Menara Pandang Banjarmasin, Spot Wisata Komplet untuk Nikmati Pesona Kota Seribu Sungai

Menara Pandang Banjarmasin berdiri kokoh dan megah dengan ketinggian sekitar 30 meter. Saat berkunjung ke sini, masyarakat dapat menikmati pemandangan kota yang spektakuler dari ketinggian.

oleh Switzy Sabandar diperbarui 06 Jul 2024, 00:00 WIB
Diterbitkan 06 Jul 2024, 00:00 WIB
Banjarmasin
Wisata susur sungai dimulai dari menara pandang Banjarmasin sejak pukul 05.00 WITA. Foto diambil menggunakan Oppo F5 (Liputan6.com/Novi Nadya)

Liputan6.com, Banjarmasin - Menara Pandang di Banjarmasin berlokasi di Jalan Kapten Pierre Tendean No.07, Banjarmasin Tengah. Lokasi ikonis ini sekaligus menjadi lambang Kota Banjarmasin.

Menara Pandang Banjarmasin berada tepat di tepi Sungai Martapura. Sungai tersebut merupakan salah satu anak Sungai Barito. 

Seperti diketahui, Banjarmasin dikenal sebagai salah satu kota dengan kekayaan alam memukau. Sungai Martapura sendiri juga dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, seperti sarana dan prasarana, transportasi air, pariwisata, perikanan, dan perdagangan.

Mengutip dari indonesiakaya.com, Menara Pandang Banjarmasin dibangun dalam beberapa tahap. Pembangunan menara ini terakhir dikerjakan pada 2014.

Sejak saat itu, menara ini telah menjadi salah satu destinasi wisata populer di Banjarmasin. Menara Pandang Banjarmasin berdiri kokoh dan megah dengan ketinggian sekitar 30 meter. Saat berkunjung ke sini, masyarakat dapat menikmati pemandangan kota yang spektakuler dari ketinggian.

Terdapat empat lantai di bangunan ini dengan lantai satu dan empat yang dibangun tanpa dinding. Ruangan tersebut menghadirkan akses pemandangan tanpa halangan.

Pada lantai satu disulap menjadi plaza yang dapat digunakan untuk pelaksanaan kegiatan masyarakat, seperti lomba, donor darah, dan berbagai kegiatan latihan kesenian. Selanjutnya, pada lantai dua terdapat Galeri Baiman yang baru ditambahkan lima tahun setelah menara ini berdiri.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Galeri Baiman

Galeri Baiman menghadirkan berbagai karya foto dan lukisan dari seniman terkenal. Terdapat puluhan foto dan lukisan yang menggambarkan hewan endemik Kalimantan, seperti bekantan, beruang madu, dan lainnya.

Selain itu, ada juga gambar Sungai Martapura, Warung Lanting, Penari Banjar, Rumah Ano, Masjid Sabilal Muhtadin, Pasar Terapung, serta tempat bersejarah lainnya, termasuk foto-foto Kota Banjarmasin zaman dulu.

Adapun di lantai tiga terdapat Power King Space, sebuah ruangan besar yang dapat digunakan untuk kegiatan sosialisasi, rapat, atau seminar UMKM. Kemudian lantai tertinggi atau lantai empat merupakan sebuah ruang terbuka.

Pada lantai tertinggi inilah para pengunjung dapat melihat pemandangan Kota Banjarmasin dari ketinggian. Meski dibuat dengan konsep terbuka, terdapat tambahan ruangan kecil pada bagian kanan dan kiri untuk menikmati pemandangan dari ruang yang lebih privat.

Untuk sampai ke lantai tertinggi, pengunjung harus menaiki 155 anak tangga. Saat berada di atas, pengunjung dapat melihat hijaunya Pegunungan Meratus di sebelah timur.

Adapun di sebelah selatan terdapat Sungai Martapura yang tak pernah kehilangan pesonanya. Pengunjung bisa melihat perahu-perahu yang hilir mudik membawa penumpang di sungai tersebut.

Sementara itu, di sebelah barat, terdapat kawasan pertokoan yang cukup sibuk. Kawasan tersebut merupakan tempat para pengunjung berbelanja dan menikmati suasana kota.

Menara Pandang Banjarmasin bisa menjadi destinasi pilihan saat berkunjung ke kota yang dijuluki Kota Seribu Sungai ini. Lokasi ini juga merupakan salah satu spot terbaik untuk menikmati indahnya matahari terbenam.

 

Penulis: Resla

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya