Arus Mudik Lebaran Idul Fitri Terkendali, Kapolda Banten Beri Imbauan Arus Balik Lancar

Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto mengimbau, kepada para pemudik yang akan kembali ke Pulau Jawa melewati Pelabuhan Bakauheni dan Pelabuhan Panjang untuk mengikuti sejumlah tips aman mudik lebaran 2023 pada arus balik.

oleh Putu Merta Surya PutraMuhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 24 Apr 2023, 14:00 WIB
Diterbitkan 24 Apr 2023, 14:00 WIB
Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto
Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto. (Foto: Istimewa).

Liputan6.com, Jakarta Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto mengimbau, kepada para pemudik yang akan kembali ke Pulau Jawa melewati Pelabuhan Bakauheni dan Pelabuhan Panjang untuk mengikuti sejumlah tips aman mudik lebaran 2023 pada arus balik.

“Demi kelancaran arus balik, pastikan kondisi peserta mudik dalam keadaan vit saat hendak mengemudi dan kesehatan mobil dengan mengecek kembali mobil di bengkel saat hendak kembali ke Pulau Jawa,” kata Rudy dalam pesan tertulis diterima, Senin (24/4/2023).

Dia juga mewanti, untuk mengisi bensin untuk full tank sebelum berangkat atau sebelum naik kapal Ferry. Termasuk, mengisi perut dan pergi ke toilet sebelum kapal Ferry bersandar di Merak. 

“Dengan demikian saat tiba di Merak dan selanjutnya bergerak ke rumah masing-masing, pemudik tidak harus mengantri BBM atau ke resto dan toilet di rest area di wilayah Banten yang sangat terbatas tempat parkirnya,” jelas dia.

Terakhir, Rudy meminta bagasi yang berada di kap mobil sudah terikat dengan baik dan kuat jangan sampai sebab barang di kap mobil terjatuh hingga membahayakan bagi orang lain.

“Jangan menaruh benda-benda berharga ketika mobil ditinggal untuk sementara di tempat parkir atau saat di kapal Ferry,” pesan dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ucapan Terima Kasih Bagi Pemudik

Kapolda Banten Irjen Rudy Heriyanto jugamengucapkan terimakasih atas lancarnya arus mudik lebaran pada tahun 2023. Menurut jenderal bintang dua ini, terimakasih disampaikan sebab masyarakat telah mentaati aturan dan mengikuti imbauan pemerintah sehingga mudik relatif aman.

“Terima kasih kepada para personel Polda Banten yang telah siap siaga dalam melayani masyarakat pada saat arus mudik dan berkat koordinasi juga kerjasama antara instansi terkait,” tutur Rudy.

“Saya berharap, saat arus balik nanti soliditas dan sinergitas lembaga terkait agar tetap terjaga dengan baik, sehingga pelayanan terhadap masyarakat pada saat arus balik berjalan dengan lancar aman dan terkendali,” dia memungkasi.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya