Wakili Indonesia, Politisi Muda Sumut Raih Penghargaan di Internasional 4th ASEAN-India Youth Summit

Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara, Meryl Rouli Saragih, berangkat ke Hyderabad, Telangana, India untuk mengikuti the 4th ASEAN-India Youth Summit. Diketahui, Meryl menjadi wakil Indonesia dalam ajang internasional yang bertemakan "Strengthening ASEAN India Partnership in the Indo-Pacific”.

oleh Muhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 17 Feb 2023, 22:46 WIB
Diterbitkan 17 Feb 2023, 20:00 WIB
Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara, Meryl Rouli Saragih, menerima penghargaan “Youth Award” di acara the 4tn ASEAN-India Youth Summit (Istimewa)
Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara, Meryl Rouli Saragih, menerima penghargaan “Youth Award” di acara the 4tn ASEAN-India Youth Summit (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara, Meryl Rouli Saragih, berangkat ke Hyderabad, Telangana, India untuk mengikuti the 4th ASEAN-India Youth Summit. Diketahui, Meryl menjadi wakil Indonesia dalam ajang internasional yang bertemakan "Strengthening ASEAN India Partnership in the Indo-Pacific”.

"Saya dinominasi oleh Konsulat India di Medan untuk mewakili sebagai delegasi Indonesia, utamanya sebagai perwakilan dari pemerintah dan bidang politik," kata Meryl dalam keterangan pers diterima, Jumat (17/2/2023).

Meryl mengaku, sepanjang ajang tersebut terus berdialog dan bediskusi dengan delegasi dari negara lain soal bagaimana memperkuat hubungan partnership negara-negara ASEAN-India di kawasan Indo-Pasifik. Menurut dia, salah satu hal dibahas bersama para peserta di forum internasional yang berlangsung pada 12-16 Februari 2023 adalah soal e-voting.

"Ini untuk menjajaki sistem pemungutan suara elektronik (e-voting) yang sudah berhasil dilakukan di India sebagai negara demokrasi terbesar di dunia,” jelas wakil rakyat asal PDI Perjuangan ini.

Meryl menjelaskan, e-voting atau Pemilihan Umum berbasis Elektronik yang sudah berhasil dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) India pada Pemilu India tahu 2019. India sebagai negara demokrasi terbesar di dunia menerapkan e-voting untuk efektifitas dan efisiensi karena jumlah penduduk India yang sangat besar.

"Tentunya dengan jaringan pengamanan siber yang mumpuni. Oleh sebab itu Saya juga melakukan riset mengenai bagaimana penerapan e-voting ini kedepannya juga dapat dilakukan di Indonesia," ungkap dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Youth Award

Meryl dalam kesempatan ini menerima penghargaan “Youth Award” atas partisipasi dan masukan serta usulan yang diberikan selama acara berlangsungdari the 4tn ASEAN-India Youth Summit.

Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Gubernur Telangana, Dr. Tamilisai Soundararajan dan Menteri Negara Urusan Luar Negeri dan Pendidikan India, Dr. Rajkumar Ranjan Singh.

“Saya ucapkan terimakasih atas penghargaan dan apresiasi yang diberikan. Ini semua untuk Indonesia” Meryl menutup.

Diketahui, para peserta yang hadir adalah figur pemimpin muda, politisi, think thank, pengusaha dan lainnya dari 10 negara ASEAN dan India. Selama 5 hari konferensi ini diisi oleh Key Opinion Leaders dan Stakeholder di bidang Pemerintahan, Politik, Ekonomi, Pariwisata, Kewirausahaan, Akademisi dlsb berdiskusi untuk mempererat dan memperkuat hubungan bilateral antara negara ASEAN dan India.

Infografis Harapan & Langkah Nyata G20 Jadi Katalis Pemulihan Ekonomi
Infografis Harapan & Langkah Nyata G20 Jadi Katalis Pemulihan Ekonomi (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya