Gubernur Bali Pastikan Tak Ada Timnas Israel di World Beach Game 2023

Gubernur Bali I Wayan Koster memastikan tidak ada atlet Timnas Israel dalam kompetisi World Beach Games (AWBG) 2023.

oleh Nanda Perdana Putra diperbarui 04 Mei 2023, 23:45 WIB
Diterbitkan 04 Mei 2023, 23:45 WIB
Gubernur Bali Wayan Koster
Gubernur Bali Wayan Koster

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Bali I Wayan Koster memastikan tidak ada atlet Timnas Israel dalam kompetisi World Beach Games (AWBG) 2023. Hasil tersebut keluar usai pertemuannya dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo dan Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (NOC), Raja Sapta Oktohari.

“Sudah ada kesepakatan saya waktu menerima kunjungan Bapak Menpora bersama Ketua Komite Olimpiade Indonesia Bapak Raja, sudah sepakat World Beach Games di Bali bisa diselenggarakan tanpa peserta dari Israel. Daftar negaranya sudah ada, tidak ada Israel,” tutur Koster di Badung, Bali, Kamis (4/5/2023) malam.

Adapun Israel diketahui tengah mendaftarkan atlet Timnas peserta World Beach Games 2023 ke Komite Internasional. Sehingga apabila dikabulkan, maka mereka dapat bertanding tanpa membawa bendera Israel.

Jika hal tersebut terjadi, Koster mengaku belum membahas lebih lanjut. “Kalau itu belum jadi pembicaraan. Yang jelas kita nggak ada Israel,” katanya.

Sebelumnya, Gubernur Bali I Wayan Koster mengatakan bahwa pihaknya memberikan ruang kepada event World Beach Games di Bali tetapi tetap sesuai konstitusi yang ada.

"Baru saja kami berdiskusi bersama Bapak Menteri dan Ketua ANOC Indonesia yang menjadi tuan rumah penyelenggaran World Beach Game, sebagaimana diberitakan sebelumnya waktu (Piala Dunia) U-20 membicarakan bagaimana agar World Beach Games ini berjalan dengan baik sesuai konstitusi," kata Koster di Jayasabha, Rumah Jabatan Gubernur Bali, Jalan Surapati, Kota Denpasar, Bali, Jumat 14 April 2023.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Beri Dukungan Penuh

Menpora, Dito Ariotedjo.
Gubernur Bali I Wayan Koster, Menpora Dito Ariotedjo (tengah), dan Ketua KOI atau NOC Raja Sapta Oktohari setelah pertemuan membahas ANOC World Beach Games 2023 di rumah jabatan Gubernur Bali Jaya Sabha, pada Jumat pagi (14/4/2023). (Bola.com/Alit Binawan)

Wayan menuturkan, sebagai tuan rumah, Bali akan memberikan dukungan penuh agar kegiatan tersebut bisa berjalan lancar dan sukses.

"Dan dari segi tata kelola juga berjalan dengan lancar. Dan karena itu, sudah ada kesepakatan Bali menjadi tuan rumah maka Pemerintah Provinsi Bali akan memberi ruang penuh agar acara ini berjalan dengan lancar dan sukses. Pada intinya World Beach Games ini berjalan sesuai amanah konstitusi. Enggak perlu diperdalam lagi," ujar Koster.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya