Petugas Dinas Pertamanan Tertabrak Transjakarta, Dishub Usulkan Pakai Seragam Oranye

Petugas Dinas Pertamanan dan Hutan Kota tewas akibat ditabrak bus Transjakarta di Jalan Pemuda, Jakarta Timur pada Kamis 13 April 2023.

oleh Liputan6.com diperbarui 14 Apr 2023, 19:31 WIB
Diterbitkan 14 Apr 2023, 19:30 WIB
Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo
Sebelumnya, penutupan jalur putar balik di Jalan Pangeran Antasari ini viral di media sosial Instagram @infocipete usai mendapat protes dari sejumlah warga, pada Kamis, 30 Maret 2023 siang.(Foto:Liputan6/Winda Nelfira)

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo membenarkan adanya pekerja Dinas Pertamanan dan Hutan Kota yang tewas akibat ditabrak bus Transjakarta. Dia menyebut pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Pertamanan dan Hutan.

Hasilnya, Syafrin meminta pekerja Dinas Pertamanan dan Hutan Kota (Distamhut) untuk memasang cone saat bekerja di sekitar jalur atau halte Transjakarta.

"Kami sudah dikoordinasi dengan Distamhut bahwa pekerjanya saat mereka bekerja di jalan, itu harus ada aspek keselamatan, dipasang cone sehingga siapapun yang melintas di sana, si pekerja terlindungi," kata Syafrin di Jakarta Selatan, Jumat (14/4/2023).

Kemudian, Syafrin juga meminta petugas Distamhut untuk memakai rompi oranye saat bekerja. Sebab, baju hijau yang dikenakan hampir serupa dengan tanaman.

"Sedapat mungkin menggunakan baju kerja yang mudah dipahami. Kalau kemarin kan bajunya hijau ya sehingga menyerupai pohon pas melintas. Kan hijau kan? Paling enggak pakai rompi oranye jadi pengemudi tahu ada petugas lain," ujar Syafrin.

"Juga pasang traffic cone untuk pengamanan. Jadi begitu mudah pengemudi Transjakarta untuk melihat karena yang kita ketahui jalurnya kan dibatasi MCB," tambahnya.


Petugas Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Tewas Tertabrak Bus Transjakarta

Sebuah Bus Transjakarta
Sebuah Bus Transjakarta melintas di jalur Busway Jalan Sudirman, Jakarta, Selasa (31/1/2023). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Petugas Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Provinsi DKI Jakarta ditemukan tewas di Jalan Pemuda, Jakarta Timur pada Kamis 13 April 2023. Korban berinisial AF ditabrak Bus Transjakarta.

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Jhoni Eka Putra menerangkan, mulanya pengemudi kendaraan Bus Transjakarta inisial AM melaju dari arah timur menuju ke barat di Jalan Pemuda.

Ketika hendak menuju ke halte Bus Transjakarta, ada pejalan kaki sedang mencabut rumput. Kecelakaan lalu lintas tidak terhindarkan.

"Kendaraan Bus Transjakarta menabrak pejalan kaki," kata Jhoni dalam keterangan tertulis, Kamis 13 April 2023.

Kecelakaan lalu lintas menewaskan AF yang merupakan petugas Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta. Jasad korban kemudian dibawa ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta.

"Akibat dari kecelakaan tersebut, pejalan kaki luka dan meninggal dunia," ujar dia.

Jhoni mengatakan, kasus kecelakaan tersebut ditangani Subdit Bin Gakkum Polda Metro Jaya. "Penyebab masih dilidik," ucap dia.

 

 

 

Reporter: Lydia Fransisca

Sumber: Merdeka.com

Infografis Journal
Infografis Journal: Kenapa Banyak Pekerja di Jakarta Tinggal di Kota Penyangga (Liputan6.com/Trie Yasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya