan Kapolda dan rombongan untuk memastikan perayaan perayaan Imlek kali ini khususnya di Kota Tangerang, Wilayah Hukum Polres Metro Tangerang Kota berjalan aman dan damai.

"Saya ingin memastikan seluruh vihara, kelenteng dan tempat persembahyangan menyambut Tahun Baru Imlek 2023, khususnya di Tangerang Kota, berjalan dengan aman dan lancar," kata Fadil.

Kapolda beranjak meninggalkan Vihara Boen Tek Bio setelah 15 menit melakukan kunjungan. Kedatangannya diterima oleh ketua yayasan Romo Rubi Santamoko dilanjutkan dengan pengecekan di area tempat peribadatan di Vihara Boen Tek Bio.

"Seperti yang Anda lihat masyarakat di sini guyub dan rukun, Vihara Boen Tek Bio adalah kelenteng tertua di Tangerang," ujar Fadil kepada sejumlah wartawan di lokasi.

"Selamat merayakan Tahun Baru Imlek, bagi yang usaha, usahanya makin maju rejekinya makin lancar. Bagi yang karier bekerja pemerintahan kariernya makin maju. Bagi kita semua persaudaraan sebagai bangsa diperkuat perkokoh," tandas Fadil.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Jokowi Ucapkan Selamat Tahun Baru Imlek

Khidmat Sembahyang Imlek di Wihara Buddha Tidur
Suasana Wihara Buddha Dharma & Pho Sat saat perayaan Tahun Baru Imlek 2574 di , Tajur Halang, Bogor, Minggu (22/1/2023). Wihara Buddha Dharma & Pho Sat atau yang juga dikenal dengan Wihara Buddha Tidur menjadi salah satu tempat ibadah warga Tionghoa dalam merayakan Tahun Baru Imlek sebagai ungkapan rasa syukur atas rejeki dan keselamatan dari tuhan serta untuk pengharapan kehidupan lebih baik di tahun Kelinci Air. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan Selamat Tahun Baru Imlek 2023 kepada masyarakat yang merayakannya. Dia berharap, tahun kelinci air ini membawa kebahagian dan kemajuan bagi semua.

"Masa berganti, tahun berlalu, dan tantangan boleh berubah, tetapi satu yang harus selalu hadir yaitu harapan bahwa esok akan lebih bahagia, sejahtera, dan semakin maju. Gong xi fa cai," tulis Jokowi dikutip dari akun Instagram resminya, Minggu (22/1/2023).

Jokowi juga mengunggah gambar animasi yang berisi suasana perayaan Imlek 2023. Isinya mengenai keluarga yang tengah berkumpul dan makan bersama dan mereka memakai topi melambangkan 12 shio. Ada pula barongsai dan kelinci.

Terlihat pula sejumlah anak yang tengah bermain lato-lato dan kucing warna oranye yang memakai kostum barongsai tengah memanjat pohon yang berisi jeruk dan angpao.

Gambar yang diunggah Jokowi tersebut dilengkapi dengan musik khas Imlek.


Wihara Dharma Bakti Petak Sembilan Buka 24 Jam, Pengunjung Tak Dibatasi

Suasana Wihara Dharma Bakti, Petak Sembilan, Glodok, Jakarta Barat saat Imlek 2023
Suasana Wihara Dharma Bakti, Petak Sembilan, Glodok, Jakarta Barat saat Imlek 2023, Minggu (22/1/22023). (Liputan6.com/ Muhammad Radityo Priyasmoro)

Wihara Dharma Bakti di kawasan Petak Sembilan, Glodok, Jakarta Barat ramai disambangi pengunjung yang beribadah menyambut Tahun Baru Imlek 2023.

Pantauan di lokasi, pukul 11.00 WIB, Minggu (22/1), Wihara Dharma Bakti, tampak menyala dengan ornamen berwarna merah. Tidak hanya dipadati oleh umat yang beribadah namun juga masyarakat umum yang penasaran dengan prosesi doa warga keturunan Tionghoa itu.

Menurut Ketua Yayasan Wihara Dharma Bhakti, Shirley Wijaya, dengan dicabutnya kebijakan Pelaksanaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), operasional klenteng yang berdiri di Jakarta sejak tahun 1650 ini dilakukan selama 24 jam.

"Perayaan Tahun Baru Imlek di Wihara Dharma Bhakti Petak Sembilan, akan diselenggarakan secara maksimal selama 24 jam dan jumlah pengunjung tidak dibatasi," kata Shirley kepada awak media di lokasi, Minggu (22/1/2023).

Meski lebih longgar, Shirley menegaskan, pengunjung tetap diwajibkan mentaati protokol kesehatan dan dalam keadaan sehat.

"Syarat masuk ke Wihara Dharma Bhakti, dalam keadaan sehat, memakai masker dan menjaga ketertiban saat memasuki rumah ibadah, juga dengan tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penularan COVID-19," kata dia.

Infografis Tradisi Tahun Baru Imlek
Tradisi-tradisi saat perayaan Tahun Baru Imlek (dok.Liputan6.com/Trie Yasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya