Top 3 News: Pendaftaran Beasiswa Kuliah untuk 1.000 Santri Dibuka, Ini Syarat dan Ketentuannya

Kementerian Agama (Kemenag) membuka Pendaftaran Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) 2024 mulai Rabu 3 Juli 2024. Itulah top 3 news hari ini.

oleh Devira PrastiwiNanda Perdana PutraLizsa EgehamTim News diperbarui 04 Jul 2024, 08:30 WIB
Diterbitkan 04 Jul 2024, 08:30 WIB
Kementerian Agama (Kemenag) membuka Pendaftaran Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) 2024 mulai Rabu 3 Juli 2024. Itulah top 3 news hari ini.
Kementerian Agama (Kemenag) membuka Pendaftaran Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) 2024 mulai Rabu 3 Juli 2024. Itulah top 3 news hari ini. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Agama (Kemenag) membuka Pendaftaran Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) 2024 mulai Rabu 3 Juli 2024. Itulah top 3 news hari ini.

Periode pendaftaran beasiswa kuliah untuk 1.000 santri ini berlangsung pada 3-13 Juli 2024. Inforrmasi tersebut disampaikan Plt Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren) Kemenag Waryono Abdul Ghofur.

Waryono mengatakan, banyak peluang bagi santri untuk mendapatkan beasiswa. Tahun ini, PBSB dibuka pada pilihan 35 perguruan tinggi mitra dan 97 program studi melalui skema pemanfaatan Dana Abadi Pesantren (DAP).

Sementara itu, Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan pabrik baterai mobil listrik pertama dan terbesar di Asia Tenggara, Rabu 3 Juli 2024. Pabrik yang berlokasi di Karawang, Jawa Barat ini merupakan milik PT Hyundai LG Indonesia (HLI) Greenpower Indonesia.

Jokowi berharap keberadaan pabrik sel baterai kendaraan listrik menjadikan Indonesia sebagai pemain penting dalam global supply chain untuk kendaraan listrik. Terlebih, Indonesia memiliki sumber daya alam melimpah.

Menurut Jokowi, proyek besar ini tercapai berkat keberanian Executive Chairman Hyundai Motor Group Euisun Chung dalam mengeksekusinya, meski di tengah pandemi Covid-19. Jokowi pun menargetkan Indonesia bisa menjadi pemasok ekosistem kendaraan listrik dunia.

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah terkait Wakil presiden terpilih periode 2024-2029 Gibran Rakabuming Raka merespons kabar kedatangannya ke Jakarta dalam rangka bertemu sejumlah tokoh.

Berdasarkan informasi, salah satu tujuannya terkait dengan urusan pemerintahan selanjutnya. Gibran menyatakan, pertemuannya dengan sejumlah tokoh terbilang hampir setiap hari. Ada banyak masukan yang diberikan selama momen silaturahmi.

Gibran sendiri selama di Jakarta sibuk dengan agenda blusukan. Untuk Rabu 3 Juli 2024, ada tiga titik yang disambangi yakni Kampung Manggis, Jakarta Selatan; Kampung Deret, Jakarta Pusat; dan Pasar Nangka, Jakarta Pusat.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Rabu 3 Juli 2024:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Pendaftaran Beasiswa Kuliah untuk 1.000 Santri Dibuka, Ini Syarat dan Ketentuannya

Hari Santri
Santri-santri El Bayan dalam acara “Shalawat Untuk Negeri”. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo).

Kementerian Agama (Kemenag) membuka Pendaftaran Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) 2024 mulai Rabu 3 Juli 2024.

Periode pendaftaran beasiswa kuliah untuk 1.000 santri ini berlangsung pada 3-13 Juli 2024.

"Alhamdulillah, pendaftaran PBSB secara online dibuka mulai 3 Juli 2024. PBSB ini peluang bagi para santri di seluruh Indonesia. Oleh karena itu, kami mengundang para santri untuk mengambil kesempatan dan mendaftarkan diri dengan melengkapi persyaratan yang sudah ditentukan,” ujar Plt Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren) Kemenag, Waryono Abdul Ghofur, Selasa 2 Juli 2024.

Dikatakan Waryono, banyak peluang bagi santri untuk mendapatkan beasiswa. Tahun ini, PBSB dibuka pada pilihan 35 perguruan tinggi mitra dan 97 program studi melalui skema pemanfaatan Dana Abadi Pesantren (DAP).

Kuota beasiswa PBSB tahun ini ditargetkan bagi 1.000 santri untuk melanjutkan studi ke jenjang Strata satu (S1), Strata dua (S2), dan Strata tiga (S3).

 

Selengkapnya...


2. Jokowi Resmikan Pabrik Baterai Mobil Listrik Pertama di As

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan pabrik baterai mobil listrik pertama dan terbesar di Asia Tenggara
Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan pabrik baterai mobil listrik pertama dan terbesar di Asia Tenggara. (Merdeka).

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan pabrik baterai mobil listrik pertama dan terbesar di Asia Tenggara, Rabu 3 Juli 2024.

Pabrik yang berlokasi di Karawang, Jawa Barat ini merupakan milik PT Hyundai LG Indonesia (HLI) Greenpower Indonesia.

Jokowi berharap keberadaan pabrik sel baterai kendaraan listrik menjadikan Indonesia sebagai pemain penting dalam global supply chain untuk kendaraan listrik. Terlebih, Indonesia memiliki sumber daya alam melimpah.

"Hari ini kita telah memulai babak baru dalam meletakkan sebuah tonggak komitmen kita untuk menjadi pemain global di ekosistem EV cell baterai dan electric vehicle," kata Jokowi saat peresmian di PT Hyundai LG Indonesia (HLI) Green Power, Karawang, Jawa Barat, Rabu 3 Juli 2024.

"Kita memiliki sumber daya alam yang melimpah, tetapi berpuluh tahun hanya kita export dalam bentuk raw material, dalam bentuk bahan mentah, tidak memiliki nilai tambah tapi material kita semakin hari semakin habis," sambungnya.

 

Selengkapnya...


3. Disebut ke Jakarta untuk Bertemu Tokoh, Gibran: Tiap Hari Pun Bertemu

Wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka blusukan di DKI Jakarta.
Wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka blusukan di DKI Jakarta. (Nanda Perdana Putra).

Wakil presiden terpilih periode 2024-2029 Gibran Rakabuming Raka merespon kabar kedatangannya ke Jakarta dalam rangka bertemu sejumlah tokoh. Berdasarkan informasi, salah satu tujuannya terkait dengan urusan pemerintahan selanjutnya.

Gibran menyatakan, pertemuannya dengan sejumlah tokoh terbilang hampir setiap hari. Ada banyak masukan yang diberikan selama momen silaturahmi.

"Saya tiap hari ketemu tokoh, tiap hari mendapat masukan-masukan dari para senior, dan ini masa-masa yang baik untuk saling bersilaturahmi," tutur Gibran di Pasar Nangka, Senen, Jakarta Pusat, Rabu 3 Juli 2024.

Gibran sendiri selama di Jakarta sibuk dengan agenda blusukan. Untuk hari ini, ada tiga titik yang disambangi yakni Kampung Manggis, Jakarta Selatan; Kampung Deret, Jakarta Pusat; dan Pasar Nangka, Jakarta Pusat.

 

Selengkapnya...

Infografis Jokowi dan Keluarga Dilaporkan Kolusi-Nepotisme ke KPK. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Jokowi dan Keluarga Dilaporkan Kolusi-Nepotisme ke KPK. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya