Mahfud Md sampai Wamen ATR Kunjungi IKN, Tinjau Bendungan Sepaku-Semoi

Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Raja Juli Antoni melakukan kunjungan kerja ke Ibu kota Nusantara (IKN) di Kabupaten Panajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

oleh Liputan6.com diperbarui 13 Apr 2023, 20:44 WIB
Diterbitkan 13 Apr 2023, 20:44 WIB
Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Raja Juli Antoni
Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Raja Juli Antoni melakukan kunjungan kerja ke Ibu kota Nusantara (IKN) di Kabupaten Panajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Adapun dia bersama Menko Polhukam Mahfud Md, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar. (Foto: Istimewa).

Liputan6.com, Jakarta Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Raja Juli Antoni melakukan kunjungan kerja ke Ibu kota Nusantara (IKN) di Kabupaten Panajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Adapun dia bersama Menko Polhukam Mahfud Md, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar.

Dalam kesempatan itu, dia menegaskan proses pengadaan tanah Bendungan Sepaku-Semoi yang direncanakan sebagai pemasok air baku ke IKN telah mencapai 93 persen.

"Per tanggal 16 Maret bulan lalu, alhamdulilah sudah dilaksanakan penyerahan hasil pada 351 bidang tanah sesuai dengan berita acara," kaya Raja dalam keterangannya, Kamis (13/4/2023).

Politikus PKS ini mengungkapkan, masih ada sisa 37 hektar tanah lagi yang masih dalam proses pengadaannya. Pihaknya terus mempercepat proses ini sehingga pembangunan bisa dilakukan sesuai dengan rencana.

"Sejauh apa yang sudah dilaksanakan sampai hari ini, sesuai dengan arahan Pak Menteri ke depan kami ingin melakukan akselerasi sehingga pengadaan tanah dapat segera tercapai 100%," kata Raja.

Dia pun memastikan proses pengadaan tanah pada sisa bidang tanah yang dimaksud akan dilaksanakan secara aman dan damai serta memegang prinsip saling menguntungkan antara negara dan masyarakat.

"Dalam proses realisasi, kami melakukan inventarisasi dan identifikasi hingga musyawarah untuk menghindari hal-hal yang negatif di masa mendatang," jelas Raja.

Dia pun menegaskan, proses pengadaan tanah bukan hanya terkait bendungan saja.

Terdapat hal lain seperti Instansi Pengolahan Air Limbah dan Tempat Pengolahan Sampah, Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM), Jembatan Pulau Dalang Bentak Pendek, dan lain sebagainya yang juga berjalan dengan lancar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Rumah Sakit Pertama di IKN Nusantara Dibangun Mei 2023

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan kepada Otorita Ibu Kota Nusantara (Otorita IKN) untuk segera membangun sarana dan prasarana pendidikan serta kesehatan di Ibu kota Nusantara (IKN). Hal tersebut diungkap oleh Wakil Ketua otorita IKN Dhony Rahajoe.

“Untuk pendidikan, ini juga ada arahan dari Presiden untuk mempercepat pembangunan sekolah,” kata Dhony Rahajoe dikutip dari Antara, Rabu (12/4/2023).

Pemerintah akan memberikan bantuan untuk mempercepat penyelenggaraan sekolah unggul dan berkualitas di IKN Nusantara.

Di sektor kesehatan, dalam waktu dekat akan terpilih proyek rumah sakit unggul yang akan dibangun. Dia menyebut pada Mei 2023, sudah ada kepastian mengenai rumah sakit yang akan dibangun pertama kali di IKN.

”Ada beberapa rumah sakit yang sudah berminat dan segera kita umumkan. Mudah-mudahan di Mei 2023 sudah ada yang terpilih RS unggul yang harus ada kerja samanya dengan internasional," kata Dhony.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya