Baterai Mobil Listrik Baru Geely Diklaim Tahan hingga 50 Tahun

Geely resmi meluncurkan baterai lithium-iron phosphate (LFP) baru untuk kendaraan listrik

oleh Arief Aszhari diperbarui 05 Jul 2024, 14:12 WIB
Diterbitkan 05 Jul 2024, 14:12 WIB
Baterai Mobil Listrik Baru Geely Diklaim Tahan 1 Juta Km (Carscoops)
Baterai Mobil Listrik Baru Geely Diklaim Tahan 1 Juta Km (Carscoops)

Liputan6.com, Jakarta - Geely resmi meluncurkan baterai lithium-iron phosphate (LFP) baru untuk kendaraan listrik. Pabrikan asal China ini, mengklaim baterai LFP buatanya mampu digunakan untuk berkendara sejauh 1 juta kilometer dan bertahan hingga 50 tahun.

Disitat dari Carscoops, Geely juga mengatakan, baterai mobil listrik terbarunya ini mampu mengisi daya lebih cepat, bekerja lebih baik di cuaca dingin, dan tahan terhadap penggunaan yang salah secara serius.

Baterai baru Geely yang disebut bilah pendek ini, dilengkapi dengan diafragma yang ditingkatkan untuk menaikan kepadatan energi dan keamanan.

Baterai ini, menggunakan bahan elektroda yang didoping multi-elemen untuk mengurangi laju reaksi kimia internal secara signifikan, yang diklaim perusahaan sebagai salah satu alasan utama baterai baru ini dapat menawarkan masa pakai yang lebih lama.

Selain itu, Geely juga mengklaim baterai terbarunya ini dapat diisi 3.500 kali atau setara dengan 1 juta kilometer berkendara, dan semuanya dengan dampak minimal terhadap jangkauan baterai.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Masa Pakai Baterai

Masa pakai yang lebih lama dari sebuah baterai, tidak hanya akan membantu nilai sisa kendaraan listrik bekas, tetapi Geely mengatakan hal ini akan mengurangi emisi karbon lebih dari 80.000 ton per tahun. Sel baterai ini memiliki kapasitas 192 Wh/kg, dan sekitar 40 persen lebih pendek dibandingkan baterai blade tradisional.

Sedangkan pengujian baterai ini, dengan membandingkan bilah pendek dan panjang untuk waktu pengisian. hanya dibutuhkan waktu 17 menit dan 4 detik untuk mengisi 10 sampai 80 persen baterai bilah pendek, sedangkan untuk bilah panjang membutuhkan waktu 26 menit.


Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia

Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia
Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia. (Liputan6.com/Fery Pradolo)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya