Tim Kecil Demokrat-NasDem-PKS Bertemu, Bahas Penegasan AHY Dukung Anies Capres 2024

Perwakilan atau utusan tim kecil Anies Baswedan, Sudirman Said mengungkapkan pertemuan yang dilakukan NasDem, Demokrat dan PKS pada Jumat (27/1).

oleh Jonathan Pandapotan Purba diperbarui 31 Jan 2023, 10:02 WIB
Diterbitkan 27 Jan 2023, 18:17 WIB
Perwakilan atau utusan tim kecil Anies Baswedan, Sudirman Said, mengungkapkan pertemuan yang dilakukan NasDem, Demokrat dan PKS pada Jumat (27/1).
Perwakilan atau utusan tim kecil Anies Baswedan, Sudirman Said, mengungkapkan pertemuan yang dilakukan NasDem, Demokrat dan PKS pada Jumat (27/1) (Sumber: Alma Fikhasari/Merdeka.com)

Liputan6.com, Jakarta - Perwakilan atau utusan tim kecil Anies Baswedan, Sudirman Said, mengungkapkan pertemuan yang dilakukan NasDem, Demokrat dan PKS pada Jumat (27/1).

Dia mengatakan, pertemuan kali ini untuk menegaskan bahwa Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mendukung Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) 2024.

"Hari ini bertemu untuk mendengar berbagai progres atau update dari masing-masing partai politik. Tentu yang paling baru adalah kita tahu kemarin Pak Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) Ketua Umum Partai Demokrat mengeluarkan rilis atau statement bahwa telah secara resmi mendukung pencalonan (Anies sebagai capres)," kata Sudirman Said, usai pertemuan tim kecil.

Dia pun mengaku, bersyukur atas pernyataan AHY mendukung pencalonan Anies. Sebab, semakin dekat menuju pengusungan Anies di Pilpres 2024.

"Kita syukuri sebagai suatu progres karena dengan begitu maka kita sudah mencapai mendekati 20 persen tinggal satu lagi dan insyaAllah kita doakan mudah-mudahan teman kita dari PKS juga akan menyusul pernyataan semacam itu (dukung Anies)," ucapnya.


Tunggu PKS

Sudirman Said mengungkapkan, di dalam internal PKS tinggal menunggu finalisasi untuk mendeklarasikan dukungan terhadap Anies. Sehingga, setelah PKS mengumumkan, Anies bisa diusung pada Pilpres 2024.

"Kita tunggu proses internal yang sedang berlangsung dan dalam proses finalisasi mudah-mudahan," imbuh Sudirman Said.


Cari Waktu yang Tepat

Sementara itu, Wakil Ketua Majelis Syura PKS Sohibul Iman mengatakan jika partainya tengah menunggu waktu yang tepat untuk mendeklarasikan dukungan kepada Anies.

"Kami di PKS tentu juga terus melakukan proses internal kita dan pada waktunya kami tentu juga akan menyampaikan deklarasi sebagaimana Nasdem maupun Demokrat," kata Sohibul.

Namun, dia menegaskan bahwa PKS sudah mendukung Anies sebagai capres di 2024. Tinggal menunggu waktu yang tepat untuk deklarasi.

"Saya katakan kalau PKS ini tidak dukung Pak Anies maka tidak mungkin saya ada terus-terusan di dalam tim kecil ini, saya dalam tim kecil ini adalah merupakan utusan resmi partai jadi kalau saya terlibat di tim kecil ini menunjukkan bahwa memang PKS dukung Anies, masalahnya deklarasi kapan itu adalah proses internal kami jadi kami tuntaskan itu nanti pada waktunya kami akan mendeklarasikan," imbuhnya.

Sumber: Alma Fikhasari/Merdeka.com

Infografis Manuver Pertemuan Anies Baswedan dan Surya Paloh
Infografis Manuver Pertemuan Anies Baswedan dan Surya Paloh. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya